Artikel Tips Mudah Buat Konten IG Reels untuk Pemula

Tips Mudah Buat Konten IG Reels untuk Pemula

0

Instagram Reels hingga saat ini menciptakan banyak kreasi video singkat yang kreatif dari para kreator. Berbagai tema baru muncul setiap harinya dan menghiasi lini masa Instagram. Mulai dari konten musically, hingga video editing yang keren bisa kamu temui di fitur video pendek yang satu ini. Walau sering kali dikatakan mirip dengan TikTok, namun Instagram Reels memiliki ‘pasarnya’ sendiri, sehingga ada yang membedakan, terutama dalam hal produksi konten IG Reels. Butuh effort lebih untuk menciptakan video yang bisa menarik perhatian banyak orang, di samping mengikuti tren yang ada, misalnya penggunaan lagu yang tengah hits.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih soal konten IG Reels seperti apa yang bisa menarik perhatian audiens, Allstars akan memberikan tips yang mudah untuk dilakukan dalam pembuatan video Reels. Gimana caranya? Simak yuk di bawah ini.

Tips & Trik Sederhana Membuat Video Instagram Reels

Menentukan tujuan dibuatnya Reels

Sampai saat ini Instagram telah memperbarui sistem Reels sehingga kita bisa membuat video berdurasi hingga 1 menit. Dengan adanya waktu yang makin banyak ini, kamu bisa makin bermain-main dengan tools yang tersedia di fitur ini. 

Hal pertama yang penting untuk dipahami adalah apa tujuan kamu membuat video Reels tersebut. Apakah sifatnya hiburan, edukasi, atau memperlihatkan skill editing-mu. Setelah memiliki rencana yang matang, kamu bisa membuat storyboard sederhana agar Reels yang dibuat nantinya tidak jauh dari konsep awal yang sudah kamu rencanakan. 

Membuat konten yang berinteraksi sekaligus menginspirasi

Mudahnya, konten yang bisa mendapatkan perhatian banyak audiens adalah konten yang memiliki interaksi. Salah satunya adalah membuat Reels yang sifatnya memberikan challenge. Kamu bisa membuat challenge yang mudah diikuti oleh audiensmu dan lebih baik lagi bisa menginspirasi mereka. 
Misalnya saja kamu memberikan challenge olahraga 5 menit tiap hari dan pastikan kamu membuat hashtag unik agar bisa melihat apakah challenge yang kamu buat diikuti oleh orang-orang.

Jadilah unik!

Membuat hal yang baru menjadi tren atau menjadi trendsetter bukan hal yang mudah. Karenanya, kamu bisa melatih hal ini dengan membuat konten sesuai dengan tren yang ada dan mengemasnya kembali dengan caramu sendiri. 

Dengan memiliki pemikiran seperti ini, nantinya apa pun konten yang kamu buat walau punya topik yang berbeda akan mudah dikenali oleh audiens karena kamu memiliki ciri khas tersendiri. Kamu bisa menggunakan background, pakaian atau kostum, musik, hingga cara berbicara yang unik sesuai dengan karaktermu.

Buat konten yang ‘bercerita’

Zaman sekarang, teknik bercerita atau yang dikenal dengan storytelling banyak digunakan di berbagai medium, mulai dari konten komersial hingga pribadi. 

Kenapa hal ini penting? Pada dasarnya, tiap content creator adalah storyteller karena konten yang dibuat memiliki runut pemikiran dan penyampaian yang memungkinkan audiensnya bisa menyimak dan mengerti maksud dari konten tersebut. 

Bayangkan jika konten yang dibuat tidak terarah jalan ceritanya, bisa dipastikan audiens akan kebingungan dan berhenti untuk menyimak konten tersebut. Kamu bisa melatih hal ini dengan menulis konten yang akan kamu buat secara kronologis apa yang akan disampaikan.

Nah, selain beberapa tips di atas, Allstars akan memberikan beberapa rekomendasi akun Instagram dengan konten Instagram Reels yang seru! Beberapa di antaranya:

@suryadanna

Surya Danna kerap membuat konten Reels bertemakan city shots. Walau terlihat simple, namun perlu ada perencanaan yang matang dalam pembuatan jenis konten ini, karena pada dasarnya membuat konten seperti ini kita diharuskan punya taste yang baik serta mata yang bisa menangkap momen cantik untuk diabadikan lewat video. Musik yang digunakan pun bisa meningkatkan keindahan video yang dibuat.

@foodirectory

Sesuai dengan nama akun Instagram-nya, Windy membuat konten Reels bertemakan kuliner atau foodies. Selain perlu menampilkan lokasi yang otentik, cara penyampaian yang baik diperlukan agar audiens bisa ‘merasakan’ rasa dari makanan yang ditampilkan. Hal ini tentunya didukung oleh audio dan visual yang diproduksi dengan baik.

@wabifathan

Wabi Fathan menjadi rekomendasi terakhir. Content creator yang satu ini memberikan banyak tutorial untuk mendapatkan hasil foto yang estetik.Tentu saja jenis konten edukatif seperti ini bisa mendapatkan banyak perhatian karena banyak dari kita yang ingin menghasilkan foto yang estetik dengan gadget atau peralatan fotografi yang sederhana.

Tentu masih ada banyak jenis konten IG Reels yang bisa menarik banyak perhatian karena seperti yang disebutkan di atas, kreasi baru seperti tidak ada habisnya. Yang paling penting adalah terus belajar dan membuat kreasi versimu sendiri. Good luck!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version