Mau Jadi YouTuber Andal? Simak Dulu 5 Cara Daftar Google AdSense

0
49

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, mencari pundi-pundi rupiah bisa dilakukan dengan mudah melalui internet. Bahkan, dengan memanfaatkan internet, kamu punya banyak jalan menuju cuan. Salah satu jalan yang paling menjanjikan adalah bergabung dengan YouTube, lalu daftar Google AdSense untuk dapatkan keuntungan berupa uang. Wah, gimana caranya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Apa Itu Google AdSense?

Kalau kamu mau jadi YouTuber andal, kamu harus tahu satu alat ajaib bernama Google AdSense. Google AdSense adalah layanan iklan dari Google yang bisa membuat pemilik konten YouTube mendapatkan keuntungan berupa uang dari situs tersebut. 

Sederhananya, Google AdSense adalah model iklan yang memanfaatkan kecanggihan digital, biasanya melalui YouTube. Kalau ada yang memasang iklan Google AdSense di YouTube kamu, lalu ada audiens yang mengklik iklan itu, maka kamu bisa mendapatkan komisi dari Google!

Namun, mendapatkan cuan dari Google AdSense tidak semudah itu. Saat ini, persaingan di dunia digital sudah sangat ketat. Setiap harinya, ada ratusan hingga ribuan orang yang daftar Google AdSense untuk mendapatkan keuntungan juga. Kamu harus punya jiwa kompetitif yang kuat agar mampu bersaing dengan para kompetitor.

Cara Daftar Google AdSense

Nah, sebelum mulai bertempur, kamu harus menyiapkan semuanya terlebih dahulu. Kalau kamu belum daftar Google AdSense, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  1. Buka laman google.com/adsense/start/ kemudian klik “Mulai”.
  2. Masukan link milikmu. Pastikan kamu menuliskan link tanpa path.
  3. Masukan alamat email. Centang kolom “Ya” jika kamu mau mendapatkan info seputar adsense melalui email, atau “Tidak” jika kamu tidak berkenan.
  4. Klik “Simpan dan Lanjutkan”.
  5. Selanjutnya, login dengan akun Google yang kamu miliki. 
  6. Pilih negara asal.
  7. Kemudian, baca “Persyaratan dan Ketentuan Adsense” dengan cermat. 
  8. Klik “Setuju”.
  9. Terakhir, klik “Buat Akun”.

Cara Daftar Google AdSense Youtube

Kalau kamu ingin memfokuskan Google AdSense pada channel YouTube, kamu harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Syarat daftar Google AdSense YouTube adalah harus memiliki minimal 1000 subscribers dan memperoleh 4000 jam tayang selama 12 bulan atau setahun terakhir. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu adalah content creator yang aktif, mulai dari aktif ngoten, sampai aktif berinteraksi dengan audiens. 

Jika syaratnya sudah terpenuhi, maka kamu bisa langsung daftar. Berikut ini cara daftar Google AdSense YouTube:

1. Membuat akun Gmail

Mayoritas orang saat ini pasti sudah punya akun Gmail, tapi kalau kamu belum punya, silakan buat dulu. Kalau sudah punya, kamu bisa login dengan memakai akun Gmail milikmu.

2. Membuat channel Youtube

Berikutnya, bukalah laman YouTube, lalu masuk dengan akun Gmail yang sudah kamu buat sebelumnya. Ikuti langkah-langkahnya untuk membuat channel YouTube.

3. Masuk ke menu Pengaturan Video Manager Youtube

Kalau sudah, masuklah ke menu “Pengaturan Video Manager”. Untuk masuk ke menu ini, kamu cukup klik ikon yang ada di pojok kanan atas profil YouTube. Lalu, klik “Creator Studio”. Setelah itu, akan muncul tampilan “Buat Saluran”.

4. Unggah video

Aturlah akunmu sesuai keinginan. Setelah selesai, kamu bisa langsung mengunggah video, minimal 3-5 video untuk awal-awal. Jangan lupa juga menambahkan deskripsi atau hashtags untuk bikin video kamu jadi lebih lengkap.

5. Aktifkan monetisasi Youtube

Kalau semuanya sudah siap, sekarang tinggal mengaktifkan monetisasi YouTube kamu agar bisa dapat penghasilan. Cara mengaktifkan monetisasi Youtube adalah seperti berikut ini.

  1. Pilih menu “Creator Studio”, lalu pilih opsi “Saluran – Status dan Fitur”.
  2. Kamu akan menemukan kolom “Monetisasi”, klik opsi “Aktifkan”.
  3. Klik “Saya Setuju” dan beri tanda ceklis pada kotak yang muncul.
  4. Terakhir, tunggu beberapa waktu sampai pihak Google AdSense selesai meninjau permintaan kamu. Kamu akan menerima notifikasi approval apabila pihak Google AdSense menyetujui pengajuan monetisasi kamu.

6. Hubungkan AdSense dengan Youtube

Untuk menghubungkan AdSense ke YouTube, kamu bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Klik opsi “Bagaimana Saya akan Dibayar”.
  2. Lalu, pilih “Mengaitkan Akun Adsense”.
  3. Klik “Berikutnya”.
  4. Isi data dengan benar, lalu klik “Kirim Permohonan Saya”.
  5. Tunggu sampai status pengajuan diterima.

Proses pengajuan ini membutuhkan waktu yang agak lama, yaitu sekitar satu minggu, bisa juga lebih. Jika sudah disetujui, maka kamu akan mendapatkan balasan berupa surat pemberitahuan melalui email yang kamu daftarkan. Jika Google menerima pengajuan mu, maka otomatis kamu sudah bisa mulai dapatkan penghasilan dari YouTube sesegera mungkin.

Selain dengan daftar Google AdSense, kamu juga bisa memperluas jangkauan audiens dengan bergabung ke Allstars. Allstars adalah platform khusus para influencer profesional. 

Di sini, kamu akan dapat kesempatan lebih besar untuk membantu mempromosikan berbagai brand dari klien. Kamu juga bisa sharing ilmu-ilmu bermanfaat dengan para influencer lain! Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini