Kupas Tuntas Serba-serbi dan Tips Jadi Social Media Influencer!

0
35
sosial media influencer

Influencer yang banyak dikenal masyarakat umumnya merupakan social media influencer. Mereka fokus menyajikan konten secara online lewat berbagai platform media sosial. Pemilihan media sosial sebagai “medium” jelas bukan tanpa alasan. Menurut data dari Statista, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai angka 217,53 juta pada tahun 2022. Angka tersebut membawa Indonesia menduduki peringkat ke-4 negara dengan jumlah pengguna media sosial terbanyak.

Itu artinya, peluang untuk menjajaki karier sebagai social media influencer di Indonesia terbuka lebar. Bahkan bisa dibilang influencer kini menjadi salah satu “pedoman” dalam mengambil keputusan. Coba kamu tanyakan ke diri sendiri, “Sudah berapa barang yang dibeli karena rekomendasi influencer?”

Nah, kalau kamu juga merasa terpanggil untuk menjadi seorang influencer atau merasa punya bekal yang cukup untuk menghasilkan konten menarik, kebetulan, nih, artikel kali ini akan membahas serba-serbi dan juga tips untuk menjadi social media influencer yang sukses. Stay tuned, ya!

Pengertian social media influencer dan jenis-jenisnya

Social media influencer adalah orang yang menghasilkan konten dan kemudian menggunakannya untuk memengaruhi audiens lewat media sosial. Mereka yang sudah berkolaborasi dengan brand tertentu juga punya peran untuk menghubungkan brand dengan para konsumen.

Para influencer ini punya tugas untuk mengomunikasikan pesan dari brand kepada konsumen. Misalnya, saat brand meluncurkan produk baru, influencer akan membuat konten pengenalan produk agar konsumen bisa langsung tahu dan tergerak untuk melakukan pembelian.

Social media influencer sendiri ada bermacam-macam jenisnya. Biasanya pengelompokan influencer dilakukan menurut konten yang dibuatnya. Misalnya,  family influencer membuat konten untuk keluarga muda. Contoh lainnya adalah automotive influencer yang rutin upload konten seputar otomotif dan aksesorinya.

Tips untuk memulai jadi social media influencer

Nah, kalau kamu memang serius untuk membangun karier sebagai social media influencer, FAS punya sedikit bocoran tipsnya, nih. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar bisa menjadi influencer sukses di media sosial.

1. Tentukan niche

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan niche. Kamu tahu kenapa PewDiePie begitu populer? Itu karena ia tahu bahwa selalu ada pencinta games yang menanti review dan reaction game tertentu. Kelompok inilah yang dinamakan niche alias target audiens yang spesifik.

Kamu tidak harus jadi gamer seperti PewDiePie untuk bisa jadi influencer sukses. Coba berangkat dari passion dan kesukaanmu sendiri. Percaya, deh, pasti ada niche yang juga memiliki kesamaan passion denganmu. Tinggal bagaimana kamu membuat konten yang bisa menarik perhatian mereka.

2. Bangun persona unik di media sosial

Orang akan cenderung mudah ingat jika melihat sesuatu yang unik atau tak biasa. Cara ini sudah diterapkan oleh beberapa social media influencer. Misalnya, Bobon Santoso yang membuat konten kuliner ekstrem dengan pembawaan meledak-ledak. Nah, agar kamu bisa standout, bangunlah sebuah persona yang khas. Jadi, audiens pun bisa dengan mudah mengenalimu.

3. Pelajari cara engage dengan audiens

Engagement punya peran vital di dunia influencer. Tingginya engagement menunjukkan bahwa konten buatanmu disukai oleh audiens. Bagaimana cara meningkatkan engagement ini?

Sebenarnya, ada banyak cara untuk meningkatkan engagement. Kamu bisa mulai dari cara yang paling simpel seperti mencantumkan caption dengan pertanyaan untuk audiens, seperti, “Aku tim liburan ke pantai nih, kalau kalian prefer pantai atau gunung buat liburan?” Bisa juga dengan cara yang lebih mengeluarkan effort seperti mengadakan giveaway quiz.

4. Menyajikan konten yang relevan

Usahakan semua konten yang kamu upload tidak sekadar cakep, tapi juga relevan dengan target audiens sehingga mereka akan lebih tertarik untuk melakukan engagement. Kamu bisa memberikan tips yang bermanfaat seperti cara mendapat diskon delivery makanan di ojol.

Setelah beberapa waktu, kamu sebagai aspiring influencer juga harus bisa menghasilkan konten yang dapat membuka peluang collab dengan brand. Konten seperti ini akan memperlihatkan bahwa kamu memang bersedia untuk diajak bekerja sama.

5. Konsisten

Inilah hal terpenting dalam menapaki karier sebagai seorang social media influencer. Usahakan untuk selalu konsisten dalam memproduksi konten, entah itu dari segi jadwal tayang atau kualitas konten. Tidak perlu berkecil hati jika kamu tidak langsung mendapat hasil yang diimpikan. Tetap konsisten dalam membangun personal branding agar kamu bisa segera dikenal masyarakat.

Konsistensi juga perlu dibarengi dengan evaluasi. Lakukan evaluasi rutin terhadap strategi konten yang sudah dijalankan. Jika strategi yang sedang berjalan kurang works, coba rancang strategi baru yang lebih sesuai.

Dengan melihat perkembangan pesat penggunaan media sosial di Indonesia, peluang karier sebagai seorang influencer memang sangat menjanjikan. Semoga tips di atas bisa membantu kamu mencapai kesuksesan sebagai social media influencer.

Selain tips yang sudah disebutkan, sebagai langkah awal, kamu bisa bergabung di platform influencer marketing, Allstars Indonesia. Di Allstars Indonesia, peluang untuk berkolaborasi dengan brand-brand besar di seluruh Indonesia pun terbuka lebar. Tunggu apa lagi? ˆ, gabung sebagai influencer marketing di Allstars Indonesia!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini