Yakin Udah Tahu Banget Apa Itu Tiktok? Kenal Lebih Jauh Yuk!

0
25
aplikasi tiktok

TikTok adalah jejaring sosial yang tengah hits dan disukai banyak orang, dari yang muda hingga dewasa, saat ini. Lewat media ini, kita bisa berbagi video pendek dengan durasi 15 detik yang diisi dengan nyanyian, tarian, dan berbagai filter kreatif. Kreativitas kita akan diuji lewat konten yang kita buat. Tak jarang kita bisa menemukan konten yang sangat menarik secara editing sampai dengan konten yang sangat lucu.

Kita cari tahu lebih jauh yuk, asal muasal aplikasi hits yang satu ini.

Dimulai oleh Dua Sahabat

Alex Zhu dan Luyu Yang adalah dua orang sahabat yang punya keinginan untuk membuat aplikasi media sosial dengan gaya dan konsep baru. Setelah melewati banyak brainstorming, survey, dan tentu ratusan jam meeting, akhirnya mereka menemukan sebuah celah yang belum ditawarkan aplikasi media sosial lainnya, video pendek.

Aplikasi yang mereka buat dirilis untuk pertama kalinya di Cina dan Amerika pada tahun 2014. Aplikasi ini awalnya bernama Musical.ly dan dengan mudah menarik perhatian para remaja di Cina dan Amerika.

Di tahun 2015, jutaan orang bergabung dengan musical.ly karena popularitasnya dan penggunanya pun semakin bertambah tak hanya dari Cina dan Amerika, namun banyak negara yang tersebar di seluruh dunia. Pada Mei 2016, lebih dari 70 juta orang mengunduh Musical.ly  dan lebih dari 10 juta video diunggah setiap hari lewat aplikasi ini.

Gabungan Dua Aplikasi

Yang namanya kesuksesan, tentu bukan dari sebuah hal yang berhenti di titik tertentu. Setelah menuai kesuksesan lewat Musical.ly, kemudian muncul aplikasi lain yang bernama Douyin yang dirilis oleh ByteDance. Douyin kemudian mengakuisisi Musical.ly dan akhirnya berubah menjadi platform baru yang bernama TikTok pada tahun 2017.

Di Indonesia sendiri, Tiktok sudah mulai ramai digunakan pada tahun 2018. Namun, pada awalnya banyak dari pengguna Tiktok yang membuat konten yang dirasa ‘aneh’ oleh publik. Bahkan, Kominfo sempat memblokir aplikasi tersebut karena dianggap tidak mendidik. Seiring berjalannya waktu, barulah muncul para kreator Tiktok yang punya konten kreatif dan tentunya berkualitas tinggi.

Masalah yang paling dikenal mungkin Tiktok di Amerika Serikat saat kepemimpinan Donald Trump. Trump merasa Tiktok adalah salah satu pintu masuk badan intelejensi dari Cina yang bisa membahayakan keamanan Amerika Serikat. Selain Tiktok, Trump juga memblokir Wechat.

Kini para Tiktokers makin beragam, bahkan banyak dari kalangan selebriti dan pejabat yang menggilai aplikasi ini. Hampir tiap hari mereka tak pernah absen untuk membuat konten lewat aplikasi yang satu ini.

merekam video tiktok

Sampai saat ini, TikTok telah digunakan oleh di ratusan negara di seluruh dunia dengan ratusan juta pengguna aktif setiap harinya. Penghasilan TikTok telah meningkat secara proporsional dengan peningkatan popularitasnya. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini