Artikel Ini Media Sosial yang Pertama Kali Diluncurkan!

Ini Media Sosial yang Pertama Kali Diluncurkan!

1
Sosial Media Pertama?

Hiruk pikuk media sosial dewasa ini nggak bisa lagi dibendung. Ada berbagai macam jenis medsos yang digunakan dan memudahkan interaksi manusia. Nggak cuma digunakan untuk silaturahmi atau sekadar eksis, media ini bahkan digunakan sebagai lapak usaha atau bisnis online.

Yang paling terkenal saat ini adalah Facebook dan Instagram. Popularitas kedua media ini menjadikan pengikutnya semakin tinggi. 

Namun, banyak yang nggak tahu bahwa sebelum kedua media tersebut diluncurkan, terdapat media lain yang sudah ada duluan. Media sosial ini dikenal dengan nama Six Degrees.

Sebelum membahas tentang pioneer media sosial ini, yuk simak dahulu bagaimana sih tren penggunaan medsos saat ini! 

Tren Penggunaan Media sosial

(Sumber: Mcdconnectinc.com)

Sejak internet masuk dan semakin berkembang, banyak media sosial yang bermunculan. Facebook bisa dibilang salah satu yang paling fenomenal dan ramai digunakan orang sejak kemunculannya pada awal tahun 2004.

Jika ditarik mundur lagi, ada MySpace, Friendster pada awal 2000-an. Hingga akhirnya disusul juga dengan kemunculan Twitter dan YouTube. 

Yang menarik dari kemunculan medsos ini adalah terjadinya perubahan cara berkomunikasi dan berkarya. Misalnya, menanyakan kabar kenalan yang berjarak jauh di sana bisa semudah me-mention-nya di Twitter atau bisa juga lewat kolom komentar di Instagram.

Kita tidak perlu lagi menelpon atau bahkan mengirimkan pesan pribadi untuk menanyakannya. Pun, kaitannya dengan berkarya. Istilah content creator, influencers, dan lainnya muncul setelah adanya medsos. 

Mereka berkarya lewat media tersebut dan bisa menjangkau banyak orang. Yang tadinya susah untuk memamerkan karyanya, sekarang makin mudah dengan adanya media sosial.

Suka fotografi? Ada Instagram. Punya band? Ada Youtube atau Soundcloud. Masih banyak hal lain yang ‘dipermudah’ dengan adanya medsos. Di Indonesia sendiri, tren medsos juga mempengaruhi banyak hal, mulai dari politik sampai dunia hiburan.

Mengenal Six Degrees, Sang Pioneer Medsos

(Sumber: Interestingengineering.com)

‘Keriuhan’ media sosial bisa dibilang dimulai dari kemunculan situs bernama Six Degrees. Medsos ini bisa dibilang menjadi pionir karena konsep yang diusungnya kemudian banyak menginspirasi kemunculan medsos lainnya.

Medsos ini pertama kali diciptakan pada tahun 1997. Nama Six Degrees sendiri didasarkan atas teori ‘Six Degrees of Separation’. 

Situs ini nggak jauh berbeda dengan Facebook yang sekarang lebih banyak dikenal. Six Degrees mengizinkan pengguna mengunggah foto profil dan mencari teman baru lewat internet.

Situs ini dibuat oleh Andrew Weinreich dan hebatnya lagi, situs ini masih bisa diakses hingga sekarang, lho! 

Bukan cuma dapat membuat profil dan berteman, menggunakan medsos ini memungkinkan netizen yang belum terdaftar sebagai pengguna untuk tetap dapat mengkonfirmasi pertemanan serta terhubung dengan pengguna yang lain.

Walaupun telah berusia cukup lama dan nggak banyak yang menggunakannya layaknya Facebook, tapi keberadaannya sangat penting. Mengingat medsos inilah yang menjadi cikal bakal berkembangnya medsos yang lainnya.

Sebagai pionir medsos, sistem kerjanya mungkin nggak bervariasi dan berwarna seperti medsos lain yang ada saat ini.  Namun, adanya media sosial ini mampu menghubungkan banyak orang walau terpaut jarak yang jauh.

Tujuan ini yang akhirnya menginspirasi kemunculan medsos lainnya, menghubungkan banyak orang dengan mudah.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu bukan bahwa Facebook atau media sosial populer lainnya bukanlah yang pertama yang ada di jagad dunia maya. Mungkin nggak ada yang menyangka bahwa Six Degrees ini yang menjadi medsos pertama karena namanya memang masih cukup asing.

Semoga ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang dunia maya ya!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version