Yuk, Ketahui Social Engineering Sebelum Ikuti Tren di Social Media

0
15
illustrasi social engineering

Baru-baru ini, jagat maya khususnya Instagram dihebohkan dengan penyalahgunaan informasi krusial yang tersaji dengan penuh ‘kesadaran’ lewat fitur add yours

Awalnya, stiker Instagram ini menyajikan hal baru yaitu berupa ‘tantangan’ tertentu yang dimulai oleh pengguna dan nantinya tantangan tersebut bisa digunakan atau dilanjutkan oleh pengguna lainnya. Sebagai contoh, seorang pengguna membuat stiker add yours yang meminta untuk mengunggah foto masa kecil. Setelah foto tersebut diunggah, pengguna lain yang menekan stiker add yours tersebut bisa melakukan hal yang serupa. Pola berantai ini sangat digemari karena banyak hal menarik yang bisa diungkapkan lewat stiker ini.

Sayangnya, ada pihak-pihak tertentu yang menyalahgunakan hype tersebut dan melakukan social engineering

Apa itu social engineering?

Bagi kamu yang belum familiar dengan istilah ini, social engineering adalah sebuah cara atau tindakan untuk mengelabui atau memanipulasi korban agar memberikan informasi data-data pribadi atau akses yang diinginkan dengan menggunakan cara yang halus. Halus di sini adalah seperti yang sudah disebut di atas tadi, orang dengan sadar ‘menjawab’ tantangan yang berantai melalui stiker add yours.

Kasus penipuan akibat penyalahgunaan stiker add yours

Untuk lebih jelasnya, Allstars akan menyajikan sebuah study case yang sempat viral di dunia maya akibat penyalahgunaan stiker add yours.

  1. Semua dimulai dengan sebuah stiker add yours yang meminta untuk memberi tahu ‘nama panggilan atau nama kecil’. Intinya, nama khusus yang sebenarnya hanya diketahui oleh kalangan tertentu
  2. Setelah stiker diunggah, tak lama ada penelepon asing yang mengontak. “Kok bisa sih nomornya didapatkan?” Biasanya karena satu dan lain hal, para pengguna Instagram juga menyertakan nomor HP atau contact person untuk keperluan tertentu. 
  3. Di lain kasus, hacker atau peretas sudah bisa sejauh itu untuk menggali informasi pribadi lewat media sosial atau alamat surel
  4. Sang penelpon yang mengetahui nama ‘khusus atau nama kecil’ dari si penerima, tentu mendapatkan respon baik. Hingga akhirnya penipuan pun terjadi, seperti meminta uang dalam jumlah tertentu

Dari contoh kasus di atas, terlihat bahwa sebuah hal yang sifatnya inovatif jika tidak bijak digunakan bisa jadi disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Selain itu, masih banyak hal lain yang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik, seperti informasi tentang lokasi tempat tinggal, berapa orang yang ada di rumah, hingga tanda tangan.

Lalu bagaimana menyikapi hal ini demi mencegah social engineering?

  1. Riset dan pelajari

Mudah saja sebenarnya, jika ada sesuatu yang tengah ramai dilakukan atau diperbincangkan, pelajari lebih jauh terlebih dahulu. Apa yang menyebabkan hal tersebut disukai. Apa kemungkinan-kemungkinan positif dan negatif yang bisa didapatkan jika kita turut mengikuti hal tersebut. Intinya, bentengi diri sendiri saat ada hal baru. 

Selain menjadikan kita orang yang lebih kritis, kita bisa lebih tahu hal baru pula. Makin jauh dipelajari, makin banyak hal baru yang bisa berguna buat kita nantinya.

  1. Selektif dalam membagikan momen

Jika sudah mengetahui sisi positif dan negatif dari hal tersebut, yang dalam kasus ini adalah stiker add yours, selanjutnya pertahankan batasan yang ada. Pertimbangkan lebih banyak hal apa yang ingin kamu bagikan. 

Apakah bermanfaat buatmu atau untuk followers-mu? Apakah nantinya bisa disalahgunakan? 

Jadikan fitur yang dirancang sebagai hal yang menyenangkan agar tetap terus menjadi hal yang menyenangkan pula, seperti stiker add yours ini. Foto-foto masa kecil, destinasi liburan favorit, atau album musik favorit tentu akan jadi hal yang menyenangkan untuk dibagikan dan akan mustahil untuk disalahgunakan nantinya.

Itulah pembahasan mengenai kasus social engineering dan bagaimana cara mencegahnya. Yuk, kita sama-sama lebih bijak dalam menggunakan media sosial untuk terus menggunakannya dengan happy!
Simak informasi menarik seputar media sosial hanya di blog Allstars dan Instagram Allstars, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini