Ternyata Collab Adalah Hal Penting bagi Brand, Pahami Selengkapnya!

0
102
Collaboration adalah

Perubahan sudah pasti terjadi, terutama di era digital seperti saat ini. Siapa yang peka dan punya strategi baru, bisa memiliki peluang untuk sukses. Salah satu perubahan yang terjadi adalah berkompetisi bukan lagi menjadi cara untuk “memimpin”. Sebaliknya, berkolaborasi atau collab adalah cara baru yang dilakukan oleh banyak orang untuk mencapai tujuannya. 

Begitu juga yang terjadi di kalangan pegiat media sosial, baik dari para pelaku bisnis, brand, maupun influencer. Belakangan ini banyak terjadi kolaborasi yang meramaikan lini masa media sosial. Kolaborasi itu datang dari berbagai pihak, baik antarbrand, antarkreator, sampai antarartis. Selain bisa mendatangkan banyak ide baru, kolaborasi semacam ini bisa mendatangkan audiens baru yang dibawa oleh masing-masing kolaborator.

Kali ini, secara detail Allstars akan membahas apa yang dimaksud dengan collab, serta apa, sih, keuntungan dengan melakukan kolaborasi ini. Simak, yuk!

Arti dan Tujuan dari Collab adalah

Collab adalah penyederhanaan dari kata collaboration yang berarti kolaborasi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, collab sudah dilakukan banyak brand, influencer, serta para pesohor saat ini. 

Misalnya saja, brand mie instan yang berkolaborasi dengan brand sepatu dan menghasilkan produk sepatu dengan artwork dari produk mie instan tersebut. Hasilnya adalah keunikan yang tidak bisa didapatkan dari masing-masing brand tersebut jika “berjalan sendirian”. 

Ada juga kolaborasi antar brand dengan artis. Satu hal yang belakangan ini seringkali membuat heboh adalah beberapa brand yang mengajak artis atau grup musik K-Pop sebagai kolaborator. Hal ini tentu akan meningkatkan antusiasme para fans artis dan grup musik tersebut yang kemudian dialihkan menjadi marketing tools untuk menyukseskan campaign tertentu. 

Tak hanya itu, collab adalah juga bisa dilakukan oleh brand yang memiliki relevansi produk, misalnya brand kosmetika yang berkolaborasi dengan brand aksesoris.

Lalu, apa sih tujuan melakukan collab ini? Berikut beberapa hal yang bisa didapatkan.

Brand awareness

Pertama tentunya untuk meningkatkan brand awareness, terutama produk, agar lebih dikenal luas oleh masyarakat. Dengan melakukan kolaborasi, besar kemungkinan brand akan mendapatkan konsumen baru, terutama dari mereka yang mengikuti kolaborator. 

Tak hanya itu, kepercayaan dari masyarakat juga akan bertumbuh dengan adanya kolaborasi. Dengan mendapatkan perluasan pasar serta kepercayaan, tentunya hal ini akan diikuti pula dengan peningkatan permintaan atau pembelian.

Inovasi

Bukan tidak mungkin akan tercipta gagasan atau bentuk baru dari sebuah produk dengan adanya collab. Perluasan ide di antara pihak kolaborator, tentu dengan mengutamakan relevansi, akan menciptakan perspektif baru pada produk yang akan diluncurkan. 

Inovasi ini yang nantinya akan mendatangkan minat yang lebih besar dari masyarakat, terlebih jika produk yang diluncurkan bersifat terbatas atau limited

2 Pertimbangan saat Melakukan Collab

Selanjutnya, ada dua hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan collab. Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk mendapatkan hasil atau tujuan yang diinginkan oleh para pihak yang berkolaborasi. Di antaranya, yaitu:

Tujuan yang ingin dicapai

Pihak-pihak yang melakukan collab harus memiliki tujuan yang sama, apakah itu untuk meningkatkan brand awareness, mendapatkan audiens baru, atau kesamaan dalam spirit campaign yang akan dijalankan bersama. 

Dengan menyatukan persepsi, maka relevansi tetap akan terjaga walau produk baru yang dihasilkan berasal dari kolaborasi dengan brand atau orang yang berbeda.

Value yang dimiliki

Selanjutnya adalah value antar brand dengan influencer. Perlu ada pengamatan khusus akan kultur dari audiens masing-masing kolaborator supaya hasil kolaborasi yang dibuat tidak terkesan dipaksakan. 

Tentunya, akan lebih baik lagi apabila masing-masing kolaborator saling mengisi dengan kelebihannya masing-masing sehingga bisa tercipta kolaborasi yang menarik dan bisa menarik minat para audiens.

Bagaimana Cara Brand Bisa Melakukan Collab?

Lebih dalam lagi, untuk melakukan collab dengan para KOL, influencer, atau artis yang diinginkan, brand bisa menggunakan berbagai platform media sosial yang ada lewat agen masing-masing atau marketing consultant. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan brand yang akan melakukan collab, yaitu:

Pilih influencer yang sesuai

Tentunya, setiap brand memiliki niche-nya masing-masing. Begitu pula pada influencer, di mana terdiri dari berbagai macam kategori yang bisa kamu pilih dan sesuaikan. Maka dari itu, pastikan influencer yang kamu pilih telah sesuai dengan brand yang kamu miliki. Mulai dari kategori, gaya berkomunikasi, hingga target audience-nya.

Siapkan kontrak yang jelas

Dalam sebuah kerja sama, tentunya dibutuhkan sebuah kontrak. Hal ini pun berlaku bagi collab yang akan dijalankan sebuah brand dengan influencer, ya! Pastikan semua poin yang mencakup hak, kewajiban, do & don’ts, hingga jangka waktu collab sudah dicantumkan. Jadi, brand dapat lebih dipercaya dan collab pun bisa berjalan dengan lancar.

Buat influencer sebagai bagian dari brand

Meskipun collab dengan influencer merupakan strategi yang dilakukan brand dalam memaksimalkan strategi marketing-nya, bukan berarti influencer bisa dipisahkan dengan brand

Justru alangkah baiknya untuk buat influencer sebagai bagian dari brand, seperti memberikan product knowledge tentang brand-mu dan campaign yang sedang dijalankan. Hal ini juga bisa mendorong agar penyampaian ‘pesan marketing’ bisa lebih terarah.

Jalin hubungan long-term dengan influencer

Terakhir, adalah menjaga hubungan yang dijalin dengan influencer. Sebab, bukan tidak mungkin bagi para influencer tersebut untuk tetap melakukan promosi produk secara cuma-cuma setelah campaign dan collab bersama brand-mu selesai. Dalam menjaga hubungan yang baik, Anda bisa memberikan keistimewaan tertentu yang bisa membuat influencer tersebut ‘betah’ dan tentunya bersemangat dalam mempromosikan brand-mu.

Untuk cara yang lebih praktis dan pasti terpercaya, brand bisa menggunakan Allstars sebagai platform penyedia KOL serta influencer pertama dan terbesar di Indonesia. Dengan Allstars, brand bisa langsung mencari kolaborator yang diinginkan dan sesuai dengan brand spirit hingga mengetahui rate yang ditawarkan masing-masing kolaborator.

Nah, tunggu apa lagi? Segera daftarkan brand-mu dengan Allstars sekarang di sini. Semoga collab yang kamu jalankan bisa menjadi kolaborasi yang menarik dan pastinya mendatangkan kesuksesan campaign, ya!

Baca juga : Kenalan dengan Allstars, Platform Influencer Marketing Terbaik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini