Banyak Kelebihannya, Ini Alasan Brand Harus Gunakan Nano Influencer

0
69
seorang nano influencersedang melakukan live di media sosial

Seiring dengan berkembangnya jumlah pengguna media sosial, ada pula satu profesi yang kian banyak dilirik oleh para brand demi mencapai tujuan marketing-nya, yaitu influencer. Lewat seorang influencer, jangkauan pemasaran sebuah produk dari brand bisa makin luas dan sesuai target. Mengapa demikian? Karena tiap influencer biasanya memiliki niche-nya masing-masing, sehingga memudahkan brand atau pelaku bisnis untuk mengidentifikasi mana yang paling cocok untuk memasarkan sebuah produk.

Dalam penyesuaiannya, banyak hal yang harus diperhatikan oleh brand saat akan menggunakan jasa influencer selain yang sudah disebutkan di atas. Salah satu yang paling penting adalah jumlah followers-nya yang nantinya akan mengategorikan seorang influencer. Tentunya, semakin tinggi jumlah followers yang dimiliki, akan makin luas pula jangkauan audiens yang bisa diraih, sekaligus makin tinggi pula tarif yang dipatok. Untuk lebih mengenal kategori influencer berdasarkan jumlah followers-nya, kamu bisa menyimaknya di sini.

Nah, kali ini Allstars akan secara spesifik membahas salah satu kategori influencer, yaitu nano influencer. Mengapa kategori yang satu ini memiliki banyak keuntungan dan harus dimanfaatkan oleh para brand dan pelaku bisnis? Simak penjelasannya, yuk!

Mengenal Nano Influencer

Siapa sih yang bisa disebut sebagai nano influencer? Mudahnya, influencer ini adalah mereka yang memiliki jumlah followers mulai dari 1000 hingga 10.000 orang. Jenisnya pun dibagi menjadi 2 jenis, yaitu native dan non-native nano influencer. Native nano influencer adalah mereka yang belum dikenal sebelumnya dan ‘merintis’ popularitasnya dari nol lewat media sosial. Sedangkan non-native nano influencer adalah mereka yang sudah dikenal sebelumnya (lewat komunitas atau organisasi) dan kemudian merambah ke ranah media sosial.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh seorang nano influencer sehingga sangat tepat untuk digunakan jasanya. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Budget

Untuk brand dan para pelaku bisnis, terutama yang baru saja memulai usahanya, masalah budget tentu menjadi penting di saat semuanya masih diupayakan. Makanya, dengan menggunakan jasa nano influencer yang cenderung terjangkau merupakan salah satu solusi yang tepat. 

  1. Dekat dengan followers

Ini adalah hal yang tak bisa diabaikan. Dengan jumlah followers yang dimiliki, interaksi bisa berjalan dengan intim. Berbeda dengan jenis influencer lainnya yang biasanya hanya berkomunikasi secara ‘sepihak’. Dengan adanya kedekatan dengan para followers-nya, seorang nano influencer bisa dengan mudah mempromosikan atau menyampaikan suatu hal. Saat komunikasi terjalin, maka engagement rate pun akan meningkat. 

  1. Bisa dipercaya

Alasan lainnya adalah kejujuran dalam menyampaikan sesuatu. Seorang nano influencer biasanya masih bisa mempertahankan idealismenya, berbeda dengan kategori di atasnya yang terkadang harus melewati beberapa ‘lapis’ saat akan menyampaikan sesuatu. Karena hal inilah, pesan yang disampaikan secara ‘organik’ bisa lebih dipercaya dan menarik hati para audiens.

  1. Mudah diajak berkolaborasi

Kebalikan dari poin sebelumnya, seorang nano influencer lebih mudah diajak bekerja sama atau berkolaborasi karena biasanya belum memiliki ketentuan atau syarat ‘berat’ yang dimiliki kategori influencer lainnya. Hal ini bisa dibilang sebagai cara untuk membuka jalan mereka agar makin banyak peluang yang datang nantinya setelah mendapatkan review positif dari brand atau para pelaku bisnis yang sudah menggunakan jasanya.

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan jasa mereka adalah kedua pihak harus berjalan beriringan. Brand atau pelaku bisnis harus dengan jelas mengenalkan bisnis yang dijalankan serta produk yang akan dipromosikan. Perlu juga dilakukan identifikasi untuk memilih nano influencer yang tepat untuk memasarkan produk. Pahami cara mereka berkomunikasi karena para para influencer ini lebih bisa mengenali karakteristik audiensnya. 
Yuk, kini saatnya kamu juga bergabung dengan Allstars sebagai platform influencer marketing pertama dan terlengkap di Indonesia! Simak terus juga blog Allstars dan Instagram Allstars untuk mengetahui berita seputar influencer, media sosial, dan lainnya, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini