Kreator Wajib Tahu! Ini Cara Baru Mendapatkan Uang dari Instagram

0
34
illustrasi mendapatkan like dan uang dari instagram, cari tahu caranya disini

Para kreator konten boleh bergembira menerima kabar baik dari Instagram. Yup, platform media sosial yang satu ini kembali menambahkan fitur terbaru yang bisa membuat para kreator konten mendapatkan keuntungan lewat fitur baru, berlangganan atau subscription. Yuk simak bagaimana cara mendapatkan uang dari instagram lewat update terbaru ini

Instagram, media sosial yang terus memberi kejutan

Sampai saat ini, Instagram dan media sosial besar lainnya memang terus melakukan penambahan fitur untuk memberikan experience lebih bagi para kreator serta penggunanya. Melihat jumlah pengguna media sosial yang makin meningkat dan beragam, fungsi media sosial kini tak hanya menjadi media tempat berbagi cerita, tetapi juga sebagai aset marketing bagi para brand, pelaku bisnis, hingga kepentingan politik yang harus dimiliki untuk mencapai tujuannya masing-masing. Karena itu upgrade terus dilakukan demi memuaskan para pengguna media sosial tersebut.

Kreator konten pun kini menjadi profesi yang ‘lazim’ diidamkan oleh para pengguna media sosial. Lewat platform yang ada, mereka berlomba menciptakan konten-konten yang bisa menginspirasi, menyampaikan pesan tertentu, dan berkarya. Dari konten-konten yang dibuat, para kreator ini memikat banyak pengikut, hingga kerja sama dengan pihak tertentu sebagai influencer untuk mendapatkan keuntungan darinya. 

Kembali ke fitur subscription di Instagram, yuk kita kenali lebih jauh lagi kenapa fitur yang satu ini bisa menjadi cara baru bagi para kreator untuk mendapatkan uang dari konten yang dibuat.

Cara kerja Instagram Subscription 

Fitur subscription sebelumnya sudah diluncurkan oleh Facebook pada tahun 2020. Karena dinilai berhasil, Facebook pun mengembangkan fitur ini pada Instagram. Walau belum diluncurkan secara global, telah dilakukan tes pada sejumlah influencer untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan fitur subscription

Cara kerja fitur subscription pun mudah, pengguna Instagram diharuskan membayar sejumlah biaya sebagai bentuk dukungan pada kreator konten favorit mereka dan nantinya bisa mendapatkan konten-konten eksklusif setelah berlangganan.

Hingga saat ini belum ada syarat khusus yang harus dipenuhi oleh kreator konten untuk mengaktifkan fitur subscription. Lewat laman pengumumannya, Instagram memberi tahu bahwa selama masa uji coba yaitu tahun 2022, pengguna bisa berlangganan gratis pada para kreator yang sudah disebutkan di atas. Biaya akan dikenakan setelah fitur ini dirilis secara global yang diperkirakan pada tahun 2023.

3 pilihan subscription Instagram

Ada 3 pilihan subscription yang bisa digunakan oleh kreator, yaitu:

  1. Subscriber Stories

Para pengikut bisa mendapatkan konten lewat Instagram Stories secara ekslusif dari kreator konten yang di-subscribe

  1. Subscriber Badges

Para pengikut akan memiliki badge atau tanda pengenal yang memudahkan kreator untuk mengidentifikasi mereka

  1. Subscriber Lives

Para pengikut bisa melihat video live eksklusif dari konten kreator favorit

Keuntungan Instagram Subscription Bagi Kreator Konten

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari para kreator konten lewat fitur subscription:

  1. Pertama, fitur ini akan memudahkan kreator dalam monetisasi konten. Lewat fitur ini harapannya para kreator bisa mendapatkan pemasukan secara berkala lewat konten eksklusif yang dibuat.  
  2. Lalu ada analytics dashboard yang nantinya bisa digunakan untuk menganalisis para subscriber serta flow dari pemasukan yang diterima. 
  3. Terakhir, lewat fitur ini pula kreator konten bisa lebih dekat dengan para subscriber-nya dan semakin memotivasi mereka untuk terus membuat konten yang menginspirasi.

Itulah cara mendapatkan uang dari instagram dengan subscription. Tentu Instagram tak berhenti sampai di sini. Akan ada banyak fitur baru yang diluncurkan untuk memberikan kemudahan serta keseruan dalam penggunaannya. Simak terus semua update soal media sosial dan lainnya hanya di blog Allstars dan Instagram Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini