Cobain Fitur Facebook Reels Terbaru Yuk! Ini Dia Caranya

0
58
new fitur FB
Fitur Face book reel baru

Bicara media sosial, salah satu konten yang paling banyak diminati oleh masyarakat luas adalah short video atau video berdurasi singkat. Hal ini kemudian menjadi pertimbangan berbagai platform media sosial untuk mengembangkan fitur tersebut. Salah satunya FB dengan fitur terbarunya Facebook Reels. TikTok sebagai salah satu pelopornya melihat bahwa short video disukai banyak orang. Selain tidak banyak waktu yang dihabiskan dalam satu video, orang tidak akan terdistraksi oleh hal lain hingga video tersebut usai, yang kemudian diikuti oleh Instagram Reels dan YouTube Shorts. Yuk kita bahas lebih dalam tentang fitur terbaru facebook ini.

Apa itu Facebook Reels?

Melihat perkembangan tersebut, salah satu ‘raksasa’ media sosial, Facebook, tak tinggal diam. Baru-baru ini, lewat unggahan pribadinya, Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook (Meta.) mengumumkan adanya penambahan fitur baru di Facebook. Yang memungkinkan penggunanya mengunggah, menyunting, serta memonetisasi video pendek. Fitur baru tersebut dinamakan Facebook Reels.

Fitur FB Reels sudah dirilis secara terbatas di Amerika Serikat pada bulan September 2021 yang lalu. Setelah melewati trial & error serta penyempurnaan, akhirnya fitur ini dirilis secara global. Tepatnya di 150 negara, termasuk Indonesia pada 23 Februari 2022. Hal ini disambut dengan antusias oleh para kreator konten, terutama yang masih aktif di media sosial tersebut. FB Reels bisa digunakan pada perangkat iOS dan Android.

Cara Membuat Facebook Reels

Selanjutnya, bagaimana cara membuat FB Reels agar menghasilkan konten yang menarik? Simak tahap-tahapnya.

  1. Yang pertama adalah meng-update aplikasi Facebook dengan versi yang terbaru agar fitur Facebook Reels bisa digunakan
  2. Buka aplikasi Facebook, lalu klik “Create” yang terdapat pada bagian Reels di laman Feed. Kamu juga bisa langsung klik ikon kamera yang berada di pojok kanan atas ketika melihat sebuah video Reels yang sudah diunggah
  3. Mulai buat video yang akan diunggah: klik tombol “Button” untuk merekam video baru secara langsung dengan kamera handphone-mu atau klik ikon “Photo” untuk menggunakan potongan video yang sudah kamu buat dan simpan di galeri handphone-mu
  4. Untuk hasil yang optimal, kamu bisa menambahkan audio, teks, efek, dan caption yang diinginkan
  5. Pilih audience yang nantinya bisa menyaksikan Facebook Reels yang kamu buat. Apakah terbatas pada friend list atau kamu bisa set public agar makin banyak orang yang bisa menontonnya
  6. Yang terakhir, klik “Share Reels” untuk mengunggah video yang sudah kamu buat

Sebagai tambahan, masih dari Mark Zuckerberg, ia berharap FB Reels nantinya bisa menjadi tempat terbaik bagi para kreator konten. Yakni untuk terhubung dengan penggemar atau komunitasnya sekaligus sebagai media untuk menghasilkan uang. Itulah sebabnya, terdapat fitur monetisasi di dalam FB Reels. 

Fitur monetisasi ini memiliki dua tampilan, yang pertama dalam bentuk banner transparan yang terletak di bawah video FB Reels. Dan yang kedua dalam bentuk stiker semi transparan yang bisa dipajang di mana saja pada video FB Reels yang diunggah. Dengan kedua tampilan iklan tersebut, Facebook meyakini hal itu tidak akan estetika video atau distraksi penonton. Sayangnya, saat ini fitur monetisasi menggunakan iklan ini baru tersedia secara terbatas di negara Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko saja.

Kita tunggu saja perkembangan fitur FB Reels lainnya yang akan muncul di kemudian hari. Jangan sampai ketinggalan informasinya hanya di Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini