Punya Banyak Kegunaan, Simak Serba-Serbi Hootsuite Indonesia!

0
37
Hootsuite at Allstars

Ada beberapa cara untuk menganalisis dan mengelola akun media sosial, di antaranya melalui Facebook Analysis, Instagram Insight, dan tools bawaan media sosial lainnya. Namun, ada tools yang mampu memberikan analisis media sosial secara mendetail, salah satunya adalah Hootsuite. Yuk, pelajari serba-serbi Hootsuite Indonesia dalam ulasan berikut!

Fungsi dan Manfaat Hootsuite

Hootsuite memiliki banyak fitur dan kapabilitas yang bisa membantumu dalam mengelola sekaligus menganalisis performa akun media sosial. Berikut adalah beberapa fungsi serta manfaat yang ditawarkan Hootsuite:

Menganalisis perkembangan media sosial dengan lebih mendetail

Hootsuite telah dilengkapi dengan analytic tools. Melalui tools ini, kamu bisa mendapatkan gambaran yang detail mengenai performa akun media sosial brand-mu. Salah satu informasi yang bisa kamu dapatkan adalah tingkat impresi dan engagement suatu post. Dari situ, kamu bisa tahu mana konten yang menarik lebih banyak audiens dan mana yang tidak.

Menjadwalkan post

Inilah fitur Hootsuite yang banyak membantu para pengelola media sosial. Hootsuite punya fitur scheduling yang membantumu untuk menentukan waktu tayang sebuah konten. Berkat fitur ini, tidak ada lagi yang namanya konten terlambat tayang!

Membagikan informasi dengan lebih mudah

Di Hootsuite Indonesia, kamu bisa menemukan Hootlet, sebuah fitur bookmark yang super canggih. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka akan muncul shortcut Hootlet di bagian atas browser. Tiap kamu menemukan informasi menarik yang berhubungan dengan brand, cukup klik shortcut tersebut dan halaman akan langsung dibagikan melalui media sosial.

Mengatur beberapa media sosial secara sekaligus

Pusing karena harus mengelola beberapa media sosial sekaligus? Dengan Hootsuite, kamu bisa tenang. Pasalnya, Hootsuite telah terintegrasi dengan beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga LinkedIn. Total ada 35 media sosial yang telah terhubung dengan Hootsuite. Kamu bisa mengatur tampilan Hootsuite untuk menayangkan seluruh media sosial yang digunakan. Jadi, tidak perlu lagi berpindah-pindah platform untuk sekadar update.

Cara Menggunakan Hootsuite Indonesia

Untuk menggunakan Hootsuite sebenarnya tidaklah sulit. Namun, mengingat banyaknya fitur dan kapabilitas yang ditawarkan, platform ini terkadang bisa menimbulkan kebingungan. Untuk memudahkanmu, berikut panduan simpel untuk menggunakan Hootsuite.

Membuat akun Hootsuite

Akun Hootsuite bisa dibuat secara gratis. Cukup kunjungi website Hootsuite dan kemudian pilih Get Started – Free. Selanjutnya, isilah informasi yang diperlukan. Jika sudah, langsung hubungkan Hootsuite dengan akun media sosialmu. Untuk menambahkan akun baru, klik Add Social Network.

Source: Hootsuite

  1. Menjadwalkan posting media sosial

Source: Help – Hootsuite

Nah, sekarang masuk ke bagian teknisnya. Bagi kamu yang ingin menjadwalkan waktu posting konten media sosial, bisa langsung menuju bagian toolbar yang ada di bagian atas halaman. Setelah selesai membuat konten yang ingin di-post, klik ikon berbentuk kalender yang merupakan menu AutoSchedule. Setelah itu, masukkan tanggal dan waktu tayang konten.

Source: Help – Hootsuite

Setelah menentukan jadwal, kamu akan mendapatkan notifikasi melalui email ketika konten tayang. Jadi, kamu bisa langsung memantau konten yang muncul di akun media sosial. Menariknya, Hootsuite Indonesia juga menampilkan rekomendasi waktu yang paling optimal untuk menayangkan suatu konten. Engagement kontenmu pun akan lebih maksimal!

Menganalisis dan memantau data dari media sosial

Penting untuk selalu memantau dan menganalisis akun media sosial. Dari situ, kamu bisa tahu mana konten yang banyak diminati dan konten yang kurang disukai sehingga perlu diganti. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui waktu followers paling aktif memberikan respons.

Source: Help – Hootsuite

Di Hootsuite, semua itu bisa dilakukan dengan mudah. Ini karena Hootsuite memiliki analytic tools yang dapat menampilkan berbagai insights terkait performa media sosialmu. Cukup dengan klik konten yang sudah ditayangkan, kamu bisa langsung melihat performanya secara detail. Hootsuite bahkan menyediakan laporan detail mengenai kinerja akun media sosial. Misalnya Summary of Social Media yang menampilkan informasi mengenai perkembangan followers serta postingan paling populer.

Data dari Hootsuite Indonesia menemukan bahwa pengguna media sosial aktif di tanah air pada tahun 2021 adalah sebanyak 191,4 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 12,6% dari tahun 2020. Itu berarti, media sosial memiliki potensi yang begitu besar untuk menjaring calon konsumen. Dengan memanfaatkan Hootsuite, kamu bisa mengelola media sosial lebih baik agar bisa menjadi platform marketing yang efektif.

Selain menggunakan analytic tools seperti Hootsuite, kamu juga bisa mengoptimalkan strategi digital marketing melalui kolaborasi dengan influencer. Dengan jasa dari influencer profesional, kamu bisa meningkatkan brand awareness secara optimal karena mereka memiliki audiens yang luas. Mulai kolaborasimu dengan influencer melalui Allstars, platform influencer marketing di Indonesia. Gabung sekarang juga dengan mengunjungi ke website resmi Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini