Yuk, Kenalan Lebih Lanjut dengan Fitur TikTop Shop!

0
966
fitur baru tiktok shop

Buat kamu para pengguna TikTok, pernahkah melihat ikon keranjang kuning di sebuah post? Mungkin banyak dari kamu yang sudah tahu apa itu, namun buat kamu yang belum mengetahuinya, ikon tersebut adalah ikon TikTok Shop. Yup, Aplikasi berbagi video pendek ini telah mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi ke ranah e-commerce dengan merilis fitur TikTok Shop. Fitur ini bisa digunakan di Indonesia sejak bulan April 2021.

Sesuai namanya, lewat fitur TikTok Shop para penggunanya bisa melakukan jual beli secara online, langsung di TikTok tanpa harus membuka aplikasi lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan fitur Facebook Shop atau Instagram Shoping yang mengharuskan penggunanya menuju ke website tertentu untuk melakukan transaksi. Jadi bisa dibilang, TikTok Shop adalah marketplace yang hanya ada di dalam aplikasi TikTok. Mulai dari transaksi, chatting dengan seller, sampai dengan proses pembayaran, semuanya dilakukan di dalam aplikasi video singkat ini. Praktis banget ya!

Dengan adanya fitur ini, jumlah pengguna TikTok mengalami kenaikan yang signifikan karena dengan tambahan fitur multifungsi ini juga menarik perhatian nama-nama besar e-commerce seperti Tokopedia dan JD.ID untuk bergabung di dalamnya. Tentu saja hal ini diikuti dengan berbagai macam promo menarik seperti potongan harga, gratis biaya ongkos kirim, sampai dengan limited sale yang hanya dilakukan di TikTok Shop.

Cara Membuat Akun TikTok Shop

Nah, jika kamu ingin mulai menjual sesuatu lewat fitur TikTok Shop, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Mendaftarkan Akun Untuk Menggunakan TikTok Shop

Yang pertama adalah daftarkan akun kamu untuk menjadi akun TikTok Shop Seller. Kamu diharuskan mengisi beberapa informasi terkait data pribadi. Beberapa data yang harus dimasukkan mulai dari alamat, nomor telepon, alamat email, dan detail lainnya. Data yang sudah kamu masukkan, selanjutnya akan melewati proses verifikasi dari pihak TikTok untuk menuju proses selanjutnya.

  1. Masukkan Informasi Bisnis Yang Dijalankan

Selanjutnya, masukkan data bisnis seperti nama online shop, lokasi toko fisik (jika ada), jenis bisnis yang dijalani, informasi produk yang akan dijual, dan lain sebagainya. Hal ini diperlukan supaya calon konsumen nantinya bisa mencari barang yang sesuai keinginan mereka dan dengan data yang lengkap, hasil pencarian bisa mengarah ke akun TikTok Shop-mu. 

Selain itu, untuk mendapatkan kepercayaan lebih dari calon konsumen, informasi yang lengkap akan memudahkan mereka untuk mengingat dan menambah kepercayaan untuk melakukan transaksi dengan tokomu.

  1. Registrasi Bisnis

Yang terakhir adalah mengisi informasi tentang registrasi bisnis dan kaitan yang lainnya untuk menyelesaikan proses verifikasi TikTok Shop-mu dengan pihak TikTok. Pihak TikTok akan langsung menghubungi, jika akun TikTok Shop-mu sudah terverifikasi. Selanjutnya, kamu bisa mulai melakukan penjualan lewat akun yang sudah kamu buat.

Cara Berbelanja Lewat TikTok Shop

Setelah mengetahui cara mengaktifkan akun TikTok Shop, selanjutnya adalah langkah-langkah untuk melakukan pembelian. Ini dia caranya: 

  1. Pertama, kunjungi akun toko resmi dari produk yang ingin kamu beli. Lalu, klik ikon “Shop” yang muncul di halaman utama “Profile“.
  2. Setelahnya, etalase produk dari toko tersebut akan muncul dan kamu bisa langsung memilih barang apa yang ingin dibeli. Scroll layar ke bawah untuk mencari produk yang diinginkan sambil melihat produk lainnya yang ditawarkan. 
  3. Jika sudah memilih produk yang ingin dibeli, klik “Buy Now” yang ada di pojok kanan bawah. Isi alamat lengkap berikut barang yang akan di-order di laman “Order Summary“.
  4. Pilih metode pembayaran yang akan digunakan. Ada beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih, mulai dari Ovo, GoPay, direct transfer, sampai dengan pembayaran di mini market. 
  5. Selamat, kamu berhasil melakukan pembelian!

Dengan adanya fitur TikTok Shop ini, selain menjadi media untuk hiburan, dengan melakukan jual beli harapannya bisa mengangkat usaha para masyarakat, khususnya yang terdampak pandemi. Tetap dukung pasar lokal yah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini