Hari gini perlu belajar Social Media Marketing?

0
5
Social Media Marketing

Social media marketing menjadi salah satu dari berbagai jenis strategi marketing yang makin banyak digunakan dewasa ini. Mudahnya, strategi marketing jenis ini memanfaatkan peran media sosial dalam prosesnya. Kenapa harus media sosial? Seperti yang kita sama-sama tahu, kebanyakan dari kita hampir tidak bisa lepas dari yang namanya media sosial. Makanya, jalur ini bisa menjadi strategi yang tepat dalam menjaring market. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan social media marketing, karena lebih efisien jika dibandingkan dengan metode marketing konvensional.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan social media strategy mulai dari memahami audiens, platform yang akan digunakan, hingga berapa budget yang akan digunakan. Untuk mempelajarinya sendiri sebenarnya sangat mudah karena selain banyak di antara orang terdekat kita yang mana adalah pengguna media sosial, tren yang tengah terjadi biasanya jelas terlihat. Jadi kamu memaksimalkan hal-hal tersebut untuk hasil yang optimal.

Dari penelitian yang dilakukan, tercatat lebih dari 4 miliar orang di dunia menggunakan media sosial. Dari jumlah penggunanya saja sebenarnya sudah terjelaskan kenapa social media marketing menjadi hal yang penting. Namun, ada beberapa hal lainnya yang makin membuatnya semakin penting untuk dipelajari dan digunakan, terutama untuk mereka yang bergelut dengan dunia marketing.

Manfaat Social Media Marketing

Meningkatkan Brand Awareness

Pernah terpapar dengan sebuah iklan saat sedang iseng scrolling atau hendak menonton streaming? Lewat penempatan dan waktu yang tepat, sebuah ads atau iklan, baik berupa video atau visual, bisa menjaring minat audiens. Paling tidak sampai pada tahap mengetahui adanya produk yang sedang dipasarkan. Lewat hal ini, tentu hanya masalah waktu saja ketika awareness berubah menjadi minat dan berujung sales.

Mendapatkan Insight Secara Langsung

Mungkin satu hal yang susah didapatkan saat menjalani metode pemasaran konvensional adalah bisa mendapatkan feedback secara langsung atau paling tidak tanpa aktivitas yang memakan waktu, seperti survey misalnya. Lewat kolom komentar atau semudah melihat jumlah likes saja, ada banyak hal yang bisa menjadi bahan improvisasi dan pengembangan produk ke depannya. Misalnya, kamu bisa langsung tahu produk apa yang mendapatkan respon positif atau sebaliknya pada masyarakat. Tentu, hanya melihat hal-hal itu saja tidak berarti kamu akan melewatkan proses lainnya, tapi paling tidak kamu sudah memiliki ‘bekal’ untuk tindakan selanjutnya.

Melihat Kondisi Pasar

Selain melihat kondisi pengguna produkmu, kamu juga bisa melihat kondisi yang lebih luas lagi, yaitu kondisi pasar yang menjadi target penjulanmu. Bahkan, kamu bisa dengan mudah memonitor kompetitor secara langsung. Bagaimana tidak, dengan melihat laman atau profil kompetitor saja, kamu bisa mendapatkan insight supaya produk yang kamu pasarkan bisa memiliki sisi uniknya dibanding produk serupa lainnya. Kamu juga bisa tahu apakah saat ini kondisinya memungkinkan untuk melakukan penjualan, misalnya saja tren saat pandemi baru saja terjadi tentu akan berubah setelah beberapa waktu kemudian.

Teknik Marketing Lewat Social Media

Untuk lebih memahami social media marketing ini memang butuh banyak referensi dan lebih baik lagi belajar langsung dari ahlinya, karena hal ini tidak atau belum masuk sebagai kurikulum di bangku sekolah atau kuliah.

Tak hanya itu, untuk lebih memahami jenis marketing ini, kamu harus aktif di media sosial. Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, kamu bisa melihat kebiasaan orang-orang, waktu aktifnya, dan lainnya yang memungkinkanmu untuk membuat konten seperti apa yang bisa menarik perhatian audiens. Karena mudahnya, memahami social media marketing artinya harus memahami social media itu sendiri. Terus simak artikel dari Allstars untuk mendapatkan informasi seputar media sosial dan hal yang berkaitan dengannya, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini