Tingkatkan Engagement Instagram Kamu dengan Cara Ini!

0
856
engagement instagram

Apa sih yang terlintas pertama kali saat kamu dengar kata engagement di Instagram? Komentar dalam post kamu? Atau berapa banyak orang yang follow kamu? Ternyata, engagement gak hanya sekedar itu loh! Instagram engagement merupakan keterlibatan, ketertarikan dan interaksi dari followers terhadap foto, video, Instagram stories dan segala konten yang kamu bagikan di Instagram.

Perlu diketahui, kalau engagement yang baik berpengaruh banget loh sama perkembangan akun Instagram dan pemasaran bisnis online. Dengan menjaga engagement yang baik, pastinya followers akan merasa adanya hubungan yang lebih personal dengan kamu. Mereka akan merasa lebih diperhatikan terhadap apa yang mereka butuhkan melalui interaksi yang terjadi. Gak heran kalau engagement yang baik merupakan tujuan utama dari banyak pengusaha yang memasarkan bisnisnya di Instagram.

Baca juga: Apa artinya penghapusan suka Instagram untuk Influencer Marketing.

Dengan algoritma Instagram yang super canggih dan banyaknya bisnis kreatif yang saling berkompetisi, mempertahankan engagement yang baik di Instagram bisa dibilang susah-susah gampang. Tapi jangan khawatir! Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan Instagram engagement:

Konsisten Itu Penting!

Tantangan paling besar buat menjalankan bisnis di Instagram adalah untuk membuat followers menjadi terikat terhadap konten Instagram kamu. Cara yang tepat untuk menjaga keterikatan followers adalah dengan membagikan konten secara reguler. Hal ini memperlihatkan followers kalau kamu serius dan berkomitmen dalam menjalankan bisnis pada Instagram kamu. Selain itu, followers kamu akan terbiasa untuk melakukan interaksi dengan konten kamu secara reguler. Hal ini turut membantu untuk menjalin hubungan baik dengan followers, sejalan dengan peningkatan engagement Instagram. Tips: kamu bisa memanfaatkan Google Calendar sebagai platform untuk perencanaan dan penjadwalan dari konten yang mau kamu bagikan.

konsistensi

Bikin Instagram Stories

Setiap kamu membagikan konten Instagram Stories, gambar profil Instagram kamu akan dilingkari warna merah untuk menandakan followers kamu kalau ada konten baru. Dengan membagikan Instagram Stories setiap hari, sama saja kamu menyajikan konten yang fresh dan baru. Hal ini mengundang rasa ingin tahu followers terhadap konten yang update, sehingga mereka terbiasa untuk melihat aktivitas Instagram kamu. Tentunya, hal ini turut membantu meningkatkan engagement. Tips: coba kategorisasikan konten Instagram anda dalam fitur Stories Highlight dengan judul yang menarik. Hal ini memudahkan followers untuk melihat konten mana yang paling mereka sukai.

instagram stories

Jangan Lupa Balas Komentar Followers Kamu!

Hal ini menjadi penting untuk mempertahankan komunikasi sama followers, juga mendorong konten kamu untuk berada di posisi teratas dalam Home Instagram. Semakin banyak respon pada konten, Instagram akan mendeteksi konten kamu sebagai konten yang bernilai dan menarik bagi followers. Jadi, jangan ragu untuk segera membalas komentar yang ada pada konten kamu. Tips: balas dengan tag akun Instagram followers yang memberikan komentar, sehingga mereka akan mendapatkan notifikasi.

komentari followers

Posting di Waktu Yang Tepat

Apa kamu tahu waktu yang tepat untuk posting di Instagram kamu? Kalau belum, sekarang saatnya kamu untuk cari tahu. Waktu yang tepat untuk membagikan konten pada dasarnya adalah saat dimana followers paling banyak aktif di Instagram. Kamu bisa cari tahu dengan mencoba untuk membagikan konten di waktu yang berbeda-beda. Dari sini kamu dapat memonitor mana konten yang memiliki respon paling banyak. Jika anda menggunakan akun Instagram bisnis, kamu bisa aktivitas tertinggi followers pada Audiens di data analitik Instagram. Tips: setelah menemukan waktu yang tepat, pastikan kamu posting konten secara konsisten di waktu tersebut.

followers prime time

Dengan melakukan hal-hal tersebut, engagement dari Instagram kamu dapat berangsur meningkat. Selain itu, hal ini turut membuat followers terikat dengan konten kamu, bahkan mengundang followers baru pada akun Instagram kamu.

Kalau kamu sudah menjalankan hal-hal di atas, berarti kamu cocok untuk menjadi seorang influencer. Segera bergabung dengan jaringan influencer Allstars.id, dan kamu langsung memiliki kesempatan untuk bekerja bersama dengan pebisnis yang mencari influencer untuk promosi brand mereka. Bersama Allstars, semua bisa jadi influencer!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini