Udah Tau Belum Bagaimana Cara Buat TikTok Story? Ini Dia Caranya!

0
16
Tiktok Story

Untuk tetap memikat penggunanya, berbagai fitur baru dirilis oleh platform-platform media sosial, tak terkecuali TikTok. Platform yang digadang sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak ini kembali merilis fitur terbarunya, TikTok story. Yup, fitur terbaru ini dirilis untuk ‘mengantisipasi’ fitur yang sebelumnya sudah dimiliki oleh para pesaing TikTok, yaitu Instagram dan Snapchat. 

Lalu, kenapa fitur yang satu ini istimewa? Mudahnya, tak semua pengguna media sosial ingin selalu mengunggah konten di feed utamanya. Bahkan ada beberapa pengguna yang hanya aktif mengunggah konten story-nya ketimbang di feed. Selain itu, konten story tidak akan menyebabkan spam walau diunggah dalam jumlah yang banyak. Karena pengguna lain baru bisa melihat story tersebut saat diklik dan secara otomatis akan hilang dalam waktu 24 jam.

Selain hal tersebut, tentunya dengan adanya penambahan fitur diharapkan. Para kreator bisa mengeksplor kreativitasnya di media sosial yang satu ini lebih jauh lagi. Dengan adanya limitasi waktu serta visibilitas, perlu adanya kreativitas dari kreator konten untuk membuat TikTok story jadi lebih menarik.

Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan followers baru. Yang lebih banyak sehingga meningkatkan engagement dan jumlah komunitas yang dimiliki. Beberapa jenis konten TikTok Story yang menarik. Yakni behind the scene, Q & A, daily activities, kode promo, tips atau tutorial singkat dan masih banyak lagi.

Uji coba TikTok Story

Pertama kali mengumumkan akan melakukan uji coba terbatas penggunaan fitur pada 4 Agustus 2021 lalu. Pengujian ini tentu dilakukan untuk mendapatkan feedback dari para pengguna, sekaligus mengoptimalkan fitur tersebut. Hingga kini, uji coba masih dilakukan namun sudah mencakup pengguna global. Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak pengguna yang bisa menggunakan fitur TikTok story. Akan ada banner khusus yang menyatakan jika seorang pengguna bisa menggunakan fitur terbaru ini. 

Tiktok story

Fitur Story berfungsi seperti konten terbatas bagi penggunanya. Pengguna yang mengunggah story, bisa melihat berapa banyak orang yang sudah menyaksikan konten story tersebut. Berbeda dengan Instagram, TikTok story memungkinkan visibilitas publik saat pengguna lain memberikan likes dan memberikan komentar pada story tersebut. Sedangkan di Instagram, komentar atau likes hanya bisa dilihat oleh pengguna yang mengunggah konten story-nya.

Cara membuat TikTok Story

Untuk membuat TikTok Story tidak diperlukan langkah atau aplikasi khusus lainnya. Hanya saja seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sampai saat ini fitur ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga tidak semua pengguna bisa menggunakan fitur ini. Jika kamu cukup beruntung mendapatkan banner untuk menggunakan TikTok Story, inilah langkah-langkah pembuatannya.

Tiktok story
tiktok story
  1. Pastikan untuk menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru. Jika belum, unggah dulu versi terbarunya
  2. Buka TikTok, lalu klik tombol “Posting” yang ditandai ikon “+” 
  3. Selanjutnya pilih mode kamera “Quick” 
  4. Pengguna bisa merekam video ataupun mengambil gambar kamera untuk membuat Stories. Selain itu, pengguna juga bisa mengunggah gambar atau video dari galeri 
  5. Pilih filter, musik, atau hal lainnya untuk memaksimalkan hasil unggahan
  6. Klik “Post to Story” untuk segera membuat Stories

Selain TikTok Story, tentu masih banyak fitur-fitur lainnya yang tengah dikembangkan. Hal ini untuk memberikan experience lebih bagi para pengguna sosial media ini. Simak terus update-nya hanya di Allstars!

Baca artikel kami lainnya: Durasi tiktok bisa sampai 10 menit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini