Artikel Coba 5 Tips Ini Untuk Membuat Caption Menarik di Instagram!

Coba 5 Tips Ini Untuk Membuat Caption Menarik di Instagram!

0

Ada yang bisa menebak, hal menarik selain foto dan video yang bisa ditemui di Instagram? Jika jawabanmu adalah caption, kamu benar! Sebuah konten bisa saja menarik secara visual, tapi bagaimana sebuah caption bisa menceritakan visual tersebut yang menjadikan sebuah konten Instagram bisa jadi lebih menarik.

Tak hanya bagi pengguna biasa, bagi para influencer pun caption yang menarik menjadi hal yang krusial karena hal itu akan lebih bisa menarik minat para followers-nya untuk mencari tahu lebih jauh soal produk yang tengah dipromosikannya. Lewat caption, orang lain bisa memahami lebih lanjut dari apa yang disajikan pada video atau foto yang diunggah. Selain itu, informasi yang lebih lengkap bisa ‘dituangkan’ lewat caption ketimbang menjelaskan semua hal di dalam satu video yang tentu akan memakan banyak durasi.

Selain hal di atas, lewat caption bisa terjalin juga interaksi dengan para followers. Kita bisa memberikan pertanyaan atau call to action (CTA) yang nantinya bisa menciptakan engagement lewat kolom komentar.

Tips Buat Caption yang Menarik

Lalu bagaimana cara membuat caption yang menarik? Simak yuk tips di bawah ini:

1.Memiliki Kalimat Pembuka yang Kuat

Dengan tipikal pengguna Instagram yang dengan cepat akan melewatkan sebuah konten (scrolling), memiliki kalimat pembuka yang menarik bisa jadi langkah awal untuk membuat caption yang baik. 

Kamu bisa menggunakan kalimat yang provoking misalnya ‘Akhir bulan jadi akhir jajan juga?’ atau yang langsung memberikan hal menarik seperti ‘Mau dapat cuan dengan gampang?’. Membuat kalimat pembuka yang kuat bisa dilakukan dengan mengetahui apa yang paling disukai atau diinginkan oleh para followers-mu

2.Singkat, Padat, dan Jelas

Walau caption Instagram memiliki batas maksimal hingga 2200 karakter, pada dasarnya tak semua orang akan mau membaca sebuah informasi yang terlalu panjang. Idealnya, penulisan caption dengan 138 hingga 150 karakter sudah cukup. 

Selain tidak terlalu panjang, caption juga tidak akan terpotong karena melebihi jumlah karakter yang bisa terlihat di feed. Namun begitu, untuk tujuan tertentu penulisan yang panjang masih dibutuhkan selama apa yang ditulis bukanlah hal yang berulang atau dragging

3.Menggunakan Emoji

Mengekspresikan sesuatu lewat tulisan memang tidak mudah. Orang bisa saja salah paham jika kita salah memilih kata atau penggunaan tanda baca yang tepat. Misalnya saja karena menggunakan tanda seru lebih dari 3, orang yang membacanya bisa saja mengira orang yang menulis tersebut marah, padahal tidak seperti itu maksudnya. 

Untungnya, ada emoji yang bisa digunakan untuk membuat caption lebih ekspresif. Kamu bisa mengekspresikan kelezatan suatu masakan atau kekagumanmu pada sebuah lokasi wisata dengan menggunakan emoji yang sesuai. Selain itu, emoji juga bisa digunakan sebagai pembatas antar paragraf yang akan membuat caption-mu terlihat lebih dinamis

4.Memberikan Hashtag

Seperti yang sudah kita ketahui, kegunaan hashtag adalah untuk menjangkau lebih luas audiens lewat relevansi produk yang ditawarkan. Dengan kata kunci yang tepat, orang yang bahkan bukan followers-mu akan bisa menjangkau konten yang kamu unggah. Untuk batasan hashtag sendiri adalah maksimal 30 buah, namun idealnya kamu cukup menggunakan 9 hashtag yang relevan

5.Menyertakan Call To Action

Jika konten yang kamu unggah memiliki tujuan tertentu, misalnya untuk mencoba produk tertentu atau membeli produk tersebut, menyertakan call to action adalah hal yang tepat untuk menutup caption yang kamu buat. Buatlah call to action yang singkat dan sedikit provoking agar audiens bisa melakukan apa yang kamu mau. Misalnya, ‘Awas jangan sampai kehabisan! Beli langsung produk ASLInya lewat link di bio!’

Membuat caption yang menarik tentu membutuhkan latihan dan pembelajaran dari apa yang sudah dibuat sebelumnya. Makin sering diasah, nantinya caption yang kamu buat bisa menjadi menarik dan punya hasil yang sesuai dengan tujuanmu. Terus berkarya, ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version