#2 Bosan sama Profesi Kamu Sekarang? Jadi Influencer Aja!

2
261

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk memulai menjadi seorang influencer. 

Baca selengkapnya disini: #1 Bosan sama Profesi Kamu Sekarang? Jadi Influencer Aja! 

Nah, untuk kamu yang ingin serius menjalani karir sebagai influencer, masih ada lagi yang perlu kamu tahu! Simak cara berikut ya!

Kenali Audiens Kamu!

Sumber: searchenginejournal

Sebelum kamu membuat konten pada media sosial, kamu harus mengerti target audiens kamu. Dengan itu, kamu bisa menganalisa apa yang audiens kamu ingin tahu dan ketertarikannya dari media sosial.

Untuk memahami karakter dari audiens kamu, kamu dapat memulai dengan melakukan analisa followers media sosial kamu saat ini. Hal penting yang perlu kamu ketahui adalah karakteristik demografi (jenis kelamin, umur), ketertarikan, aktivitas mereka di media sosial. 

Saat ini, kebanyakan media sosial sudah memiliki perangkat analitik sendiri untuk menyajikan info-info mengenai audiensnya. Misalnya, Instagram memiliki insight yang dapat menyajikan data tersebut.

Sumber: buffer

Konten yang Relevan dengan Audiens

Langkah selanjutnya untuk menjadi seorang influencer adalah untuk membuat konten yang bermanfaat juga relevan dengan audiens kamu. Semakin kamu membuat konten yang memiliki engagement tinggi, semakin besar juga pengaruh kamu melalui opini dan rekomendasi sebagai influencer. 

Tentunya, hal ini menjadi penting mengingat peran utama influencer adalah mempengaruhi perilaku dan mindset dari audiensnya berdasarkan apa yang mereka katakan dan lakukan.

Kamu harus membuat strategi konten yang dapat menarik perhatian dari audiens kamu. Untuk membuat konten yang baik, kamu sebaiknya memadukan dari hal yang kamu suka dan ketertarikan dari audiens kamu. 

Seperti konten dari salah satu influencer Allstars, Lizzie Parra! Sebagai beauty influencer, Lizzie membagikan konten tentang berhubungan dengan review produk make up, tutorial make up, produk make up harian, dan segala hal yang berhubungan dengan beauty. 

Tapi, Lizzie juga membagikan konten tentang kesehariannya dia kok! Mulai dari makanan, liburan, hewan peliharaannya.. Hal ini membuat media sosial Lizzie nampak lebih personal, dan menguatkan hubungan dengan audiensnya juga. Nice, Lizzie! 

Instagram: bylizzieparra

Bangun Kedekatan dengan Audiens!

Saat kamu membagikan konten di media sosial, pastinya kamu sering mendapatkan likes dan juga comments pada konten kamu. Bagi seorang influencer, wajib hukumnya untuk memiliki kedekatan dengan audiensnya. 

Maka, jangan mengabaikan komentar pada konten kamu! Sebaiknya, kamu menjawab semua pertanyaan yang ada pada komentar mereka. Atau setidaknya, kamu bisa like komentar mereka untuk menunjukan apresiasi.

Cara lain untuk membangun kedekatan dengan audiens adalah dengan konten kamu! Misalnya dengan membagikan konten tentang pertanyaan terhadap suatu hal yang dapat berujung topik yang lebih luas lagi. Interaksi seperti ini dapat membangun hubungan personal dengan audiens kamu loh! Ditambah, kamu akan dianggap memiliki kepribadian positif oleh audiens. 

Salah satu influencer Allstars Clay, suka banget loh balesin komentar followersnya di Instagram. Meskipun sudah punya 1,2 juta followers, Clay ini gak sombong yah.. 

Instagram: clairineclay

Promosikan Diri Kamu ke Brand!

Setelah kamu sudah melakukan semua hal di atas, hal yang terakhir kamu harus lakukan adalah untuk mempromosikan diri kamu ke brand yang tertarik untuk melakukan kolaborasi. Kamu harus menunjukan diri sebagai “influencer” kepada semua orang!

Kamu dapat memanfaatkan platform Allstars untuk unjuk diri sebagai influencer. Disini ada banyak brand yang membuka campaign untuk promosi produk mereka. Kamu bisa pilih loh mana brand yang sesuai dengan keinginan kamu.

Platform ini terbuka untuk influencer makro bahkan mikro sekalipun! Cocok banget untuk kamu yang ingin memulai karir sebagai influencer. Yuk segera daftar menjadi influencer Allstars!

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini