Mirip Tiktok? Kenali Lebih Dekat Fitur Baru Instagram Reels

2
12
Instagram Reels

Baru-baru ini Instagram merilis sebuah fitur baru yang membuat para penggunanya heboh dan langsung berlomba-lomba membuat konten lewat fitur ini. Pasti sudah bisa kamu tebak yah? Yup, Instagram Reels adalah fitur terbaru dari Instagram yang memungkinkan penggunanya mengupload video pendek yang kemudian bisa digabungkan dengan berbagai musik pilihan, filter, text, dan lainnya. Durasi video reels bisa mencapai 1 menit, sehingga kamu bisa lebih berkresasi ketimbang menggunakan fitur stories yang hanya berdurasi 15 detik.

Selain hal tersebut di atas, hasil video pengguna fitur reels juga bisa dibagikan di feed-mu sehingga orang yang tidak menjadi followers-mu pun masih bisa melihatnya, tentu saja selama akunmu tidak dikunci. Ini bisa menjadi keuntungan bagi kamu yang ingin meningkatkan jumlah followers, terutama karena saat ini tab reels menjadi favorit banyak pengguna Instagram.

Cara Menggunakan Instagram Reels

Buat kamu yang sudah familiar dengan pengoperasian TikTok, pasti akan mendapatkan kemudahan untuk membuat konten reels. Pasalnya, keduanya bisa dibilang hampir mirip.

Untuk membuat reels, pertama buka kamera Instagram dengan cara slide feed Instagram, yang mana sebelumnya ini adalah shortcut untuk membuat stories. Setelah terbuka, kemudian pilih Reels. Kamu bisa langsung menggunakan tombol rekam untuk membuat video. Untuk pilihan editing tools, kamu bisa menggunakannya  di sisi kiri layar.

Begitu mulai merekan, akan terlihat sudah berapa lama durasi yang terpakai. Hingga artikel ini diturunkan, Instagram telah meng-update durasi maksimal untuk reels saat ini adalah 1 menit. Jika sudah selesai merekam, klik panah di bagian bawah dan video reels-mu sudah siap tayang.

Setelahnya, kamu akan diminta untuk memilih opsi menambahkan teks, memilih gambar sampul, dan menambahkan hashtag. Reels kemudian akan muncul dan disimpan pada tab halaman profil, sama seperti IGTV.

Kamu juga bisa memposting reels sebagai direct message atau mempostingnya menjadi stories yang akan hilang setelah 24 jam.

Untuk menonton video reels pengguna lainnya, kamu bisa langsung klik ikon reels yang berada di tengah bawah. Kamu bisa mengomentari, memberi like, atau langsung mem-follow akun yang reels-nya menarik. Cukup scroll ke bawah untuk terus menyaksikan kreasi reels para pengguna IG lainnya.

Perbedaan Reels dan TikTok

Dari pembuatan hingga menjadi sebuah konten, Instagram Reels memang dibilang sangat mirip dengan TikTok yang lebih dulu memopulerkan video pendek sebagai konten. Walau begitu, tetap saja ada perbedaan di antara keduanya. Yang pertama, tentu saja audiensnya sendiri karena keduanya adalah dua media sosial yang berbeda dan sudah memiliki ‘die hard fans’-nya masing-masing. Konten dengan tema seperti TikTok mungkin tidak akan populer saat dibuat di Instagram Reels, begitu juga sebaliknya. Selanjutnya untuk susunan tab dan editing tools keduanya juga memiliki perbedaan yang signifikan. Jika TikTok menampilkan susunan tab terdiri dari Home, Search, Inbox, dan Profile, untuk reels menampilkan Home, Search, Shop, dan Profile. Sedangkan, untuk editing tools TikTok ada Filters, Voice Effects, Voice Over, Trim, Volume, Sounds, Effects, Text, dan Stickers. Untuk reels terdiri dari Audio Controls, Voice Over, Filters, Stickers, Brush, dan Text.

Terakhir, bagaimana cara memaksimalkan penggunan reels agar bisa mendatangkan banyak interaksi dari konten yang sudah kita buat? Sebenarnya mudah saja. Bagian explore reels yang tersedia sebenarnya mirip dengan FYP yang dimiliki TikTok. Dari situ, kamu bisa mempelajari jenis konten hingga penggunaan hashtag yang populer. Biasanya jika ada satu jenis konten yang tengah hits, konten dengan jenis tersebut akan terlihat berulang-ulang di bagian explore. Kamu juga perlu konsistensi dalam pembuatan konten agar para followers baru tidak merasa kamu hanya sekadar mencoba-coba reels, padahal bisa jadi reels yang sudah kamu buat yang menarik perhatian mereka hingga akhirnya mem-follow akun Instagrammu.

Gimana, sudah jelas kan bedanya Instagram Reels dan TikTok? Tentukan saja mana yang paling sesuai dengan gayamu dan selamat berkarya ya!

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini