Tips Memilih Angle Untuk Menghasilkan Foto Ala Selebgram

0
8
Tips Memilih Angle Untuk Menghasilkan Foto Ala Selebgram

Pernah terpikir apa sih yang membuat feed Instagram para selebgram terlihat menarik? Jika jawabanmu kebanyakan dari mereka selalu mem-posting foto dengan kualitas yang baik dan enak dilihat, hal itu yang jadi salah satu faktor utama. Mungkin juga sebagian dari kita berpikir jika untuk menghasilkan foto ala selebgram, kita butuh perangkat atau minimal gadget memadai yang harganya bisa dibilang tidak murah. Padahal belum tentu juga! Salah satu hal yang bisa memengaruhi hasil fotomu adalah angle. Dengan memilih angle yang tepat, kamu bisa menghasilkan foto yang maksimal dan tentunya bisa menarik para followers baru untuk mengikutimu.

Nah, kali ini Allstars akan membahas cara memilih angle yang tepat untuk menghasilkan foto ala selebgram dan beberapa tips lainnya. Simak yuk!

Tentukan Point of Interest (POI)

Point of interest adalah inti dari sebuah foto, yang artinya hasil fotomu akan bercerita tergantung dari fokus visual yang paling tersampaikan dengan jelas. Contoh mudahnya, jika kamu ingin fokus pada outfit yang kamu pakai, pastikan background yang ada tidak mendistraksi, baik dari warna yang bertabrakan atau properti yang terlalu ramai. Untuk hal ini kamu bisa menggunakan teknik blur untuk memastikan apa yang ingin kamu perlihatkan bisa terlihat dengan jelas. Selain itu, masih banyak lagi titik yang bisa jadi POI-mu. Yang paling penting kamu sudah punya konsep yang matang sebelum mulai melakukan photo session supaya hasilnya sesuai keinginanmu.

Memilih Sudut Terbaik dari Wajah

Nah, yang satu ini juga punya andil besar untuk hasil foto yang baik, terutama jika foto yang ingin kamu posting adalah close up wajah. Kamu bisa mencari angle terbaik wajahmu dengan cara bercermin. Ada yang terlihat makin menarik saat menghadap kanan, kiri, atau dari sudut lainnya. Kamu bisa minta pendapat orang lain saat akan memilih sudut wajahmu. Melihat angle wajah yang dipilih para selebgram juga bisa membantu sebagai referensi. 

Memanfaatkan cahaya alami

Bagi sebagian selebgram atau kreator konten, pasti sudah familiar dengan ring light yang memang biasanya digunakan saat pembuatan konten. Nah, selain menggunakan ring light sebenarnya ada cara lain yang bisa memberikan hasil maksimal sekaligus natural, yaitu dengan memanfaatkan cahaya matahari. Dibandingkan dengan ring light yang lebih dibutuhkan di ruang tertutup, jika kamu akan melakukan photo session di luar, tentu cahaya matahari alami adalah yang terbaik. Pastikan kamu memilih waktu dan angle yang tepat, misalnya untuk pose sun kissed look, pasti bakal maksimal deh hasil fotomu.

Eye Level Angle

Yang berikutnya adalah menentukan angle berdasarkan mata yang melihat. Ada beberapa angle yang bisa dipilih dari kategori ini: high level, eye level, dan low level. Low angle misalnya, sering digunakan terutama untuk objek yang diam seperti benda atau properti tertentu, sehingga sang fotografer bisa duduk agar stabil saat menangkap objek. Eye level juga agak mirip dengan low level, hanya saja objek yang ditangkap adalah mahkluk hidup sehingga fotografer harus menyesuaikan tinggi dari objek tersebut agar mendapatkan hasil yang centered dan tidak menimbulkan blank spot (kecuali jika dibutuhkan).

Background Yang Mengoptimalkan Hasil Foto

Yang terakhir ini juga punya peran penting, yaitu memilih background yang tepat. Menyambung dari bagian POI, jika background dari fotomu yang akan menjadi ‘ceritanya’, maka pastikan kamu menggunakan outfit yang tidak terlalu mencolok dan warnanya tidak bertabrakan dengan background yang ada. Untuk angle yang satu ini biasanya jika foto yang akan diambil bertempat di destinasi wisata dengan pemandangan yang indah sampai dengan kafe dengan suasana yang estetik.
Memilih angle yang tepat sebenarnya adalah hal yang mudah selama kamu memiliki konsep yang kuat dan sudah melakukan trial and error untuk mencari tahu mana angle terbaik yang bisa digunakan untuk fotomu. Jika sudah mendapatkan hasilnya, perhatikan juga penyajiannya di feed Instagram-mu nantinya, misalnya apakah warnanya senada dengan foto-foto lainnya, apakah temanya sama, dan sebagainya sehingga para followers akan merasa nyaman untuk menyimak feed-mu. Selamat mencoba ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini