Bisa Untuk Marketing, Berikut Pengertian Clickbait, tehnik dan Kelebihannya

0
7
Clickbait ilustration

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan istilah clickbait. Biasanya, untuk membuat sebuah informasi menjadi lebih menarik atau untuk menaikan traffic website, sebuah brand akan menggunakan tehnik ini. Tehnik clickbait ini bisa menjadi salah satu strategi yang mudah untuk melakukan marketing. Namun, bila salah menerapkannya, brand kamu bisa mendapat reputasi tidak bagus. 

Lalu, bagaimana cara membuat konten dengan judul clickbait yang tepat? Apalagi, clickbait bisa menambah jumlah audiens bagi konten yang kamu bagikan. Nah, supaya kamu bisa mengaplikasikan teknik ini yang tepat, yuk, simak artikel di bawah ini!

Apa Itu Clickbait?

Tehnik Clickbait merupakan sebuah istilah yang mengacu pada judul berita atau konten yang dibuat sedemikian menarik. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan perhatian audiens. Jika audiens sudah menaruh perhatian pada judul konten yang dibagikan, maka besar kemungkinan mereka akan membuka atau klik konten tersebut. Semakin banyak orang yang membuka konten tersebut, maka tujuan utamanya tercapai.

Judul clickbait ini sudah sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi portal berita online juga sudah mulai menggunakan teknik yang satu ini. Tak hanya portal berita, namun judul blog hingga judul video pun turut dibuat semenarik mungkin. Idealnya, judul clickbait akan mengundang rasa penasaran orang yang melihatnya. Selain itu, judul tersebut cenderung melibatkan emosi pembaca dengan gambar yang mudah diingat dan menarik. 

Saat ini, semakin banyak orang menggunakan teknik pembuatan judul clickbait sebagai salah satu teknik marketing. Beberapa konten yang beredar di dunia maya dapat menggunakannya dengan efektif. Tentunya bila kamu mempelajari clickbait dengan tepat, konten pun akan menjadi lebih menarik.

Kelebihan tehnik Clickbait untuk Marketing

Berikut ini keuntungan dari tehnik clickbait yang bagus untuk kepentingan marketing.

Mengundang pembaca untuk terus membaca

Pembaca atau audiens yang membaca judul clickbait pasti akan tertarik dan membuka konten tersebut. Ketika kamu melakukan klik terhadap konten tersebut, maka akan meningkatkan click-through-rate atau CTR. CTR yang besar akan membuktikan bahwa konten yang kamu buat memang berhasil mengundang perhatian banyak orang. 

Dengan begitu, search engine Google akan menempatkan kontenmu di posisi yang bagus. Jika kontenmu berada di tempat teratas, maka audiens yang lain pun akan tertarik untuk membukanya juga. Maka, dapat disimpulkan, menggunakan judul clickbait bisa mengundang pembaca atau audiens untuk terus membaca kontenmu.

Post berpotensi untuk di-share

Judul yang menarik biasanya memiliki potensi untuk dibagikan ke orang lain. Hal ini terjadi karena judul clickbait sering mengundang emosi pembaca. Emosi yang dimaksud bisa jadi perasaan sedih, kaget, ataupun penasaran sehingga orang tertarik membukanya. Bila kontenmu dibagikan oleh banyak orang, maka akan semakin banyak juga audiens yang akan kamu capai.

Brand awareness semakin meningkat

Kelebihan yang terakhir adalah meningkatnya brand awareness. Ketika kontenmu berada di peringkat teratas mesin pencarian serta sudah banyak orang yang membagikannya, maka semakin banyak pula yang mengetahui brand-mu. 

Jika brand-mu semakin terkenal, pastikan untuk membuat konten yang relevan dengan judul clickbait yang kamu buat. Pasalnya, bila menggunakan judul clickbait berlebihan padahal isi kontennya tidak sesuai, akan berakibat buruk bagi brand. Untuk itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar tidak salah langkah dalam membuat konten.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Clickbait

Agar reputasi brand tetap terjaga, ada tiga hal yang harus kamu ketahui saat membuat judul clickbait. Hal yang harus diperhatikan adalah:

Gunakan teknik copywriting

Pertama, gunakanlah teknik copywriting. Untuk menerapkan teknik ini, kamu harus membuat judul yang singkat, relevan, berguna, dan tentunya unik. Dengan menulis judul menggunakan prinsip copywriting tersebut, kamu bisa menghindari audiens yang mulai jenuh dengan format yang sama. Meskipun membuat judul yang singkat, kamu juga harus memastikan isi konten tetap relevan dengan judulnya. Kemudian, jangan lupakan unsur unik yang bisa menarik perhatian orang lain.

Permainkan emosi pembaca

Ketika membuat sebuah judul konten, perhatikan emosinya. Gunakanlah kata atau kalimat yang bisa membangkitkan emosi pembaca. Misalnya, membuat pembaca terkejut atau penasaran. Dengan begitu, pembaca akan tertarik untuk membuka kontenmu. Namun, jangan gunakan hal ini secara berlebihan. Ada baiknya jika kamu juga memasukkan unsur kata yang menenangkan dan solutif.

Pastikan tidak terlalu hiperbola

Terakhir, pastikan kamu tidak melakukan semuanya secara berlebihan. Apa pun yang dilebih-lebihkan tentu saja tidak baik, apalagi jika isi kontenmu tidak menjawab atau relevan dengan judul yang sudah kamu buat. Pastikan untuk menggunakan judul clickbait tanpa membuat kegaduhan dan salah sangka.

Nah, tidak sulit, kan, menerapkan tehnik clickbait pada kontenmu? Jika kamu memiliki sebuah brand dan membutuhkan influencer andal, kamu bisa daftarkan brand-mu di Allstars. Allstars merupakan sebuah platform influencer marketing pertama dan terbesar di Indonesia. Kamu bisa menemukan influencer yang tepat dari berbagai kategori untuk berbagai media sosial. Yuk, daftarkan brand-mu sekarang juga!

Baca juga : Konten berkualitas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini