Ini Alasan Mengapa Instagram Carousel Bisa Tingkatkan Engagement

0
588
formula aida untuk instagram caraousel oleh allstars

Siapa yang kesehariannya tidak bisa lepas walau 1 detik dari media sosial yang bernama Instagram? Media sosial yang satu ini memang memiliki daya tariknya sendiri terutama dari konten-konten visual yang dibuat para kreator konten. Dalam hal pemasaran pun, mengiklankan sesuatu lewat Instagram juga menjadi hal yang menarik untuk disimak. Banyak iklan yang disajikan dengan konsep yang tidak seperti iklan kebanyakan di Instagram. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Instagram carousel

Sejak kemunculannya pada tahun 2017, fitur carousel pada Instagram menjadi salah satu yang diminati, baik oleh para pengguna maupun para pengiklan, brand, juga pebisnis karena dianggap dapat meningkatkan engagement.

Alasan Mengapa Instagram Carousel Bisa Tingkatkan Engagement

Berdasarkan riset yang dilakukan SocialInsider pada awal 2020, konten berjenis carousel berhasil membawa engagement rate yang lebih tinggi dibandingkan konten jenis image atau video, dengan rata-rata sebesar 1.92 persen. Bahkan, rata-rata engagement rate yang dihasilkan jika menggunakan 10 slide fitur carousel bisa menyentuh angka hingga 2%, lho!

Lewat carousel, pengguna Instagram bisa mengunggah hingga 10 foto yang bisa dicampur dengan video dalam satu kali post. Karena biasanya satu foto atau video tidak bisa menjelaskan suatu pesan secara detail, penggunaan carousel ini kemudian meningkat drastis secara organik. Simak selengkapnya berikut ini!

Rekomendasi 3 Jenis Konten Instagram Carousel yang Bisa Dicoba

Bisa dipastikan, konten informatif adalah konten yang dicintai oleh pengguna Instagram. Dengan adanya fitur carousel, informasi yang bisa disajikan pun makin beragam serta detail. Lalu apa saja jenis konten Instagram carousel yang bisa mendatangkan antusiasme dari audiens? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Konten fakta atau informasi yang jarang diketahui khalayak luas

Biasanya jenis konten ini memiliki slide cover yang bertuliskan seperti ‘Did you know?’ atau ‘Faktanya begini …’. Hal ini akan mengundang rasa penasaran dari audiens untuk terus menyimak konten yang disajikan hingga slide terakhir.

  1. Konten bernarasi

Untuk kamu yang gemar membuat konten dengan konsep storytelling, Instagram carousel juga bisa menghadirkan konten yang bernarasi. Tiap foto di tiap slide bisa disertakan sebuah cerita di dalamnya agar menjaga minat audiens untuk terus menyimaknya. Ibarat membaca sebuah buku, tentu tidak puas rasanya jika tidak membacanya hingga tuntas.

  1. Konten Before-After 

Jenis konten ini juga bisa menarik perhatian audiens dan tentunya bisa didukung dengan adanya fitur carousel. Foto yang ditampilkan bisa berupa progress dari perubahan yang terjadi. Misalnya, untuk konten pembuatan karya seni, kamu bisa menyajikan apa yang kamu buat mulai dari nol hingga akhirnya menjadi karya yang indah. 

Beberapa konten yang cocok dengan konsep ini adalah konten seputar kosmetik, software editing, penggunaan suplemen, hingga perawatan rumah.

Fitur Terbaru ‘Carousel Deletion’ dan Cara Menggunakannya

logo dari sosial media instagram

Sebagai media sosial yang banyak digunakan, Instagram adalah salah satu yang bisa menjawab hampir semua keinginan penggunanya. Masih tentang Instagram carousel, baru-baru ini Instagram merilis fitur baru yang bernama ‘Carousel Deletion’. Lewat fitur ini, para pengguna Instagram dimungkinkan untuk menghapus salah satu slide pada Instagram carousel jika terjadi kesalahan saat memilih foto atau video yang menjadi bagian dari carousel tersebut. 

Hal ini penting dilakukan, terutama oleh para admin pemegang brand tertentu yang terkadang melakukan kesalahan dalam pengunggahan konten carousel. Alih-alih mengunggah ulang, dengan adanya fitur ini, foto atau video yang tidak tepat bisa dihapus. 

Caranya pun mudah, pilih slide yang akan dihapus, lalu pilih ikon tempat sampah untuk menghapus slide yang tak diinginkan. Jangan sampai salah dengan memilih opsi ‘delete’ ya, karena hal ini akan menghapus konten secara menyeluruh. Praktis sekali, bukan?
Nah, dengan adanya fitur Instagram carousel yang kemudian diperkuat dengan Carousel Deletion ini, harapannya para pebisnis dan brand secara khusus bisa menghadirkan konten marketing yang bisa memikat audiensnya secara langsung ya. Nantikan informasi seputar fitur-fitur Instagram lainnya hanya di Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini