Terbaru, Ini Dia Perubahan yang Akan Instagram Feed Lakukan!

1
83
illustrasi scrolling instagram feed

Nampaknya ‘kompetisi’ untuk terus melakukan pembaruan pada media sosial sudah bukan hal yang mengejutkan lagi. Semua nama besar media sosial terus melakukan upgrade demi meningkatkan antusiasme para penggunanya lewat fitur-fitur baru yang seru atau penggunaan yang makin mudah. Begitu juga dengan Instagram yang baru-baru ini mengumumkan tengah melakukan uji coba pada perubahan tampilan feed-nya. Hal ini diumumkan oleh head of Instagram sendiri, Adam Mosseri lewat akunnya.

Update terbaru Instagram Feed

Seperti yang kita ketahui, Instagram termasuk sering melakukan perubahan pada interface-nya serta menambahkan fitur-fitur baru. Feed Instagram pun termasuk yang tak luput dari perubahan tersebut, terutama dalam hal algoritma. Jika dulu pengguna Instagram bisa melihat siapa pun yang diikutinya, kemudian terjadi perubahan di mana pengguna hanya bisa melihat, baik pengguna lain yang diikuti dan tidak diikuti, dengan konten atau interest yang relevan.

Nah, perubahan terbaru yang akan terdapat pada Instagram feed adalah akan ada 3 opsi yang bisa dipilih, yaitu Home, Favorites, dan Following. Perlu diketahui, sejak diumumkan pada bulan Januari silam, pembaruan ini masih dalam tahap uji coba pada pengguna yang dipilih secara acak. Nantinya, pengguna Instagram bisa memilih apa yang disajikan pada feed-nya berdasarkan 3 opsi tersebut. 

Jika dijabarkan, masing-masing akan terlihat seperti ini:

  • Home

Di sini pengguna akan disajikan Instagram feed seperti yang ada saat ini, yaitu berdasarkan relevansi. Beberapa akun yang tidak diikuti akan muncul sebagai rekomendasi.

  • Favorites

Dengan memilih opsi ini, pengguna akan disajikan akun-akun teman dekat atau favorit. Diperkirakan akan ada opsi untuk memilih dulu akun-akun tersebut. Harapannya dengan adanya opsi ini, pengguna tidak akan melewatkan konten-konten dari akun teman dekat atau favorit yang diikutinya.

  • Following

Opsi yang satu ini sama dengan yang terdapat pada Instagram di awal kemunculannya, yaitu menampilkan feed secara kronologis. Bagi beberapa penggunanya, banyak yang menyayangkan perubahan algoritma dari kronologis menjadi relevansi, karena banyak yang merasa interaksi atau respon yang didapatkan terbatas pada akun-akun yang relevan saja. 

Oleh karena itu dengan adanya opsi ini, harapannya para pengguna yang ‘pro’ dengan algoritma Instagram feed secara kronologis bisa makin menikmati menggunakan media sosial ini.

Lalu, bagaimana cara mengatur agar opsi-opsi tersebut bisa ditampilkan?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fitur ini sebenarnya masih dalam tahap pengembangan, namun untuk akun-akun yang ‘beruntung’ sudah bisa mengaksesnya. 

Cara menggunakan fitur terbaru Instagram Feed

Caranya:

  1. Pastikan kamu menggunakan Instagram dengan update terbaru
  2. Buka aplikasi Instagram
  3. Klik “home” pada bagian kiri homepage 
menampilkan tampilan menu instagram feed terbaru
  1. Selanjutnya, pilih tampilan feed berdasarkan opsi yang tersedia, yaitu Following dan Favorites
  2. Setelah dipilih, apa yang tersaji pada feed akan menyesuaikan seperti penjelasan yang ada di atas
tampilan instagram feed terbaru

Alasan pembaharuan opsi Instagram Feed

Salah satu alasan diperbaruinya opsi feed adalah karena menurut Adam Mosseri, Instagram sangat memengaruhi kesehatan mental terutama bagi anak muda. Dengan algoritma yang baru, harapannya apa yang dikonsumsi oleh pengguna Instagram nantinya bisa lebih menginspirasi ketimbang menimbulkan reaksi atau pemikiran yang negatif.

Menurut Adam Mosseri lagi, selain opsi yang baru Instagram akan mengembangkan perubahan signifikan lainnya. Feed utama akan menampilkan lebih banyak rekomendasi dari waktu ke waktu, terutama Reel. Dikatakan bahwa di tahun 2022, Instagram berencana akan berfokus pada Reel serta mengembangkan lebih banyak tools untuk pembuatan konten. Hal ini dimungkinkan karena semakin banyaknya kreator yang menggunakan video sebagai kontennya. Pun, konten video lebih banyak disukai oleh para pengguna media sosial karena lebih menarik secara visual.

Lepas dari pembaruan dan fitur yang ada, penggunaan media sosial yang kian marak memang harus dibarengi dengan kedewasaan dalam penggunaannya. Semoga tren ini bisa lebih banyak menghasilkan kreator-kreator dengan karyanya yang menginspirasi. 
Yuk, simak terus blog Allstars dan Instagram Allstars untuk mengetahui berita seputar media sosial dan lainnya!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini