Cara Menjadi Terkenal di TikTok

1
89
TikTok

TikTok adalah platform media sosial tempat Kamu dapat mengunggah video pendek dan membagikannya secara online. Siapa pun bisa menjadi influencer TikTok. Kamu hanya perlu konten yang tepat, banyak pengikut yang akan menghargai konten Kamu, dan taktik pemasaran yang tepat.

Baru-baru ini, aplikasi ini mendapatkan banyak popularitas dan menjadi sumber penghasilan bagi banyak influencer TikTok. Lebih dari 1,5 miliar orang di seluruh dunia menggunakan TikTok, dan jumlahnya terus bertambah.

Orang Amerika telah menghabiskan lebih dari $ 23,1 juta untuk uang virtual TikTok sejak 2018. Statistik ini hanya untuk AS – bayangkan di seluruh dunia. Uang seperti itulah yang dijanjikan aplikasi ini.

Sebelum kita melanjutkan dan berbicara tentang menaklukkan TikTok, pertama-tama mari kita pahami apa itu TikTok dan cara kerjanya.

Apa itu TikTok

Bagaimana Cara Kerja TikTok?

Algoritme TikTok diprogram untuk menilai video yang Kamu sukai dan bagikan di masa lalu dan menghasilkan konten menggunakan pengetahuan itu. Saat video diunggah, TikTok menunjukkannya kepada beberapa pengguna di antara video viral. Kemudian algoritme menghitung jam menonton, jumlah suka, dan pembagian.

Algoritme tersebut didesain sedemikian rupa sehingga jika engagement pengguna pada video meningkat, maka video tersebut akan diedarkan ke lebih banyak orang. Ini meningkatkan kemungkinan video Kamu mendapatkan lebih banyak saham dan suka dibandingkan dengan akun media sosial lainnya karena ada lebih dari satu miliar pengguna di TikTok.

TikTok pada dasarnya adalah media hiburan tempat Kamu dapat memposting video berdurasi 15 hingga 60 detik, tetapi dengan langkah yang tepat, Kamu dapat memonetisasi platform ini dan mulai menghasilkan pendapatan untuk Kamu sendiri. Sumber utama menghasilkan uang dalam pemasaran influencer TikTok adalah melalui iklan dan sponsor.

Kamu dapat memanfaatkan peluang dari tren yang berkembang ini dan menghasilkan uang dengan menjadi influencer TikTok. Dalam postingan kali ini, kami akan membagikan tips menjadi influencer TikTok dan menghasilkan uang melalui aplikasi ini. Mari kita mulai.

Jadilah Unik

Racun tiktok barang unik check
Racun tiktok barang unik check

Ada banyak konten di TikTok. Jika Kamu ingin menarik perhatian audiens Kamu, Kamu harus unik. Pilih tempat khusus untuk video Kamu yang tidak biasa dan belum pernah dicoba oleh influencer TikTok lainnya.

Namun, meskipun konten video Kamu tidak unik, gaya penyajian Kamu bisa seperti itu. Orang ingin melihat sesuatu yang berbeda dari biasanya. Jika Kamu menawarkan sesuatu yang baru, maka itu akan diperhatikan. Coba ikuti trend terbaru dalam influencer marketing untuk mengetahui apa yang dicari audiens.

2019 adalah tahun kreativitas TikTok. Banyak influencer dengan ide-ide hebat membuat beberapa video keren yang menjadi viral.

Misalnya, reemar martin membuat video cantik joget joget yang menjadi viral dan mengumpulkan sekitar 18 juta suka di TikTok. Influencer TikTok lain bernama caleb cutler membuat video lucu dan inovatif tentang operasi pisang dan mendapatkan sekitar 6 juta suka.

Siapa Audiens Kamu?

TikTok Demographics
TikTok Demographics

Kamu harus mengenal penonton Kamu dan membuat video dengan mengingat mereka. Mereka harus mendapatkan beberapa wawasan dari menonton video ini, baik beberapa tips atau hiburan yang bermanfaat.

Tanyakan pada diri Kamu, “Siapa yang akan menonton video saya?” “Mengapa orang-orang akan menonton video saya?” “Elemen hiburan apa yang saya tawarkan?” Penting untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini untuk membuat video yang unik.

Pengguna TikTok di seluruh dunia adalah 55,6% laki-laki dan 44,4% perempuan. Jika kita melihat lebih jauh ke dalam data ini, kita akan melihat bahwa lebih banyak remaja menggunakan aplikasi ini, dan laki-laki mendominasi kelompok usia ini. Fakta menarik lainnya adalah lebih banyak pria berusia 40-an yang menggunakan aplikasi ini dibandingkan dengan usia 30-an dan 50-an.

Untuk mendapatkan ide tentang apa yang menarik bagi khalayak umum, lihat video trending TikTok sebelum Kamu mulai.

Kenali Pesaing Kamu

Setelah Kamu memutuskan audiens apa yang ingin Kamu targetkan, Kamu harus memeriksa semua influencer yang menargetkan demografis serupa.

Lihat videonya. Lihat jenis konten apa yang mereka posting dan berapa banyak suka atau berbagi yang mereka dapatkan untuk masing-masing. Kamu selalu dapat melakukan sesuatu yang serupa atau mengambil inspirasi dari pekerjaan mereka dan berimprovisasi.

Cobalah untuk mencari tahu apa yang tidak disediakan oleh pemberi pengaruh lain. Kerjakan tautan yang hilang dan kembangkan konten Kamu sambil mengingatnya.

Misalnya, jika sebagian besar orang melakukan video lip-sync dan Kamu ingin melakukan hal yang sama, Kamu dapat menemukan beberapa lagu unik yang akan berbeda dari yang sudah ada.

Baca juga: Konten TikTok Masuk FYP? Begini Caranya!

Konten yang Konsisten

Sample Video on TikTok

Cobalah untuk konsisten dengan konten video Kamu dan waktu Kamu menguploadnya. Perbaiki waktu yang ditentukan untuk upload video Kamu. Dengan cara ini, audiens Kamu akan tahu apa yang diharapkan dan kapan harus mengharapkannya.

Kamu dapat memulai dengan metode coba-coba dan mencoba hal-hal acak di awal. Tetapi ketika Kamu mendapatkan suka dan berbagi maksimum dari video tertentu, maka tetap gunakan konten serupa.

Pengikut Kamu akan mulai menyukai Kamu untuk jenis konten video tertentu, dan mereka akan memeriksa profil Kamu setiap kali Kamu mengupload video.

Untuk menambahkan elemen kejutan, posting sesuatu tentang kehidupan sehari-hari, perjalanan, dll. Di antara waktu yang ditentukan untuk pembaruan rutin Kamu. Ini akan membantu Kamu terhubung dengan audiens Kamu dan memecahkan kebosanan dalam melakukan hal yang sama.

Influencer Tiktok @kristenhancher adalah bintang media sosial dengan sekitar 23 juta pengikut. Dia menjaga elemen kejutan dengan memposting sesuatu yang berbeda dari video lip-sync biasa, yang membuatnya terkenal.

Buat Hashtag

Trending Hashtag on TikTok
Trending Hashtag on TikTok

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, untuk menjadi influencer TikTok, Kamu harus unik. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat tagar Kamu sendiri. Kamu perlu membuat ide kreatif Kamu mengalir dan menghasilkan sesuatu yang berbeda yang akan melibatkan audiens target Kamu.

Jika Kamu menggunakan hashtag dengan benar, itu akan membantu Kamu meningkatkan jumlah pengikut dan jangkauan Kamu. Tagar juga dapat membantu Kamu meningkatkan keterlibatan pemirsa pada video TikTok Kamu. Ada banyak alat pembuat hashtag yang dapat Kamu gunakan sebelum menerbitkan video Kamu.

Tagar di TikTok menunjukkan tantangan yang sedang tren, lelucon, dan video viral. Tidak seperti Twitter, tagar di TikTok tidak menunjukkan apa yang sedang tren secara global, tetapi lebih, apa yang sedang tren di aplikasi.

Libatkan Audiens Kamu

Kamu perlu melibatkan audiens Kamu secara teratur. Berinteraksi dengan mereka. Balas komentar mereka. Tayangkan dan berinteraksilah dengan pengikut Kamu saat Kamu melakukan streaming video langsung.

Sesekali berikan keinginan mereka dan sertakan konten yang ingin mereka lihat. Ini akan menunjukkan bahwa Kamu peduli dengan pendapat dan saran mereka.

Orang senang berinteraksi dengan influencer. Ini akan membantu Kamu mendapatkan penerimaan mereka dan membantu Kamu mengembangkan ikatan yang lebih kuat dengan audiens Kamu.

Influencer TikTok terkenal melibatkan pengikut mereka dan berinteraksi dengan mereka secara teratur. @lorengray memiliki jumlah pengikut terbesar di TikTok, sekitar 36 juta, dan dia terus membuat video yang memberikan gambaran tentang kehidupannya dan seperti apa dia sebagai pribadi kepada orang-orang.

Mempromosikan Video Kamu

Mengunggah video Kamu di TikTok tidak akan membantu Kamu mendapatkan audiens yang besar. Kamu harus mempromosikan akun TikTok Kamu melalui platform media sosial lainnya.

Lampirkan tautan ke profil TikTok Kamu di blog, Facebook, dan akun Instagram Kamu. Juga, unggah video Kamu di YouTube. Semakin banyak Kamu mempromosikan, semakin banyak pengikut yang akan Kamu peroleh, dan Kamu akan selangkah lebih dekat dengan tujuan Kamu menjadi influencer TikTok.

Kamu juga dapat terlibat dalam lintas promosi. Jika profil media sosial Kamu yang lain seperti YouTube, Instagram, dll. Berkinerja baik, Kamu dapat menggunakan TikTok untuk mengarahkan audiens ke akun Kamu yang lain.

@babyariel memiliki sekitar 30 juta pengikut, dan dia juga terus mempromosikan lagu-lagunya di akun YouTube-nya.

Dukungan Merek

Influencer TikTok terkenal dapat menghasilkan dari $500 hingga $20.000 per video tergantung pada promosi merek dan keterlibatan pengikut. Semakin tinggi tingkat keterlibatan dari audiens target, semakin baik tingkat konversi untuk pengiklan.

Setelah Kamu memiliki ribuan pengikut, maka Kamu dapat mengharapkan beberapa penghasilan. Kamu dapat mendekati merek dengan proposal untuk berkolaborasi.

Kamu dapat menentukan tingkat pengaruh Kamu. Kamu dapat menggunakan komentar positif pengikut Kamu atau keterlibatan mereka melalui streaming video langsung untuk meyakinkan mereka.

Tetapi jika Kamu mendapatkan banyak pengikut dalam waktu singkat, Kamu dapat yakin bahwa merek akan datang kepada Kamu.

Cara Meningkatkan Pengikut dan Like

Untuk menjadi influencer TikTok, Kamu harus terus berupaya secara konsisten. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Kamu gunakan untuk meningkatkan pengikut, suka, dan berbagi.

  • Duet adalah bagian yang sangat penting dari TikTok. Itu berarti menambahkan sesuatu yang baru ke video yang sudah ada oleh orang lain. Misalnya, jika seseorang memposting video dirinya jatuh dari tangga, Kamu dapat menambahkan tanggapan Kamu terhadap video tersebut atau apa pun yang selaras dengan video tersebut.
  • Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, tagar pada TikTok akan menunjukkan tantangan yang sedang tren. Kamu dapat mencoba tantangan yang sedang tren dan membuat video menggunakan tagar tersebut. Untuk membuat konten segar setiap hari, Kamu dapat melakukan tantangan harian yang akan membuat audiens Kamu tetap terlibat. Misalnya tantangan tutup botol. Kamu dapat melihat video di bawah ini untuk referensi.
  • Untuk lebih banyak ide tentang konten video TikTok, Kamu dapat menggunakan pencarian Google, YouTube, dan Twitter. Terus periksa video, berita, dan tantangan tren harian. Untuk memanfaatkan tip ini secara efektif, Kamu harus segera membuat video TikTok saat Kamu melihat tagar yang sedang tren.

Kesimpulan

Untuk menjadi influencer TikTok, Kamu harus tahu keahlian Kamu. Manfaatkan kekuatan dan hasrat Kamu dan buat konten yang akan menarik perhatian. Kamu bisa pKamui menari, menyanyi, membuat lelucon, atau sekadar melucu. Tapi ingat semua itu sudah tersedia di TikTok.

Gaya Kamu harus berbeda agar orang lain dapat menemukan dan mengikuti Kamu dalam kerumunan influencer TikTok. Tentukan keahlian Kamu dan lanjutkan dengan apa pun yang menurut Kamu dapat Kamu lakukan secara berbeda.

Pastikan Kamu membaca semua pedoman TikTok tentang konten dan ikuti mereka dengan saksama. TikTok tidak menoleransi apa pun yang mendorong hal-hal negatif atau kebencian.

Jadi jangan menunggu. Unduh aplikasinya dan mulai. Lakukan saja hal unik Kamu dan orang-orang akan mencintai Kamu.

Kami berharap dapat membantu Kamu. Beri tahu kami melalui komentar dan saran Kamu.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini