Artikel Gimana sih Algoritma Youtube itu Bekerja? Baca Selengkapnya!

Gimana sih Algoritma Youtube itu Bekerja? Baca Selengkapnya!

0

Bicara soal performa sebuah konten video di YouTube, tidak bisa lepas dari yang namanya algoritma. Dengan menggunakan algoritma yang tepat, jumlah viewers, subscribers, dan tujuan dari video bisa tercapai dengan baik. Walau algoritma YouTube adalah hal yang sifatnya teknis, menguasai hal ini adalah hal yang wajib, terutama bagi para kreator konten dan marketers

Apa sih Algoritma YouTube itu?

Mudahnya, algoritma YouTube adalah sistem yang memungkinkan penyajian video yang menyesuaikan minat tiap penonton secara real time. Setidaknya ada video-video yang jika ditotal berdurasi hingga 500 jam yang diunggah setiap menitnya di YouTube. 

Lewat algoritma, kita bisa menemukan video yang yang tepat di antara banyaknya video yang terunggah karena telah disortir secara otomatis. Misalnya, kamu memiliki minat pada otomotif, dengan adanya algoritma YouTube kamu akan terus ‘terpapar’ video dengan tema otomotif dan hampir tidak mungkin muncul video dengan tema kecantikan yang muncul pada feed YouTube-mu.

Algoritma YouTube mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Tentunya hal ini terjadi karena tingkat kerumitan yang luar biasa terjadi pada sistem YouTube itu sendiri dengan banyaknya jumlah video yang diunggah. Inilah perubahan yang terjadi pada algoritma YouTube:

  • Tahun 2005: Berdasarkan jumlah klik
  • Tahun 2012: Berdasarkan durasi menonton
  • Tahun 2016: Berdasarkan personalisasi konten
  • Tahun 2020: Berdasarkan peraturan pedoman komunitas
  • Tahun 2021: Berdasarkan engagement dan konten anak-anak

Jika diperhatikan, perubahan tersebut terjadi karena makin beragamnya pengguna YouTube yang ada, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Anak-anak saat ini membutuhkan YouTube sebagai sarana belajar dan hiburan yang akhirnya berpengaruh juga pada algoritma YouTube itu sendiri.

Bagaimana Algoritma YouTube Bekerja?

Lalu bagaimana algoritma YouTube bisa bekerja dengan baik sehingga bisa memahami karakteristik dan minat penggunanya? Pihak YouTube sendiri mengklaim memiliki artificial intelegent (AI) yang mampu mempelajari miliaran feedback, interaksi, klik, dan lainnya yang tersebut di atas untuk menciptakan ‘rumus’ yang tepat. 

Tentunya, AI ini mengalami pembaruan yang terus menerus sehingga bisa mengikuti perkembangan yang terjadi. Algoritma YouTube pun bisa menilai apakah sebuah video layak secara kualitas untuk ditayangkan pada targetnya. Jadi bisa dibayangkan, betapa canggihnya sistem yang dimiliki YouTube sehingga bisa menargetkan video yang tepat untuk para audiensnya.

Tips Tambah View Sesuai dengan Algoritma Youtube

Nah, setelah mengetahui tentang algoritma YouTube, ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah viewers pada video yang kamu unggah. Beberapa di antaranya:

1. Mengoptimalkan SEO YouTube (Search Engine Optimization)

Pertama, pelajari apa keyword yang paling banyak digunakan dan relevan dengan konten yang kamu buat. Kamu bisa memaksimalkan hal ini dengan menyematkan kata-kata yang terpilih pada judul dan deskripsi video yang kamu unggah. Misalnya, pada konten video dengan tema foodies banyak yang menggunakan kata ‘enak’, kamu bisa menyertakan kata tersebut untuk menjangkau audiens yang lebih luas

2. Niche Konten

Mencari niche kontenmu menjadi penting agar baik kita sebagai kreator dan audiens bisa fokus pada satu hal. Tentukan hal yang paling relevan dan terutama kamu kuasai untuk menciptakan niche konten yang sesuai serta maksimal

3. Meningkatkan CTR dan View

Meningkatnya jumlah viewers umumnya segera terjadi setelah video diunggah. Hal ini bisa dimaksimalkan dengan mengunggah pada waktu yang tepat dan reguler. Terus menganalisa perkembangan video-video yang ada juga bisa menjadi insight untuk meningkatkan CTR-mu. 

Kamu bisa menggunakan fitur YouTube Short sebagai teaser atas konten yang akan kamu unggah. Hal lain yang bisa dilakukan adalah menyetel pengaturan premiere sehingga para subscribers bisa mengetahui dengan pasti kapan video terbaru di channel-mu akan terunggah

4. Berinteraksi dengan Viewers

Sama halnya dengan platform lainnya, interaksi adalah salah satu kunci sukses untuk menarik dan menahan subscribers. Berinteraksi dengan viewers berarti kita juga menghargai mereka yang telah meluangkan waktunya untuk menyimak konten yang kita sajikan. Selain itu, hal ini akan menarik audiens lain yang belum menjadi subscriber dan selanjutnya akan membuat mereka tertarik untuk mengikutimu

5. Buat Thumbnail yang Menarik

Terakhir, gunakan thumbnail video yang menarik. Karena apa yang paling bisa dilihat langsung oleh audiens saat mengeksplor YouTube adalah thumbnail, hal ini menjadi penting untuk dimaksimalkan. Biasanya cara yang dilakukan adalah menyertakan kalimat atau potongan gambar yang membuat orang lain penasaran. Bisa juga menggunakan kalimat yang lucu, provoking, atau menawarkan hal yang menarik. Pastikan kamu mempelajari penataan  yang tepat agar thumbnail bisa ditampilkan dengan baik, terutama lewat layar perangkat seluler

Tentu akan ada banyak cara lain untuk meningkatkan algoritma YouTube dengan menyesuaikan perkembangan yang terus terjadi. Biar nggak ketinggalan informasi dan tips menarik soal YouTube, pastikan kamu simak terus artikel yang ada di Allstars, yah!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version