Pemilik Brand Wajib Tahu, Inilah 6 Jenis Marketing Agency

0
27
Jenis marketing agency

Para pelaku bisnis atau brand pasti memerlukan strategi marketing yang tepat untuk menumbuhkan bisnis. Untuk membantu kamu yang memiliki bisnis, maka hadirlah marketing agency. Marketing agency adalah pekerja yang bergerak untuk membantu para pemilik brand dalam menetapkan strategi marketing terbaik. 

Nah, dengan bantuan marketing agency yang tepat, kamu bisa mengoptimalkan brand kamu serta strategi yang akan dijalankan. Namun, kamu harus tahu bahwa ada berbagai jenis marketing agency yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Apa saja jenis-jenisnya? Simak di sini, yuk!

Marketing Agency Adalah Penting bagi Brand, Apa Itu?

Sama seperti namanya, marketing agency adalah sebuah agensi yang bergerak di bidang marketing. Artinya, perusahaan ini akan membantu pemilik brand atau bisnis yang butuh bantuan dalam menentukan strategi marketing yang tepat. Ada beberapa manfaat yang bisa pemilik bisnis rasakan bila menggunakan jasa dari marketing agency ini.

Pasalnya, marketing agency bisa membantu perkembangan bisnis brand. Mereka akan melakukan pengelolaan yang tepat agar bisnis bisa tetap berjalan dan bersaing dengan kompetitor. Pihak marketing agency akan melakukan pengukuran yang tepat agar bisnis kamu bisa tetap solid di tengah persaingan pasar.

Kamu juga bisa menghemat waktu serta biaya pemasaran dengan menggunakan jasa mereka. Sebab, ketika kamu bekerja sama dengan marketing agency, mereka akan menangani berbagai topik yang berkaitan dengan pengembangan bisnismu. 

Akan berbeda rasanya jika kamu harus merekrut karyawan profesional sendiri, tentu kamu harus terlebih dulu melakukan tahap orientasi dan pelatihan terlebih dulu. Dengan menggunakan jasa marketing agency, kamu tak perlu repot-repot merekrut pekerja profesional dikarenakan sebuah marketing agency umumnya terdiri dari para ahli di bidangnya.

Namun, sebelum menggunakan jasa para marketing agency, kamu harus memahami apa yang sedang brand kamu butuhkan dan apa tujuan brand kamu dalam menggunakan marketing agency itu sendiri. Pasalnya, ada banyak jenis marketing agency yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan.

6 Jenis Marketing Agency 

Nah, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ada berbagai jenis marketing agency yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan jasa mereka. Berikut ini beberapa jenis marketing agency yang umumnya tersedia di Indonesia, yaitu:

Traditional marketing agency

Seperti namanya, marketing agency ini berfokus pada cara-cara tradisional seperti membuat iklan di radio, televisi, koran atau billboard. Bagi brand yang ingin menjangkau audiens lebih lokal dan, menggunakan jasa mereka pasti akan cocok. Meskipun sekarang kita sudah berada di era digital, tak ada salahnya memasarkan produk dengan cara tradisional agar menjangkau audiens lokal secara luas.

Digital marketing agency

Jenis marketing agency satu ini sedang begitu populer di dunia marketing, apalagi kita sangat tergantung dengan dunia digital. Digital marketing agency memiliki ciri pemasaran yang dilakukan secara online. Dengan begitu, jangkauan audiensnya pun bisa lebih luas lagi. Bahkan, bisa saja brand-mu dilirik oleh orang-orang dari luar negeri. 

Menggunakan digital marketing agency bisa menjangkau anak-anak muda yang lebih sering terpapar dunia digital. Jika brand kamu menargetkan audiens yang lebih muda, mungkin jenis marketing agency ini cocok buat bisnis kamu.

Branding marketing agency

Branding marketing agency adalah jenis marketing agency yang fokus dalam pencitraan merek atau branding. Mereka akan membantu menciptakan konsep identitas brand yang hendak dibangun dan bagaimana cara eksekusi paling tepat. Hal ini bisa mencakup pembuatan logo, penentuan warna, tagline, website, dan semacamnya. Dengan begini, seluruh elemen brand bisa saling menyatu sehingga memperkuat nilai brand itu sendiri.

Full service marketing agency

Selanjutnya adalah full service marketing agency. Marketing agency ini akan menawarkan seluruh jasa yang berkaitan dengan pemasaran. Mereka memiliki tim menyeluruh yang profesional di bidangnya masing-masing. Misalnya, kamu membutuhkan jasa di bidang manajemen media sosial sekaligus pembuatan iklan TV, maka mereka bisa memberikannya untuk kamu. Apa pun kebutuhanmu, full service marketing agency bisa membantumu.

Influencer marketing agency

Nah, selanjutnya ada influencer marketing agency yang akan melayani pemasaran dengan bantuan para influencer. Karena menggunakan influencer, maka pemasaran yang dilakukan banyak dilakukan di dunia digital. Saat ini, influencer marketing agency sedang relevan di dunia bisnis melihat jumlah pengguna media sosial di Indonesia yang sangat banyak.

Marketing platform

Terakhir adalah marketing platform. Jenis marketing agency satu ini akan mempertemukan berbagai klien dan influencer yang sesuai dengan kebutuhannya. Jenis marketing agency ini juga biasanya menyediakan buzzer serta KOL atau Key Opinion Leader.

Nah, itulah beberapa jenis marketing agency yang perlu kamu ketahui sebagai pemilik brand. Marketing agency adalah sangat penting untuk pertumbuhan bisnismu. Khusus bagi kamu yang membutuhkan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis, pilihlah Allstars sebagai influencer marketing platform pertama dan terbesar di Indonesia. Kamu bisa mengembangkan nama brand bersama influencer terpercaya dari Allstars dengan meningkatkan awareness serta engagement. Yuk, temukan influencer yang tepat untuk brand-mu sekarang juga!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini