Semakin Booming, Kenali Platform Live Streaming Twitch

0
27
live streaming twitch

Saat ini, platform digital sudah sangat berkembang dan semakin banyak pilihannya. Salah satunya adalah Twitch yang dikenal sebagai platform live streaming untuk para gamers. Sudah banyak, lho, gamers pro ataupun amatir yang menggunakan Twitch untuk menunjukkan gameplay mereka. Nah, menariknya, saat ini Twitch bukan hanya menjadi platform eksklusif bagi gamers. Sudah banyak content creator atau streamer selain pemain game yang menggunakan layanan ini. 

Seperti apa, sih, layanan live streaming Twitch yang booming ini? Lalu, bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak penjelasannya!

Apa itu Twitch?

Twitch adalah sebuah platform streaming yang muncul sejak 2011 lalu. Saat itu, kebanyakan penggunanya adalah gamers yang ingin menunjukkan aktivitas mereka saat bermain. Jadi, kalau kamu membuka akun Twitch seseorang saat ia sedang live, maka kamu bisa melihat sang pemilik akun sekaligus game yang ia mainkan. 

Proses live streaming ini bisa berlangsung hingga berjam-jam. Saat pertama kali diluncurkan, Twitch sendiri sudah bekerja sama dengan sebuah perusahaan game ternama seperti Overwatch League dan Blizzard Entertainment. Dari hasil kerja sama itulah, Twitch kerap mengadakan acara e-sport yang eksklusif.

Meski Twitch sangat erat kaitannya dengan gamers, kamu juga bisa menjelajahi platform ini untuk menemukan kategori lain yang kamu inginkan. Contohnya, kalau kamu suka menonton orang memasak, kamu bisa mencari akun yang mengadakan cooking live streaming.

Bagaimana Cara Kerja Twitch?

Nah, karena kita sudah membahas apa itu layanan Twitch, sekarang saatnya memahami cara kerja platform live streaming ini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Twitch adalah platform yang memberikan layanan bagi pemain game agar bisa menunjukkan diri saat bermain. 

Jadi, akan muncul tampilan layar terpisah yang memungkinkan kamu melihat game dan juga sang pemain di layar yang lebih kecil. Selain menonton live streaming para gamers, kamu juga bisa membeli game yang dimainkan melalui link afiliasi yang tersedia di channel itu. 

Nantinya, para pemain akan mendapatkan komisi dari penjualan yang sukses. Audiens pun juga bisa berkomentar selama live streaming berlangsung, sehingga bisa terjadi interaksi antara penonton dan streamer.

Sama seperti aplikasi pada umumnya, Twitch hadir bagi sistem operasi iOS dan Android. Selain itu, mereka juga menawarkan fitur-fitur unik, di antaranya yaitu:

Subscription

Twitch menawarkan fitur subscription atau berlangganan untuk mereka yang mau melakukan investasi. Ada tiga tingkatan layanan langganan yang diberikan, mulai dari USD 4,99 hingga USD 24,99 per bulan. Jika kamu berlangganan, nantinya kamu bisa menunjukkan dukungan bagi streamer yang kamu sukai dan mendapatkan treatment yang tidak bisa dirasakan oleh para non-subscribers.

Emotes

Fitur berikutnya adalah Emotes. Nah, fitur yang satu ini akan terbuka jika kamu sudah daftar fitur berlangganan. Dengan Emotes atau emoji eksklusif ini, artinya kamu mendukung streamer favorit.

5 Streamers Indonesia Populer di Twitch

Nah, Twitch adalah layanan streaming yang semakin terkenal di Indonesia. Bahkan ada komunitas layanan tersebut dan beranggotakan orang-orang yang aktif melakukan live streaming. Siapa saja streamer yang menggunakan layanan ini? Simak selengkapnya!

DremoceLL

[ Embed Twitch Profile https://www.twitch.tv/dreamocel/about ]

Streamer pertama adalah seorang atlet e-sport asal Indonesia. Pria dengan nama asli Randy ini adalah seorang streamer yang rajin memainkan Dota 2. Randy sendiri pernah mengikuti TI9 qualifier yang diadakan di Kroasia, lho!

BigzzyX

[ Embed Twitch Profile https://www.twitch.tv/bigzzyx/about ]

Kedua adalah BigzzyX yang per bulan Juli ini sudah memiliki followers sebanyak 14.705 akun. Ia kerap memainkan game Apex Legends dan berada di peringkat kedua sebagai streamer asal Indonesia yang sering ditonton.

Comfynine

[ Embed Twitch Profile https://www.twitch.tv/comfynine/about ]

Berikutnya adalah Comfynine yang juga berasal dari Indonesia. Saat ini, akunnya sudah mencapai 7.300 followers. Ia biasanya memainkan beberapa game Nintendo Switch, Monster Hunter World, dan melakukan streaming art.

MysticSwordman

[ Embed Twitch Profile https://www.twitch.tv/mysticswordsman ]

Streamer keempat adalah MysticSwordman yang juga berkarya sebagai seorang ilustrator. Jadi, selain bermain game, ia juga merupakan digital artist. Akun yang ia miliki digunakan untuk berbincang-bincang dengan para penontonnya dan saat ini ia memiliki sekitar 6.000 followers.

Ceph0rend

[ Embed Twitch Profile https://www.twitch.tv/ceph0rend/about ]

Terakhir adalah seorang gamers asal Indonesia yang dikenal konsisten melakukan streaming. Ia sering bermain Monster Hunter, Final Fantasy, dan Digimon Story. Hingga saat ini, Ceph0rend sudah memiliki followers sebanyak 8.900.

Layanan streaming Twitch adalah platform yang memiliki potensi bagus bagi para streamer atau influencer. Dengan platform ini, kamu bisa meraih lebih banyak audiens dan bahkan mendapatkan pemasukan melalui link afiliasi. 

Bagi kamu yang ingin menjadi streamer atau influencer sukses seperti kelima nama di atas, yuk, gabung saja dengan Allstars! Allstars adalah platform influencer marketing pertama di Indonesia. Kamu bisa memperbanyak portfolio sebagai influencer dengan cara mengembangkan reputasi di dunia digital serta berpartisipasi dalam banyak campaign untuk brand di Indonesia! Yuk, gabung sekarang!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini