Inilah Fitur Terbaru Instagram Story, Influencer Wajib Coba!

0
58
fitur terbaru instagram story
Source: https://www.instagram.com/creators/

Seperti yang sudah dibahas di berbagai artikel Allstars, selalu ada hal baru dari Instagram untuk memaksimalkan pembuatan konten di media sosial yang satu ini. Kebaruan di sini adalah lewat fitur-fitur yang bisa digunakan untuk ‘memoles’ konten yang akan di-posting. Salah satu fitur terbaru Instagram yang paling hype di antara para pengguna dan influencer Instagram saat ini adalah reels

Kehadiran Reels di Instagram

Fitur yang satu ini memang kerap disamakan dengan TikTok, namun tetap saja ada perbedaan terutama pada fitur pendukung dan audiens-nya. Keduanya sama-sama bersaing untuk memberikan experience yang menarik bagi para penggunanya.

Baru-baru ini, Instagram memperbarui fitur reels dengan menambahkan fitur text-to-speech. Fitur yang satu ini sudah ada sebelumnya di TikTok. Seolah tak ingin kalah dari TikTok, akhirnya Instagram merilis pula fitur yang punya manfaat tak hanya untuk kreator konten, namun juga orang-orang yang memiliki disabilitas.

Lalu, bagaimana cara menggunakan dan apa manfaat fitur ini bagi para pengguna Instagram? Simak penjelasannya, yuk!

Fitur Baru Text-to-Speech

Mudahnya, text-to-speech adalah fitur yang memungkinkan untuk mengkonversi tulisan atau teks menjadi audio dengan suara buatan atau pilihan suara yang telah disediakan jika mereka tidak ingin menggunakan suaranya sendiri. Dengan adanya fitur ini, diharapkan kreativitas para pengguna Instagram dalam pembuatan konten akan semakin bertambah. Lebih spesifiknya, fitur ini terutama akan memudahkan tunanetra untuk memaksimalkan menikmati konten yang tersedia. 

Hadirnya fitur ini tentu disambut dengan baik oleh para pengguna Instagram. Berbagai ide baru bermunculan, karena selain ‘memangkas’ proses untuk memasukkan speech, menggunakan suara dari sound bank yang tersedia menjadi daya tarik tersendiri bagi para audiens Instagram. 

Sampai saat ini, Instagram menyediakan lima opsi efek suara, yaitu:

  1. Announcer
  2. Suara chipmunk karena terkena helium
  3. Nada besar seperti raksasa
  4. Suara robot, dan
  5. Suara yang bernada ala seorang vokalis. 

Sebagian besar konten yang menggunakan fitur satu ini memang akan menjadi konten komedi atau yang bersifat tutorial, namun beda artinya dengan tunanetra yang membutuhkan bantuan audio untuk menikmati konten yang ada atau tunawicara yang ingin membuat konten dengan tambahan audio sebagai pelengkap informasi. Hingga akhirnya, fitur yang satu ini menuai banyak pujian dari para pengguna Instagram.

Cara Menggunakan Fitur Text To Speech

Untuk menggunakan fitur text-to-speech, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Memiliki Instagram versi terbaru. Kamu bisa meng-update-nya lewat Playstore atau Apple Store untuk melakukan upgrade. Jika sudah mendapatkan versi terbarunya, kemudian buka aplikasi Instagram
  2. Pilih opsi Reels
  3. Buka kamera untuk merekam video atau unggah video yang sudah kamu siapkan dari galeri smartphone-mu
  4. Pilih Text dan tambahkan tulisan pada video. Kamu bisa menuliskan langsung pada pilihan ini atau menyalin dari teks yang sudah kamu siapkan sebelumnya dari aplikasi seperti notepad 
  5. Highlight bubble teks yang sudah kamu buat, lalu pilih menu titik tiga pada stiker teks, pilih “Text-to-Speech”
  6. Pilih jenis suara dari opsi yang tersedia
  7. Setelah melakukan review, kamu bisa langsung memublikasikan video tersebut jika hasilnya sudah sesuai dengan yang kamu inginkan

Itulah langkah-langkah yang diperlukan dalam menggunakan fitur texttospeech untuk menghasilkan konten reels yang lebih menarik. Tentu Instagram tak akan berhenti sampai di sini. Akan ada banyak fitur menarik lainnya yang bisa mengembangkan kreativitas penggunanya dalam pembuatan konten sehingga Instagram akan menjadi tempat untuk mencari inspirasi berkarya.
Simak informasi menarik seputar media sosial hanya di blog Allstars dan Instagram Allstars, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini