Harus Tau, Inilah Pentingnya Brand Visibility untuk Bisnismu!

0
48
strategy brand visibility

Memasarkan brand hingga dikenal dan dicari oleh banyak orang adalah cita-cita semua pebisnis. Kamu pun pasti sudah membentuk brand kamu sebaik mungkin, mulai dari citra, emosi, hingga asosiasi antara brand dengan pelanggannya, bukan? Tapi, bagaimana, ya, cara agar brand tersebut mampu bersaing dengan brand lain yang serupa? jawabannya ada pada sebuah brand visibility

Itulah pentingnya brand visibility (visibilitas brand) dalam bisnis. Kalau brand kamu punya tingkat visibilitas yang tinggi, maka kamu akan bisa meningkatkan penjualan, mendapatkan pelanggan baru, hingga menyaingi brand lain! Lalu, sebenarnya apa itu brand visibility? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Brand Visibility?

Brand visibility adalah aspek penting dalam membangun bisnis yang mampu membuat publik tahu bahwa brand kamu itu eksis. Singkatnya, brand visibility adalah seberapa baik brand kamu dikenal oleh masyarakat luas. Ketika suatu brand dikenal oleh masyarakat, maka mereka akan mulai mempertimbangkan untuk membeli produk kamu.

Brand visibility bisa disebut sebagai proses untuk menciptakan brand existence atau keberadaannya. Pasar akan mengetahui keberadaan brand kamu jika mereka bisa merasakan kehadirannya. Hal ini juga penting untuk mencapai brand awareness. Visibilitas brand dapat diukur dari frekuensi orang yang melihat media sosial brand kamu, website, email marketing, dan platform pemasaran online lainnya.

Visibilitas brand juga dapat didefinisikan sebagai kesan yang dirasakan oleh pelanggan saat mereka melihat produkmu. Ketika pelanggan ingin membeli suatu produk, maka mereka akan dihadapkan oleh berbagai pilihan. Pelanggan cenderung akan memilih produk yang terpercaya, berkualitas, dan telah dirancang dengan baik karena lebih menjanjikan dan tidak mengecewakan. Itulah yang menjadi tugas kamu untuk meningkatkan visibilitas brand agar produkmu pada akhirnya dibeli oleh pelanggan.

Cara Meningkatkan Brand Visibility

Lalu, bagaimana cara meningkatkan brand visibility? Well, kamu bisa coba beberapa cara seperti berikut ini!

1. Melalui pengiklanan secara berkala

Salah satu senjata pemasaran yang cukup ampuh adalah iklan! Iklan bertarget bisa bantu kamu untuk meningkatkan visibilitas brand baru atau yang baru saja direposisi. Ada banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk beriklan. Mulai dari Instagram, Twitter, Google Ads, bahkan LinkedIn! Dengan pengiklanan berkala, maka pelanggan akan bisa lebih akrab dengan pesan dari brand kamu sehingga terpengaruh secara emosional.

2. Dengan benar-benar melihat brand digunakan di pasar

Cara kedua adalah dengan melihat brand kamu digunakan secara real di pasar. Contohnya, penggunaan mobil GM di film Transformers. Melalui film itu, calon pembeli bisa melihat secara langsung aksi mobil tersebut. Keinginan untuk membeli pun juga akan meningkat pesat. Sama dengan brand Vivo dalam film Avengers: Civil War. Melihat para superhero menggunakan brand itu, membuat calon pembeli jadi FOMO dan ingin ikut-ikutan pakai juga.

3. Melalui strategi marketing word of mouth

Strategi marketing word of mouth adalah cara jitu untuk meningkatkan visibilitas brand. Soalnya, percakapan dari mulut ke mulut itu sukar dihentikan. Kalau kamu bisa memanfaatkannya dengan baik, maka ulasan positif tentang brand kamu akan semakin menyebar.

Mengapa Brand Visibility Penting?

Saat ini, perputaran bisnis sudah memasuki era serba digital. Jualan online mampu merebut pasar yang sangat besar. Para konsumen pun cenderung lebih menyukai berbelanja secara daring karena lebih efisien. Maka dari itu, brand visibility adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan bisnis kamu di tengah-tengah gempuran persaingan. 

Meningkatkan visibilitas brand sama seperti membangun sebuah toko di lokasi yang sangat strategis. Semakin banyak orang yang tahu tentang keberadaan brand kamu, semakin besar pula kesempatan kamu untuk melakukan penjualan sebanyak-banyaknya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang membuat visibilitas brand penting dalam bisnis, yaitu seperti berikut ini:

  • Visibilitas adalah kunci untuk pertumbuhan brand.
  • Visibilitas yang baik bisa menciptakan pengakuan terkait kualitas.
  • Menjadi cara mudah untuk mengumpulkan data tentang audiens.
  • Meningkatkan brand loyalty.
  • Penjualan.

Menaikkan brand visibility juga bisa kamu lakukan dengan bantuan influencer, lho. Dari tiga cara meningkatkan visibilitas brand seperti di atas, semuanya bahkan bisa dilakukan lewat kolaborasi dengan influencer! Nah, melalui Allstars, kamu bisa dapatkan jasa-jasa influencer profesional yang bisa bantu meningkatkan brand visibility bisnis kamu! Yuk, klik di sini untuk info selengkapnya!

Baca juga: Resiko yang terjadi saat endorse

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini