Intip Ragam Jenis Vlog yang Hits dan Kekinian!

0
11
Intip Ragam Jenis Vlog yang Hits dan Kekinian!

Walau konten yang dibuat oleh para content creator di YouTube makin beragam, yang bahkan mungkin di tahun sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk dibuat ide semacam itu, masih ada satu hal yang bertahan disukai hingga saat ini, yaitu vlog atau video blogging. Vlog, sesuai dengan namanya adalah blog berbentuk video yang untuk lebih detailnya, vlog adalah video yang berisi tentang opini, cerita atau kegiatan harian. Namun, seperti disebutkan sebelumnya, karena konsep dari para kreator makin beragam, konsep vlog pun tak berhenti sampai di situ. Yang masih ‘bertahan’ dari konsep vlog adalah kerutinan dan konsistensi dalam memproduksi video tersebut.

Jenis Vlog yang Hits dan Kekinian

Kali ini, Allstars akan membahas apa saja jenis vlog yang hits dan kekinian. Seperti apa yah? Simak yuk!

Review Produk

Jenis vlog yang satu ini selain sangat bermanfaat, bisa berdampak pula pada traffic channel YouTube-mu. Betapa tidak, YouTube yang kini digadang-gadang menjadi salah satu mesin pencari terbesar tentu akan menjadi solusi untuk mereka yang ingin mencari tahu atau memecahkan masalahnya. Misalnya saja, kamu ingin membeli sebuah produk kecantikan yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya. Hal pertama yang mungkin kamu lakukan pasti akan mencari tahu di mesin pencari dengan keyword produk yang ingin kamu cari tahu informasinya. Voila! Hasil pencariannya akan membawa kita ke video yang memberikan review pada produk yang kamu cari. Makanya jenis yang satu ini cukup populer di kalangan para kreator.

Unboxing

Yang satu ini hampir mirip dengan video review, hanya saja yang menjadi daya tarik utama jenis vlog ini adalah sensasi saat membuka kemasan produknya. Hal ini lazim dikenal sebagai ASMR atau autonomous sensory meridian response, yaitu perasaan atau sensasi yang menyenangkan saat kita melihat atau mendengar hal tertentu, dalam hal ini adalah membuka kemasan produk. Jenis vlog ini juga bisa disukai karena kita juga bisa sama-sama merasakan hype si kreator saat membuka kemasan tersebut, misalnya saja vlog unboxing action figure terbaru. Ada perasaan sama-sama bahagia saat kita memperhatikan reaksi sang kreator saat membuka dan memegang langsung action figure yang sudah dinanti-nanti kedatangannya

Gaming

Siapa sih yang tak kenal dengan PewDiePie atau Reza Arap? Mereka adalah para vlogger yang mengawali dan masih menjalani kariernya sebagai content creator dengan gaming sebagai main topic-nya. Para pengguna YouTube bisa menghabiskan waktunya dengan menyaksikan para gamer favoritnya melakukan streaming atau membuat video playthrough atau walkthrough, sampai dengan video-video momen heboh saat tengah memainkan game tertentu. Hal yang menjadi daya tarik juga adalah pembawaan si kreator itu sendiri saat tengah memainkan game-nya. Ada yang memainkan game-nya dengan heboh atau menggunakan kostum yang maksimal untuk merepresentasikan game yang sedang dimainkan. Ada pula mabar atau main bareng yang tentunya meningkatkan hype vlog jenis gaming ini.

Tutorial

Kalau kamu punya keahlian tertentu, seperti make up, memasak, bermain musik dan sebagainya, lalu ingin belajar hal baru, YouTube sudah pasti menjadi ‘gudangnya’ ilmu atau informasi yang ingin kamu cari. Begitu banyak video tutorial yang sudah dan baru diproduksi sampai saat ini. Jenis video tutorial menjadi populer di YouTube karena memudahkan audiens untuk lebih memahami tutorial yang diperagakan secara langsung daripada hanya berupa tulisan.

Travel Vlog

Walau pandemi tengah berlangsung, jenis vlog yang satu ini masih sangat dicari, terutama karena banyak yang rindu untuk melakukan perjalanan atau sekadar memuaskan rasa penasarannya pada destinasi yang belum pernah dikunjunginya. Dengan adanya keterbatasan seperti saat ini, malah banyak spot baru yang ditemui karena mungkin saja lokasi spot tersebut sangat dekat dengan sang kreator dan baru kali ini disambanginya. Selalu ada ide tempat atau destinasi baru setiap harinya yang diberikan para kreator vlog travel yang membuat vlog jenis ini masih sangat hits dan digemari sampai sekarang.

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis vlog yang hits dan kekinian. Pastinya semua itu tak lepas dari ‘kepekaan’ sang kreator untuk mengetahui hal-hal yang selalu dicari orang-orang dan bagaimana cara dia menyajikannya dalam sebuah video. Yang paling penting, vlog yang dibuat nantinya bisa bermanfaat untuk banyak orang. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini