4 Jenis Marketing Campaign di Instagram. Kamu Pilih yang Mana?

1
936
menentukan jenis marketing campaign

Memanfaatkan ‘kekuatan’ media sosial untuk marketing campaign sudah menjadi hal yang dilakukan oleh banyak brand serta para pelaku bisnis. Apa lagi dengan berbagai jenis marketing campaign mulai dari fitur serta tren yang ada, strategi marketing campaign bisa dimaksimalkan lewat media sosial yang satu ini. 

Makanya, Instagram yang dulu menjadi media di mana para penggunanya sekadar membagikan foto atau video saja, kini makin banyak akun brand yang memiliki konten menarik serta para influencers dari berbagai kalangan yang membantu memasarkan sebuah produk atau layanan.

Alasan mengapa Instagram cocok untuk melakukan marketing campaign

Ada beberapa alasan mengapa Instagram bisa membantu brand dalam melakukan marketing campaign, di antaranya adalah:

  1. Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak diunduh dan digunakan
  2. Instagram memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak hal, mulai dari mengambil foto, merekam video, mengeditnya, serta menyertakan banyak hal menarik lainnya tanpa harus membuka aplikasi lainnya
  3. Kini tersedia banyak tools atau fitur yang mendukung lini bisnis, yaitu Instagram Shop dan lainnya

Nah, melihat hal tersebut, kali ini Allstars akan membahas jenis marketing campaign yang bisa dilakukan pada Instagram beserta tipsnya. Simak yuk!

Jenis-jenis marketing campaign di Instagram

  1. Marketing campaign User Generated Content (UGC) 

Campaign ini adalah segala jenis konten digital yang dibuat oleh para influencer, pengikut, dan para pengguna untuk mempromosikan suatu produk atau layanan. Lewat cara ini, target audiens bisa lebih bisa terpikat karena penyampaian atau cara berpromosi seperti ini terasa lebih jujur dalam penyampaiannya sehingga menimbulkan kepercayaan. Biasanya ada hashtag khusus pada campaign UGC agar performa dari campaign tersebut mudah diukur. 

  1. Marketing campaign untuk Produk Baru 

Campaign ini dilakukan saat sebuah brand tengah meluncurkan produk atau layanan terbarunya. Lewat Instagram, campaign ini bertujuan untuk membangun hype dan awareness, terutama menjelang peluncuran produk atau layanan terbaru tersebut. Pada campaign ini bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan serta memperlihatkan keunggulan dari produk atau layanan yang akan diluncurkan. Brand biasanya akan menggunakan jasa influencer yang disesuaikan dengan target audiens. Konten yang dibuat biasanya berupa announcement, video unboxing, dan sneak peek produk atau layanan yang akan diluncurkan tersebut.

  1. Marketing campaign Brand Awareness 

Baik brand atau perusahaan kecil maupun besar, membutuhkan marketing campaign untuk meningkatkan serta menjaga brand awareness seiring dengan berjalannya waktu. Marketing campaign jenis ini sangat tepat untuk dilakukan oleh brand baru atau brand yang sudah eksis namun ingin terhubung dengan target audiens baru.

Tujuan dari marketing campaign ini adalah untuk meningkatkan visibilitas perusahaan, produk, atau layanan yang dimiliki dengan memperlihatkan apa keunggulan serta keunikan produk sehingga perlu dimiliki oleh target audiens.

  1. Marketing campaign Giveaway 

Untuk meningkatkan engagement, marketing campaign yang satu ini sangat efektif untuk dilakukan. 

Lewat strategi giveaway ini, kita bisa membuat syarat dan ketentuan tertentu untuk mendukung tujuan marketing campaign. Yang paling sering dilakukan adalah meminta audiens untuk follow, memberikan komentar, dan mention beberapa temannya. Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk menjangkau followers baru.

Tips memulai marketing campaign di Instagram

Setelah mengetahui beberapa jenis marketing campaign, selanjutnya ada beberapa tips untuk memulai marketing campaign di Instagram yang bisa dilakukan.

  1. Menentukan tujuan campaign

Pertama adalah menentukan tujuan dilakukannya marketing campaign ini. Apakah yang ditargetkan adalah brand awareness, engagement, atau sales. Dengan menentukan tujuan, strategi yang dilakukan pun bisa tepat sasaran. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan tujuan adalah harus spesifik tujuannya, hasilnya bisa diukur, target diperkirakan bisa dicapai, relevan pada target, dan memiliki jangka waktu tertentu.

  1. Riset audiens

Penting juga untuk memahami target audiens untuk hasil marketing campaign yang ingin dicapai. Dengan melakukan hal ini, pesan atau promosi yang dibuat, bisa tersampaikan dengan baik pada target yang tepat. 

  1. Membuat rencana yang rinci

Buatlah marketing plan untuk mendukung keberhasilan marketing campaign yang akan dilakukan. Hal-hal yang perlu ditentukan sedari awal adalah berapa lama campaign akan berjalan, berapa budget yang dibutuhkan, berapa banyak konten yang diperlukan, siapa saja influencer yang bisa diajak bekerja sama, hingga hashtag apa yang akan digunakan. 

Dengan memiliki rencana yang rinci, harapannya campaign bisa berjalan dengan baik hingga mencapai sasaran yang tepat.
Itulah penjelasan beberapa jenis marketing campaign yang bisa dilakukan di Instagram. Kamu juga bisa membuat marketing campaign untuk Instagram dengan mendaftarkan diri di Allstars, lho! Simak terus juga blog Allstars dan Instagram Allstars untuk mengetahui informasi seputar media sosial dan lainnya, ya!

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih atas informasinya perihal jenis marketing campaign instagram. Meningkatkan strategi yang baik dan tepat sangat dibutuhkan untuk tiap bisnis agar terciptanya bisnis yang baik. Jasa Buat Logo Murah juga buat kartu nama dapat membantu memasarkan branding bisnis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini