Lagi Creative Block? Ketahui 4 Ide Creative Campaign yang Populer

0
78
ide creative campaign

Ide Creative Campaign produk bareng influencer memang susah-susah gampang. Berkolaborasi bersama influencer, artinya kamu harus punya ide-ide baru untuk menjalankan campaign marketing produk kamu. Nah, tema dan konsep campaign harus bisa disesuaikan dengan identitas yang ingin di-push oleh brand serta personality dari influencer yang kamu pilih.

Gampangnya, influencer akan bantu boost produk kamu dengan sangat cepat. Susahnya, kamu harus punya ide creative campaign yang unik agar audiens tertarik. Apalagi kalau lagi creative block, otak rasanya kosong melompong sampai tidak tahu harus bikin campaign yang seperti apa!

Jangan khawatir, artikel berikut ini akan memaparkan ide creative campaign marketing populer yang bisa kamu coba! Apa saja?

Sekilas Mengenai Pengertian Campaign Marketing

Marketing campaign adalah sebuah aktivitas untuk mempromosikan produk lewat berbagai cara. Strategy ini bisa dirancang untuk tujuan yang beragam, mulai dari membangun brand image, mengenalkan produk baru, meningkatkan penjualan produk, meningkatkan brand awareness, hingga mengurangi dampak berita negatif yang viral.

Tidak hanya sebatas mengandalkan konten berbentuk iklan, tetapi lebih daripada itu. Ada yang melakukan demonstrasi produk, word of mouth, dan cara-cara kreatif lainnya. 

Maka dari itulah, kamu harus tahu apa saja ide creative campaign yang lagi nge-trend. Selain untuk menggapai tujuan, campaign yang kreatif juga akan membuat brand kamu makin stand out dan berbeda dari brand lainnya di pasaran. 

4 Rekomendasi Ide Creative Campaign Marketing 2022

Sebagai pebisnis profesional, kamu dituntut untuk selalu mengikuti trend yang ada. Bahkan, saat ini, trend gampang banget berubah. Sehari sedang viral tentang X, besoknya sudah ganti dengan topik Y yang ramai dibicarakan. Oleh sebab itu, setidaknya kamu harus tahu hal apa yang sedang trending agar kamu bisa riding the wave dan manfaatkan untuk campaign-mu.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi ide creative campaign marketing 2022 yang patut kamu coba!

1. Live streaming

Ide creative campaign yang pertama adalah live streaming. Live streaming punya kekuatan besar untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Melansir dari sumber terkait, 82% audiens lebih memilih untuk menonton live video daripada post biasa. Setelah menonton video, sebanyak 64% user cenderung akan langsung melakukan pembelian online.

Ada beberapa cara agar live stream kamu ramai. Pertama, pastikan kamu menyampaikan pesan yang tertanam pada brand. Kedua, melakukan live interview dengan orang-orang penting yang kompeten di bidangnya. Ketiga, menggunakan live stream sebagai ajang launching produk. Keempat, melakukan tanya jawab untuk berinteraksi dengan audiens. Keempat cara tersebut bisa kamu kombinasikan juga sesuai kebutuhan, lho!

2. Emotional storytelling

Ide creative campaign marketing berikutnya adalah emotional storytelling. Campaign seperti ini berfokus pada cara menggaet perhatian audiens, bagaimana agar kamu bisa mendapatkan perhatian mereka dan melihat konten kamu sampai selesai. Cara paling mudah untuk dapatkan perhatian audiens adalah dengan membuat konten yang ‘dekat’ dengan mereka. 

Kunci dari ide creative campaign satu ini terletak pada lima detik pertama. Prinsip lima detik yang berharga ini harus kamu manfaatkan sebaik mungkin. Buatlah sesuatu yang mampu membuat audiens terpaku pada kontenmu. Maka dari itu, usahakan agar storytelling kamu tidak nampak seperti iklan.  

Selain itu, audiens juga cenderung tertarik pada cerita bersambung. Ingat iklan sirup yang selalu muncul sebagai penanda datangnya Ramadan? Konten storytelling yang kuat seperti itu akan sangat bagus untuk branding produkmu.

3. PR package & unboxing

Berikutnya, ada ide creative campaign berupa PR package dan unboxing. Ide yang satu ini adalah pilihan terbaik kalau kamu ingin launching produk baru. Model campaign seperti ini sering digunakan untuk promosi barang elektronik seperti gadget, peralatan gaming, dan sebagainya.  

Lewat konten seperti ini, influencer akan membantu untuk membuat konten unboxing produk baru kamu. Ia juga akan melakukan review jujur terhadap produk itu. Dengan begini, audiens akan tertarik dan penasaran untuk ikut mencoba produk baru itu juga.

4. Affiliate marketing

Ide creative campaign yang terakhir adalah affiliate marketing. Affiliate marketing campaign adalah model promosi dengan memanfaatkan pengaruh influencer melalui afiliasi. Jadi, ada tiga pihak yang terlibat dalam promosi, yaitu penjual, afiliasi, dan konsumen. Salah satu contoh affiliate marketing yang paling populer adalah jasa endorsement promote yang dinilai cukup menguntungkan. Model campaign ini akan sangat cocok untuk meningkatkan penjualan produk.

Agar proses campaign kamu berjalan lancar, kamu perlu jasa influencer yang cocok dengan brand kamu. Untuk memudahkanmu menemukan influencer yang pas, mari gabung bersama Allstars! Melalui Allstars, kamu bisa berkolaborasi dengan influencer yang tepat untuk membawakan brand kamu menggunakan ide creative campaign yang unik! Klik di sini untuk informasi lebih lanjut!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini