Rajin memantau trending Twitter dunia tiap hari? Twitter sendiri merupakan salah satu media sosial yang masih bertahan hingga saat ini. Padahal, Twitter lebih fokus pada konten berupa tulisan alih-alih visual seperti Instagram dan YouTube. Namun, eksistensi Twitter masih terbukti hingga kini. Bahkan, tak jarang topik populer di Twitter kemudian menjadi bahan pemberitaan yang menarik.
Sama seperti namanya, trending topic di Twitter adalah topik yang sedang nge-tren karena banyak dituliskan oleh pengguna. Makin banyak yang membicarakan topik, maka makin tinggi peringkatnya. Nah, trending Twitter dunia berisi topik-topik populer yang dibicarakan oleh para pengguna di seluruh dunia. Tak jarang, topik bahasan dari Indonesia masuk dalam list ini. FYI, kamu bisa memanfaatkan trending topic ini sebagai strategi promosi brand, lho. Bagaimana caranya?
Bagaimana Cara Melihat Trending Twitter Dunia?
Untuk bisa melihat trending topic di Twitter sangatlah mudah. Namun, terdapat sedikit perbedaan cara antara versi aplikasi dengan versi website. Berikut panduannya untuk masing-masing versi:
- Di aplikasi
Kalau kamu menggunakan aplikasi seluler untuk mengakses Twitter, ikuti petunjuk di bawah ini agar bisa menemukan topik dan hashtag yang sedang menjadi tren:
- Masuk ke aplikasi Twitter.
- Di halaman Home, ketuk ikon pencarian di bagian bawah layar (berbentuk kaca pembesar).
- Tepat di bawah kolom pencarian, akan langsung terlihat trending topic Twitter.
- Di website
Ketika kamu sedang menelusuri timeline Twitter melalui website (terutama dalam versi desktop), ikuti petunjuk mudah ini untuk mengetahui apa yang sedang tren di Twitter sekarang:
- Masuk ke akun Twitter dengan username dan password.
- Masuk ke halaman Home.
- Lihat tren di sebelah kanan timeline, tepatnya pada bagian yang disebut “Trends for you“.
- Klik “Show More” untuk menjelajahi lebih banyak topik yang sedang tren di dunia.
Selain trending topic dunia, kamu juga bisa menjelajahi trending topic di tiap negara, termasuk Indonesia. Caranya adalah dengan klik icon pengaturan (berbentuk roda) dan kemudian ganti pilihan negara pada opsi “Explore location”. Twitter juga menyediakan fitur “Trends for you” yang berisi trending topic sesuai minatmu.
3 Tips dalam Memanfaatkan Trending Topic Twitter Dunia
Trending topic ternyata bukanlah sekadar deretan topik hangat yang sedang banyak dibicarakan. Bagi brand, mempelajari fitur ini bisa memberikan banyak insight yang akan membantu strategi digital marketing. Yuk, ikuti tips berikut agar brand-mu bisa mendapat manfaat optimal dari trending topic Twitter dunia!
Ikut serta dalam percakapan
Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah ikut serta dalam percakapan. Coba buka satu topik yang menurutmu paling menarik. Secara otomatis, sistem dari Twitter akan menampilkan cuitan (top tweets) yang populer. Nah, cuitan populer di sini adalah cuitan yang tingkat engagement dan impression-nya paling tinggi.
Kamu bisa menanggapi cuitan tersebut. Buatlah cuitan yang menarik, namun tetap relevan. Cara lainnya adalah dengan membuat cuitan baru namun mencantumkan topik yang menjadi tren. Sebisa mungkin, pilihlah topik yang relevan dengan brand. Memaksakan topik untuk masuk ke brand hanya akan membuat user Twitter enggan melihat kontenmu. Bahkan kemungkinan besar mereka akan melewatkannya karena dianggap mengganggu.
Pelajari dan manfaatkan sentimen audiens terkait
Dari trending Twitter dunia, kamu juga bisa mempelajari sentimen audiens terhadap topik yang sedang hangat. Kamu bisa melihat reaksi pengguna dari seluruh dunia mengenai topik tersebut secara real-time.
Ini akan sangat bermanfaat saat kamu baru memperkenalkan brand atau sedang merilis produk baru. Coba lakukan pencarian dengan mengetik nama produkmu. Akan langsung terlihat reaksi dari konsumen terhadap produk. Dari sana, kamu bisa mempelajari apa kira-kira yang bisa ditingkatkan dan mana yang harus dipertahankan.
Bisa gunakan fitur Promoted Trend
Promoted Trend merupakan salah satu fitur baru Twitter. Lewat fitur ini, kamu bisa mempromosikan topik atau hashtag tertentu. Dengan menggunakan Promoted Trend, secara otomatis topik yang kamu buat akan tampil di list trending topic Twitter. Menariknya, fitur ini hanya menerima satu pelanggan saja selama satu hari. Artinya, brand tidak perlu bersaing dengan kompetitor selama berpromosi melalui Promoted Trend.
Dari sini, bisa disimpulkan bahwa trending Twitter dunia bukanlah sekadar list yang berisi topik-topik bahasan menarik dari seluruh dunia. Jika digunakan dengan cermat, fitur ini bahkan bisa menjadi strategi marketing yang efisien. Selain mengoptimalkan analisis trending topic, kamu juga bisa mengoptimalkan strategi digital marketing melalui influencer. Allstars akan membantumu mewujudkan kolaborasi dengan influencer profesional untuk menunjang kegiatan promosi brand-mu, termasuk lewat Twitter. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gabung Allstars sekarang!