Live Streaming Adalah Strategi Marketing, Simak Selengkapnya

0
59
live streaming

Saat ini, penggunaan media sosial semakin marak. Fitur-fitur yang diberikan oleh media sosial pun bisa kita manfaatkan sebagai alat untuk melakukan marketing. Salah satunya adalah live streaming. Live streaming adalah fitur yang bisa menampilkan seseorang secara langsung dan real-time dalam bentuk video.

Berdasarkan riset dari Live Stream, sekitar 82% audiens lebih memilih untuk menonton live streaming dibandingkan dengan unggahan atau post biasa. Bahkan sekitar 64% penonton akan cenderung melakukan pembelian terhadap barang yang dijual saat live streaming. Maka dari itu, live streaming dianggap mampu mengoptimalkan strategi marketing bisnis.

Serba-serbi Live Streaming 

Ketika live streaming, mungkin ada beberapa dari kamu yang bingung harus melakukan apa saja. Tak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dibahas ide aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menunjang bisnismu.

Saat melakukan live streaming, kamu bisa mengenalkan brand serta produk yang kamu jual. Beri tahu juga informasi penting mengenai produk, misalnya makna yang terkandung di produk atau mengapa kamu mengeluarkan produk tersebut. Secara tidak langsung, kamu telah menjaga hubungan dan mendekatkan diri dengan para calon pelanggan.

Kamu juga bisa melakukan interview dengan orang penting yang berkaitan dengan produk yang kamu punya. Misalnya, kamu memiliki brand kecantikan, lalu melakukan interview dengan salah satu influencer ternama terkait produk yang kamu miliki. Dengan memunculkan orang yang pernah menggunakan produkmu, maka semakin banyak orang akan mempercayai brand milikmu.

Live streaming juga bisa dijadikan sebagai ajang Q&A, lho. Kegiatan tanya jawab ini bisa kamu eksplor lebih jauh, misalnya ketika brand-mu ingin meluncurkan produk baru, para pelanggan bisa mengajukan pertanyaan terkait produk tersebut. Dengan begitu, proses promosi dan launching produk menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dari mana pun dan kapan pun.

Manfaat Live Streaming Adalah Maksimalkan Strategi Marketing

Menggunakan fitur live streaming adalah cara yang mudah untuk memaksimalkan strategi marketing. Pasalnya, ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dari fitur ini. Beberapa di antaranya adalah:

Meningkatkan brand awareness

Dengan live streaming, kamu bisa secara perlahan meningkatkan brand awareness. Pada dasarnya, kamu akan memberikan pesan-pesan terkait brand, seperti keunggulan produk, pilihan produk serupa, dan yang lainnya. Pesan tersebut akan tertanam di dalam kepala penonton dan dapat meningkatkan pengetahuan banyak orang tentang brand kamu.

Menciptakan interaksi dengan audiens

Melakukan live streaming juga menciptakan interaksi dengan audiens. Interaksi ini otentik dan melibatkan engagement yang nyata. Hal ini terjadi karena saat live streaming, tidak ada bagian yang dipotong atau diedit. Live streaming adalah fitur yang akan menunjukkan acara atau konten secara apa adanya.

Selain itu, untuk meningkatkan audiens, brand juga bisa menggunakan influencer ternama. Jika ada influencer ternama yang audiens ikuti, maka besar kemungkinan mereka akan menonton live streaming. Dengan begitu, para audiens bisa berinteraksi secara langsung dengan influencer kesukaan mereka.

Hemat biaya

Jika brand ingin mengeluarkan produk terbaru, biasanya mereka akan membutuhkan pembuatan video atau konten baru untuk memperkenalkannya. Nah, membuat video promosi akan membutuhkan biaya yang banyak. Tentunya karena kamu harus melakukan booking studio untuk shooting, menyewa talent, serta menyewa peralatan yang mendukung pembuatan video berkualitas bagus. Belum lagi jika terjadi kesalahan saat proses syuting sehingga kamu harus mengambil video berulang kali. 

Dengan fitur live streaming, kamu tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk kegiatan promosi. Cukup dengan internet, kamu bisa melakukan promosi produk baru. Fitur ini pun gratis dan kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk melakukan live streaming.

Bisa memperluas jangkauan audiens

Pernahkah kamu memperhatikan di media sosial adanya rekomendasi live streaming yang sedang berlangsung? Fitur ini membantu kamu untuk memperluas jangkauan audiens. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa influencer. Dengan bantuan influencer, brand-mu bisa menyasar pasar yang tepat. Terlebih, para followers influencer yang kamu undang pasti akan menonton live streaming tersebut. 

Itulah manfaat melakukan live streaming sebagai strategi marketing. Live streaming adalah fitur yang bisa kamu optimalkan kehadirannya. Undang pula influencer berbakat yang bisa memaksimalkan potensi brand-mu. Kamu bisa menggunakan Allstars, platform influencer marketing pertama dan terbesar di Indonesia. Temukan influencer terbaik untuk berbagai media sosial brand-mu sekarang juga!

Baca juga : Tutorial live streaming

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini