Tidak Hanya Menulis, Ini Skill Yang Dibutuhkan Para Blogger Jaman Now!

1
322
menulis blog

Menulis adalah skill dasar yang dimiliki hampir seluruh orang. Kegiatan menulis juga tidak lepas dari keseharian kita. Walau mungkin, saat ini banyak di antara kita yang lebih sering menulis lewat keyboard ketimbang menggunakan alat tulis. Nah, ada juga orang yang memang mengkhususkan diri menjadi seorang penulis sebagai profesi. Mulai dari penulis buku, jurnalis, dan yang sedang banyak diminati sekarang ini, blogger.

Menulis sebagai blogger punya keistimewaan sendiri, kita punya kebebasan untuk mengungkapkan apa yang ada di kepala, dari gagasan hingga tujuan untuk mengubah mindset orang yang membacanya. Mungkin banyak yang berpikir bahwa menjadi blogger itu mudah, ‘Ah, tinggal nulis aja, apa susahnya sih?’. Tapi, nyatanya untuk menjadi seorang blogger yang sukses, skill yang dimiliki tak hanya bisa menulis saja. Ada skill lain yang harus dikuasai demi mendapatkan view dari tulisan yang dibuat. Karena apalah artinya sebuah karya yang bagus tanpa audiens, bukan?

Sekiranya kalian tau? apa yang harus di hindari saat menjadi blogger

Kita pelajari bersama yuk, skill selain menulis yang perlu dikuasai oleh seorang blogger.

Memahami Pemrograman Web

Pada dasarnya, sebuah blog adalah aplikasi berbasis website yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman web. Fungsinya mulai dari menentukan desain blog, tata letak, sampai dengan pemilihan jenis font dan ukurannya. Nah, makanya penting banget nih untuk lebih memahami pemrograman web ini. Ini beberapa bahasa pemrograman yang harus kamu ketahui dan kuasai:

HTML (HyperText Markup Language)

HTML

Adalah bahasa pemrograman yang paling standar untuk digunakan dalam membuat sebuah halaman web. HTML terdiri dari kumpulan perintah yang terstruktur dalam bentuk tag yang mudah diingat. Fungsi HTML sendiri adalah menampilkan informasi di dalam website dan menghubungkan ke website lain menggunakan link yang sudah diberi kode tertentu. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang HTML dengan browsing dan mencari penjelasan para expert

CSS (Cascading Style Sheet)

css

Setelah menguasai HTML, selanjutnya yang perlu dikuasai adalah CSS. Jika HTML berfungsi untuk membangun web, CSS berfungsi untuk mendesainnya. CSS punya peran penting mulai dari tata letak, memilih background, dan sebagainya. Untuk mencari tahu perintah-perintah yang bisa kamu jalankan dengan CSS, kamu cukup melihat instruksi yang ada di dalam laman blog atau kamu bisa menguliknya lewat video dan artikel para blogger yang sudah eksis

Yakin kalian gamau tau perihal menjadi seorang blogger yang handal ?

Selalu Belajar Hal Baru

update informasi terbaru

Yang nggak kalah penting adalah selalu update hal baru agar konten yang kamu tulis tidak ketinggalan dengan apa yang pembaca blogmu butuhkan. Sebuah konten yang baik adalah yang bisa memberikan informasi, terutama atas apa yang dibutuhkan oleh pembaca. Nah, yang bisa kamu lakukan adalah mulai rajin membaca berbagai artikel, mencari tahu tren atau berita terbaru, dan tentunya banyak berdiskusi dengan kenalan atau expert di bidang yang sama. 

Memahami Search Engine Optimization (SEO)

SEO

Yang tak kalah pentingnya untuk kamu kuasai nih, apa lagi di ranah digital, Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO. Kita pasti ingin blog atau artikel yang kita buat masuk di daftar pertama pada laman pencarian, yang mana berujung dengan kunjungan audiens yang ramai. Nah, hal ini sangat dipengaruhi oleh caramu me-manage  SEO dari laman yang kamu buat. Banyak hal terkait SEO yang bisa kamu pelajari, mulai dari pemilihan keyword sampai judul. SEO dalam blog juga terbagi dua, yaitu on page dan off page. On page artinya mengoptimalkan pencarian di web atau blog itu sendiri, sedangkan off page artinya mengoptimalkan pencarian di luar web, misalnya menggunakan backlink. Sekali lagi, ‘kompetisi’ SEO ini penting karena dimaksudkan agar orang bisa dengan mudah menemukan blog kita dan nantinya akan mengundang banyak audiens.

Kepoin yuk, beberapa poin yang kalian harus waspadai ketika menjadi seorang blogger

Yang paling utama dalam pengembangan blog-mu adalah kamu tahu betul arah ke mana blog-mu akan menuju. Apa yang menjadi konten di dalam blog-mu adalah sesuatu yang benar-benar kamu sukai dan kuasai. Dengan begitu, isi konten yang ada akan menjadi optimal dan menarik perhatian audiens yang membacanya. Jangan lupa untuk terus belajar dan simak hal baru yah!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini