Dikenal dengan Review Makanan, Ini 5 Food Influencer Populer di Indonesia

0
19
food review

Food review adalah salah satu konten yang tengah digemari akhir-akhir ini. Konten ini dibagikan oleh para food influencer alias influencer yang kontennya fokus pada dunia kuliner, entah itu untuk mencicipi kuliner baru, mukbang dalam porsi besar, hingga memasak. 

Bagaimana para food influencer membuat konten food review? Bisakah konten review tersebut dimanfaatkan brand? Baca terus artikel ini untuk tahu lebih lengkapnya, yuk!

Apa itu Food Review?

Food review sendiri merupakan kegiatan mengulas hidangan yang sudah dinikmati. Sebenarnya, ini bukanlah suatu hal yang baru. Hanya saja, dulu food review jarang didokumentasikan. 

Dulu, review seringkali hanya berupa komunikasi lisan. Orang-orang yang sudah selesai menikmati suatu hidangan kemudian akan menceritakan pengalamannya kepada keluarga, rekan, dan orang terdekat. Review kadang disampaikan langsung ke pihak yang menyajikan hidangan.

Namun, kini, food review ada bermacam-macam jenisnya. Review pun bisa diakses oleh lebih banyak orang. Ada yang membuat ulasan dalam bentuk tulisan di blog dan ada juga yang mengunggah konten di platform media sosial seperti Instagram dan YouTube. Jenis review kedua inilah yang kini makin naik dan banyak peminatnya.

Bagaimana Food Influencer Melakukan Food Review?

Umumnya, langkah pertama yang dilakukan oleh food influencer adalah melakukan riset. Mereka harus tahu mana jenis makanan atau minuman yang bisa menarik perhatian individu. Ini jelas tidak mudah mengingat ada banyak sekali hidangan yang bisa dipilih.

Setelah itu, mereka juga harus paham seperti apa metode delivery yang tepat. Katakanlah saat ingin membuat konten video, mereka harus memikirkan angle pengambilan video, narasi untuk voice over, hingga memastikan alur tidak akan membosankan untuk audiens.

Terakhir, food influencer juga harus memikirkan media untuk mengunggah konten review, entah melalui media sosial seperti Instagram dengan durasi video terbatas atau justru di YouTube yang memungkinkan video berdurasi panjang. Mereka juga harus memikirkan jam tayang yang tepat agar bisa menjangkau lebih banyak audiens.

5 Food Influencer Terkenal di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali hidangan yang menarik untuk dicicipi, mulai dari hidangan khas tiap daerah hingga aneka jajanan kekinian. Alasan inilah yang kemudian membuat food review begitu diminati di Indonesia dan food influencer pun terus-menerus bermunculan. Berikut adalah beberapa food influencer terkenal tanah air:

Gerry Girianza (@gerrygirianza)

[ Embed Instagram Profile https://www.instagram.com/gerrygirianza/?hl=en ]

Gerry Girianza adalah seorang food influencer kelahiran Sukabumi, Jawa Barat. Ia populer lewat konten food review yang diunggah di Instagram dan YouTube. Sebelum menjadi seorang influencer, ia merupakan celebrity chef jebolan kontes memasak di sebuah stasiun TV swasta. Maka, tak heran jika di sela-sela me-review makanan, ia pun suka membuat konten masak.

dr. Verdi D (@filipusverdi)

[ Embed Instagram Profile https://www.instagram.com/filipusverdi/?hl=en ]

Jika Gerry datang dari bidang kuliner, influencer yang satu ini justru berasal dari bidang kesehatan. Verdi D. yang memiliki akun review @filipusverdi merupakan seorang dokter. dr. Verdi rutin mengunggah konten food review bersama adik kandungnya. Selain kondang via media sosial, ia juga merupakan seorang food blogger yang dikenal dengan nama The Hungry Doctor.

Dyo (@dyodoran)

[ Embed Instagram Profile https://www.instagram.com/dyodoran/?hl=en ]

Berikutnya ada Dyo dengan username @dyodoran. Ia merupakan seorang food influencer yang berdomisili di Yogyakarta. Fokus utama Dyo dalam membagikan konten kuliner adalah aneka menu yang unik dan masih belum banyak dicoba orang.

Henji Wong (@henjiwong)

[ Embed Instagram Profile https://www.instagram.com/henjiwong/?hl=en ]

Henji Wong atau JktFoodIndulgence merupakan food influencer asal Jakarta. Akun food influencer yang satu ini fokus pada kuliner dengan kearifan lokal. Ia membagikan konten foto dan video dengan editan yang menarik dan tentunya menggugah selera.

Windy Iwandi (@foodirectory)

[ Embed Instagram Profile https://www.instagram.com/foodirectory/?hl=en ]

Terakhir ada Windy Iwandi yang lebih dikenal dengan nama @foodirectory. Sesuai namanya, ia membagikan aneka makanan dan minuman yang menarik untuk dicoba. Dalam membuat konten, ia kerap melakukan collab dengan food influencer lain, yaitu Cindy Lulaby (@cnlulaby). Windy rutin posting konten food review menu makanan dari berbagai daerah di Indonesia.

Nah, itu dia penjelasan mengenai food review. Tertarik menghadirkan konten bertema kuliner untuk media sosial brand milikmu? Allstars akan menghubungkan kamu dengan food influencer yang siap membuat konten food review untuk meningkatkan brand awareness sekaligus membantu menjaga engagement konten. Yuk, kunjungi website Allstars untuk mulai memilih influencer!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini