Ingin Tahu Keberhasilan Instagram Campaign-mu? Simak Indikatornya

0
59
ilustrasi applikasi instagram

Jika ditanya ke beberapa orang, apakah mereka memiliki akun Instagram, mungkin sebagian besar atau bahkan mereka semua memilikinya. Yup, Instagram kini menjadi salah satu media sosial dengan pengguna paling banyak. Penggunanya dimungkinkan untuk berbagi konten visual, mulai dari foto hingga video yang bisa dimaksimalkan dengan filter serta effects yang tersedia. Melihat hal ini, banyak brand yang tentu tidak menyia-nyiakannya. Banyak Instagram campaign demi mencapai jangkauan audiens yang banyak serta beragam.

Untuk lebih jelasnya, kenapa sih Instagram bisa begitu ‘memikat’ para marketers untuk membuat campaign di media sosial tersebut? Simak selengkapnya!

4 Alasan Instagram Menjadi Favorit Platform Bagi Brand

  1. Fokus pada konten visual

Platform yang fokus pada konten visual ciptaan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini telah menjadi favorit para pengguna media sosial bahkan sejak pertama dirilis. Di bulan pertama, Instagram sukses mendapatkan 1 juta pengguna. Kemudian di satu tahun berikutnya, Instagram mendapatkan 10 juta pengguna dan kini digadang-gadang sudah memiliki kurang lebih 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Tidak dipungut biaya

Instagram bisa diunduh secara gratis, tanpa ada biaya update atau add on lainnya. Serta bisa digunakan di perangkat Android maupun iOS, bahkan kini banyak hal yang bisa dilakukan lewat PC atau laptop

Memiliki fitur yang lengkap

Dengan segala fitur yang ada dan berpotensi masih banyak pengembangannya, Instagram adalah all in one application. Hal ini memudahkan penggunanya untuk tidak menggunakan banyak aplikasi saat akan mengunggah kontennya

Mendukung kegiatan bisnis

Hal yang baru-baru ini dikembangkan adalah tersedianya fitur Instagram Shopping yang bisa mendukung bisnis. Hal ini disambut dengan antusias oleh banyak pelaku bisnis, mulai dari e-commerce hingga online shop pribadi, karena lewat fitur ini pengguna bisa secara direct menjual barangnya

Nah, setelah mengetahui kenapa Instagram akhirnya menjadi favorit banyak brand serta pelaku bisnis untuk membuat campaign, kita cari tahu, apa sih yang menjadi indikator jika sebuah Instagram campaign itu berhasil berikut ini!

Indikator Keberhasilan Sebuah Instagram Campaign

Adanya peningkatan reach

Tingginya reach organik sebuah akun Instagram bisa diperoleh dari banyaknya like, comment, followers, dan tagging. Inilah mengapa banyak activity yang dijalankan dalam sebuah campaign di Instagram demi meraih hal tersebut. Beberapa activity yang bisa dilakukan misalnya, membuat challenge berhadiah yang mengharuskan para followers untuk menyertakan temannya atau membagikan post tersebut di semua aset media sosialnya. Hal lain yang kerap dilakukan adalah membuat giveaway yang mengharuskan followers memberikan likes, meninggalkan komentar, serta menandai teman-temannya. Semakin besar atau menarik hadiah yang ditawarkan, tentu akan semakin tinggi pula reach yang bisa didapatkan

Tingginya engagement rate 

Indikasi sebuah post menarik bagi followers adalah dengan adanya banyak interaksi di dalamnya. Semakin banyak komentar yang ditulis akan menunjukkan bahwa konten tersebut disukai oleh para followers. Hal inilah yang bisa menjadi acuan untuk pembuatan konten selanjutnya. Kamu bisa melihat jenis konten seperti apa yang paling tinggi engagement rate-nya, lalu bisa membuat konten yang serupa untuk selanjutnya. Ada banyak tools yang bisa dipakai untuk menghitung dan mencari tahu konten dengan engagement rate tertinggi

Jumlah klik

Salah satu elemen yang bisa dimaksimalkan pada Instagram adalah bio atau pengenalan akun yang kamu jalankan. Pada segmen tersebut, kamu bisa mencantumkan tautan seperti laman website, link yang mengarah pada direct contact seperti WhatsApp dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan tujuanmu. Hal ini tentu bisa dimaksimalkan dengan call to action di setiap post untuk mengecek atau mengunjungi langsung tautan yang dimaksud jika ingin mengetahui lebih banyak informasi terkait hal yang sedang dipromosikan. Semakin tinggi minat audiens, tentu jumlah klik pada tautan tersebut akan makin tinggi.

Komunikasi

Lewat akun Instagram yang kamu jalankan, kamu bisa berkomunikasi secara langsung dengan para audiens. Komunikasi tersebut bisa terjalin dari kolom komentar maupun direct message. Oleh karena itu, jika komunikasi dikelola dengan baik, maka antusiasme para audiens pun akan meningkat pula karena merasa apa yang mereka ingin ketahui dapat terjawab dan berujung pada ketertarikan akan produk atau hal yang tengah dipromosikan. Hal inilah yang nantinya bisa meningkatkan keberhasilan sebuah campaign.

Brand awareness

Dengan membuat konten yang tepat, tentunya sesuai dengan persepsi produk atau brand, diikuti dengan penggunaan hashtag yang tepat pula, akan memacu peningkatan brand awareness. Terlebih jika produk yang dipasarkan memiliki banyak kompetitor, maka keunikan ini yang perlu ‘dikuasai’ untuk lebih bisa memikat audiens. Makin banyak orang yang sadar akan kehadiran produk, makin sukses pula campaign yang tengah dijalankan.

Terlepas dari hal-hal di atas, selalu aware dengan tren terbaru juga bisa membantu keberhasilan campaign di Instagram, yang tentunya harus disesuaikan dengan persepsi produk atau brand, ya! Nah, simak terus Allstars untuk tahu lebih banyak soal Instagram beserta tips & trick untuk memaksimalkannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini