Inilah 5 Strategi Twitter Marketing yang Cocok untuk Bisnismu

0
388
twitter sebagai platform marketing untuk strategi bisnimu

Bicara soal digital marketing, bisa dipastikan hampir semua media sosial yang ada bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis lewat strategi marketing. Salah satu marketing media sosial yang akan kita bahas kali ini adalah Twitter Marketing. 

Popularitas Twitter

Media sosial yang berkonsep micro blogging ini sempat ramai digunakan pada tahun 2010 hingga 2012-an. Walau sempat ‘meredup’, nyatanya sampai saat ini Twitter kembali ‘bersinar’. 

Kebanyakan dari penggunanya puas dengan menumpahkan ekspresi lewat tulisan, ketimbang platform media sosial lain yang biasanya menggunakan visual dan audio. Sekadar informasi, istilah selebriti media sosial pun awalnya berasal dari Twitter yang dikenal sebagai selebtwit. Bisa dibilang, banyak di antara influencer yang masih eksis saat ini mengawali kariernya lewat Twitter. 

Lalu, Apa Itu Twitter Marketing?

Secara sederhana, Twitter Marketing adalah strategi untuk mempromosikan produk, bisnis, atau kepentingan lainnya melalui Twitter dengan menggunakan media pendukung yang dibutuhkan, seperti copy, gambar, dan video. 

Lewat media sosial ini, kita bisa berinteraksi secara langsung dengan para followers untuk menerima saran atau pendapat langsung serta mengikuti berita terbaru yang bisa berguna bagi kebutuhan brand-mu.

Manfaat Twitter Marketing

Sebelum melangkah ke pembahasan selanjutnya, perlu dipahami manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan strategi twitter marketing. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan menggunakan hashtag tertentu, kita bisa menjangkau lebih banyak orang untuk akhirnya terpapar dengan apa yang kita tawarkan. 
  1. Dengan Twitter kita bisa berinteraksi langsung dengan audiens secara kasual. Kita bisa mengetahui dengan cepat apa yang mereka inginkan atau bagaimana reaksi mereka terhadap produk yang kita tawarkan tanpa perlu menggunakan media lainnya. ‘Aturan’ yang ada pada Twitter juga tidak ‘seketat’ media sosial lainnya. 

Misalnya, kamu bisa saja ‘nimbrung’ di obrolan orang lain saat keyword tertentu disebutkan tanpa terlihat aneh. Berbeda jika kita merespon secara langsung lewat Instagram atau Facebook, tentunya hal ini akan menimbulkan pertanyaan.

5 Strategi untuk Memaksimalkan Twitter Marketing

Sampai pada main course kali ini yaitu bagaimana cara untuk memaksimalkan twitter marketing. Simak 5 strategi berikut!

  1. Penggunaan bahasa yang kasual atau sehari-hari menjadi hal yang bisa ‘memikat’ hati audiens

Dengan menggunakan bahasa yang santai akan timbul rasa ‘kedekatan’ dengan brand ketimbang saat menggunakan bahasa yang kaku. Walau begitu, pastikan pemilihan kata yang digunakan tetap relevan dengan produk yang akan ditawarkan. 

Alih-alih terlihat cool, bisa jadi malah menurunkan kredibilitas brand-mu sendiri jika pemilihan kata yang digunakan melenceng jauh dari yang seharusnya digunakan. Salah satu contoh yang harus dihindari adalah menggunakan kata kasar yang lazim digunakan pada perbincangan sehari-hari.

  1. Hadirkan interaksi dengan audiens

Seperti yang disebutkan sebelumnya, interaksi dari audiens kerap terjadi di Twitter. Pujian maupun kritikan bisa datang begitu saja dari para pengguna Instagram. 

Makanya perlu dibangun interaksi yang sifatnya organik, bukan bot, untuk lebih menguatkan kedekatan audiens dengan brand-mu. Biasanya dibutuhkan tim khusus untuk melakukan interaksi ini agar jawaban yang diperoleh bisa memuaskan audiens.

  1. Gunakan fitur pendukung

Walau pada dasarnya Twitter adalah platform micro blogging yang mengutamakan tulisan, fitur pendukung seperti GIF, foto, dan lainnya bisa memaksimalkan konten yang kamu buat. 

Pastikan kamu memilih visual yang bisa menarik perhatian audiens saat mengeksplor Twitter karena biasanya mereka bisa dengan cepat membaca sebuah cuitan dan mengabaikan hal lainnya yang tak menimbulkan ketertarikan mereka.

  1. Posting saat prime time

Sama seperti media sosial lainnya, ada waktu khusus yang menjadi prime time Twitter. Kamu bisa mengunggah tweet pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu yang menjadi saat terbanyak dan terlama pengguna mengakses Twitter. Kamu juga bisa menggunakan tools yang ada pada Twitter, yaitu Tweriod untuk mengecek kapan waktu terbaik untuk mengunggah twit.

  1. Ikuti tren terkini

Terakhir adalah hal yang pasti dilakukan pada media sosial lainnya, yaitu update dengan tren terkini. Pada twitter terdapat yang disebut trending topic di mana kita bisa melihat hal apa yang tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. 

Kita bahkan tidak perlu melihat televisi untuk mengetahui apa yang terjadi karena hampir semua berita terkini pertama kali tersebar lewat twitter. Misalnya, pertandingan sepak bola atau saat terjadi gempa. Jika tak ingin ketinggalan, langsung buka saja Twitter untuk mengetahui apa yang sedang terjadi.
Masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan strategi twitter marketing. Pastikan kamu terus update informasinya hanya di Instagram dan Blog Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini