Lebih Seru, Fitur Terbaru Twitter Bisa Quote Tweet with Reaction Lho!

0
30
fitur terbaru twitter quote tweet

Baru-baru ini fitur terbaru Twitter rilis, lho. yaitu quote tweet with reaction yang diharapkan bisa menambah keseruan ‘cuitan’ para penggunanya. 

Twitter hingga saat ini masih bertahan menjadi salah satu media sosial yang digemari oleh banyak penggunanya. Platform media sosial yang seperti microblogging ini memiliki ‘tempat’ di hati penggunanya karena experience yang tidak ada pada media sosial lainnya seperti TikTok dan Instagram. Makanya, seperti tak mau ketinggalan dari platform media sosial lainnya. 

Reply dan retweet, cara netizen merespon cuitan

Para pengguna Twitter tentu sudah familiar dengan sistem merespon ‘cuitan’. Pada awalnya ada reply dan retweet. Perbedaan di antara keduanya adalah reply hanya menunjukkan balasan pada tweet yang dibalas, sedangkan retweet akan menampilkan tweet yang dibalas beserta balasan yang kita buat sebagai bentuk respon. 

Retweet yang awalnya memiliki format ‘RT @nama user’, kemudian berubah dengan penambahan tanda kutip, dan akhirnya berbentuk embed tweet (jika sebelumnya tertulis, kini tweet yang direspon memiliki format embed) atau disebut dengan quote tweet

Lalu, perubahan seperti apa ya yang didapatkan dari fitur terbaru Twitter ini? Simak yuk penjelasannya!

Fitur terbaru twitter: Quote Tweet with Reaction

Twitter mengumumkan adanya pembaruan fitur quote tweet lewat akun @twittersupport. Diterangkan di situ bahwa fitur ini baru bisa digunakan oleh pengguna yang menggunakan iOS, sehingga pengguna android saat ini belum bisa menggunakannya. Dijelaskan juga bahwa lewat fitur ini, pengguna Twitter dimungkinkan untuk membalas atau merespon sebuah tweet dengan foto atau video sebagai bentuk reaction

fitur terbaru twitter quote tweet with reaction

Source: https://twitter.com/TwitterSupport/ 

Sebenarnya fitur baru ini sudah ada pada media sosial yang bisa dibilang paling banyak digunakan saat ini, yaitu TikTok. Para pengguna TikTok bisa merespon atau mengomentari konten dari kreator lainnya dengan menggunakan video. Namun, berbeda dengan TikTok yang berfokus pada konten video, dengan adanya tambahan fitur ini tentu menambah dinamika ‘percuitan’. Lewat foto dan video, reaksi seseorang akan sebuah tweet bisa makin jelas tersirat dibandingkan dengan saat menggunakan teks saja. 

Cara menggunakan quote tweet with reaction

user christhebarker mencoba fitur terbaru twitter

Source: Twitter User @christhebarker

Cara menggunakan quote tweet with reaction sangat mudah, yaitu:

  1. Klik ikon retweet yang berada di samping ikon reply dan like
  2. Nantinya, akan ada opsi yang muncul dan salah satunya adalah quote tweet with reaction, selain pilihan yang sudah ada sebelumnya yaitu retweet dan quote tweet.
  3. Setelah opsi quote tweet with reaction dipilih, selanjutnya pengguna akan dialihkan pada tampilan foto atau video dan tweet yang akan diberikan respon. 
  4. Pengguna bisa langsung merespon dengan mengambil foto atau merekam video, serta memilih media yang sudah ada pada galeri handphone. Setelah memutuskan foto atau video yang dipilih, selanjutnya tweet bisa di-publish dan para followers bisa melihat respon tersebut.

Kegunaan fitur quote tweet with reaction

Selain menambah dinamika pada ‘percuitan’, dengan adanya fitur quote tweet with reaction akan memudahkan penggunanya untuk menyampaikan pendapat atau pesan dengan jelas. Hal ini disebabkan kadang ada kesalahpahaman yang terjadi saat sebuah pendapat hanya dituangkan dalam bentuk tulisan dan mengharuskan pembacanya mengira-ngira ekspresi atau emosi si penulis. 

Yang perlu diperhatikan dari fitur satu ini adalah kebijakan dan kedewasaan dalam penggunaannya. Memang konten visual lebih menarik dibandingkan teks, namun ada kekhawatiran akan maraknya visual dengan tema negatif yang akan digunakan sebagai reaksi akan sebuah tweet dengan menggunakan fitur ini. 

Nah, buat kamu pengguna setia Twitter, menurutmu apakah fitur yang satu ini bisa menambah keseruan atau malah menimbulkan kegaduhan?

Simak terus blog Allstars dan Instagram Allstars untuk mengetahui berita seputar media sosial dan lainnya, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini