Wajib Tahu, Berikut Serba-serbi KOL Management untuk Marketing

0
405
KOL manajement

Peran seorang KOL atau key opinion leader kini semakin besar seiring dengan semakin berkembangnya digital marketing. Terbukti, kini makin banyak brand atau pelaku usaha yang memercayakan KOL untuk turut serta dalam strategi marketing. Strategy ini dijalankan untuk mencapai tujuannya, dengan proses yang disebut KOL management

Lewat KOL, brand bisa menjangkau sasarannya dengan tepat. Karena tiap KOL sudah memiliki persona serta audiens yang relevan dengan produk atau hal yang ingin dipasarkan.

Berbicara soal KOL, tentu banyak hal yang harus bisa sama-sama dipahami oleh kedua belah pihak. Mulai dari perjanjian hingga jobdesc agar tujuan yang ingin dicapai bisa didapatkan secara optimal. Perlu ada pengetahuan khusus bagi brand untuk menangani KOL. Oleh karena itu, perannya akan mempermudah banyak hal untuk kedua pihak tersebut.

Biar nggak penasaran, kali ini Allstars akan mengupas tuntas apa yang dimaksud dengan KOL management. Apa peran dan dampak yang bisa dihasilkannya. Simak yuk!

Lebih Mengenal KOL Management

KOL management adalah cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk menangani, mengatur, serta bekerja sama dengan para KOL yang terlibat dalam manajemen perusahaan. Tujuannya adalah untuk membantu serta mengarahkan para KOL agar bisa memasarkan produk dengan baik dan mencapai tujuan perusahaan. Yang pesan promosinya bisa sampai dengan baik kepada target market yang ditetapkan, terutama audiens dari para KOL itu sendiri.

Dalam digital marketing secara khusus, KOL management yang tepat menjadi hal yang penting karena bisa membentuk hubungan yang solid antara brand dan KOL. Sehingga kerja sama bisa terjalin dengan baik. Lewat KOL management pula, kepercayaan akan tumbuh pada brand dan KOL.Karena kedua pihak ini tidak bisa dipisahkan dalam hubungannya dengan strategi marketing.

4 Manfaat KOL Management

Setelah mengetahui apa itu KOL management, selanjutnya apa sih manfaatnya yang perlu kita ketahui? Berikut Allstars telah merangkum beberapa manfaat dari KOL management:

Mendapatkan KOL yang sesuai

Peran KOL management yang pertama adalah untuk menseleksi KOL yang akan diajak bekerja sama. Dengan memilih KOL yang tepat, tentu pengarahan serta strategi marketing bisa dijalankan dengan baik. Melihat banyaknya KOL yang eksis saat ini, KOL management memiliki kemampuan untuk melakukan analisis pada profile dan keahlian yang dimiliki para KOL. Sehingga kesesuaian serta relevansi KOL tersebut dengan brand atau pelaku usaha bisa didapatkan. 

Salah satu hal yang perlu dianalisis adalah jumlah followers. Dengan management, para KOL dengan followers yang berkualitas atau organik (bukan fake followers) akan bisa diidentifikasi dengan mudah. Sehingga selanjutnya strategi bisa dijalankan dengan lebih maksimal.  

Menjadi ‘jembatan’ antara brand dan KOL

Sebuah bentuk kerja sama, terlebih menyangkut hal yang sifatnya teknis memerlukan banyak elemen agar bisa dijalani dengan baik. Lewat Key Opinion Leader manajemen ini, hal-hal tersebut bisa dijembatani agar tercipta komunikasi yang efektif di antara kedua belah pihak. 

Sebagai contoh, masing-masing pihak tentu memiliki strateginya masing-masing. Oleh karena itu, perlu ada pemikiran yang bisa menghubungkan serta memaksimalkan keduanya sehingga bisa memperkuat strategi marketing yang akan dijalankan. 

Meningkatkan efisiensi proses endorsement

Memiliki alur kerja atau manajemen yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah campaign. Dari mulai pre-campaign hingga post-campaign memiliki strategi dan problemnya masing-masing. 

Dalam sebuah campaign, pasti ada saja hal yang di luar rencana dan sebagai marketer yang baik. Tentu kita perlu menyiapkan segala bentuk antisipasi akan hal tersebut. Dengan KOL management, hal tersebut bisa diatasi secara efisien. Karena data-data yang terkumpul serta value lainnya sudah terkumpul dan tersusun dengan baik. Kita tak perlu repot lagi mencari data atau solusi untuk permasalahan yang ada.

Memperluas relasi brand

Terakhir adalah memperluas relasi brand itu sendiri. Sebagai marketer, tentu tak hanya konsumen langsung yang menjadi target kita. Awareness seorang KOL akan brand kita menjadi hal yang penting. Agar kerja sama serta jangkauan marketing bisa terjalin lebih luas lagi. 

Nah, dalam hal ini, dibutuhkan sebuah platform KOL management, salah satunya adalah Allstars. Lewat Allstars, brand bisa mengenal ribuan KOL serta me-manage-nya secara langsung. Tentu, hal ini akan memudahkan jalannya campaign karena data yang ada disajikan secara lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, ‘mata’ para KOL atau audiens langsung bisa mencapai brand yang kamu bawa.

Setelah mengetahui pentingnya peran KOL management. Harapannya kerja sama antara brand dengan para KOL bisa terjalin dengan baik serta efektif sehingga campaign bisa sukses. Untuk para brand yang sedang mencari KOL dan ingin melakukan maintain sendiri, langsung gunakan platform Allstars, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini