Maksimalkan Instagram Reels untuk Bisnismu dengan Tips Ini!

0
13
Instagram Reels untuk Bisnismu

Dari hari ke hari, kreativitas pengguna Instagram semakin ‘tersalurkan’ berkat adanya fitur reels. Fitur yang dianggap sebagai pesaing TikTok dan YouTube Shorts ini memunculkan para kreator baru, sekaligus menjadi challenge baru bagi para kreator yang sudah lama menggunakan platform Instagram sebagai wahana kreasi mereka. Kini, Instagram Reels tak lagi menjadi media eksplorasi ide tetapi sudah bisa digunakan juga untuk memaksimalkan bisnis. Seperti fitur-fitur lain pada umumnya, pengembangan akan terus dilakukan untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Nah, kali ini Allstars akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnismu lewat fitur Instagram Reels. Simak, yuk!

Instagram Reels sebagai media branding

Memberikan edukasi pada audiens

Kamu bisa menggunakan fitur Instagram Reels sebagai media untuk mengedukasi produk atau jasa yang kamu tawarkan. Ada yang harus diperhatikan dalam pembuatan konten ini, yaitu alih-alih menjual secara direct, kamu bisa menggunakan creative approach untuk membuatnya, misalnya dengan menggunakan storytelling

Kamu juga bisa memberikan tips atau rekomendasi secara general sebagai pembuka dan produk atau jasamu bisa masuk menjadi solusi di akhir video. Yang perlu dikuasai pada strategi ini tentu eksplorasi ide, terutama ide-ide yang bisa relate dengan target, serta copywriting yang bisa memikat.

Lewat konten seperti ini pula, kamu bisa mengesahkan bahwa bisnis yang kamu jalankan bisa mengerti permasalahan yang dihadapi oleh target dan memberikan solusinya. 

Product Review

Setelah memberikan edukasi pada para audiens, selanjutnya berikan experience lain yang akan lebih ‘menggoda’, yaitu product review. Lewat hal ini, terutama jika yang kamu tawarkan adalah produk dengan bentuk fisik, secara tak langsung akan membangun kepercayaan orang akan khasiat atau manfaat produk yang kamu tawarkan. 

Nah, jika yang kamu tawarkan adalah jasa, maka study case bisa menjadi konten yang kamu buat. Intinya, apapun produk yang kamu tawarkan, adalah solusi dari permasalahan yang dialami oleh target market. Buat konten ini secara berkala agar audiens bisa semakin terpikat.

Kenal Lebih Dekat

Selanjutnya, lewat Instagram Reels kamu bisa memperkenalkan profile bisnis yang kamu jalankan, sehingga target audiens bisa mengenalmu lebih jauh lagi. Yang paling penting, jangan jadikan akun Instagram-mu seperti etalase semata, namun perlu ada hal yang dibangun terutama untuk memberikan kepercayaan untuk calon konsumen. 

Kamu bisa membuat content plan yang berisi cerita awal memulai, foto-foto on progress, behind the scene, case studies, review dan hal lainnya yang merangkum bisnismu secara keseluruhan. Mengingat adanya peribahasa ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang”, strategi ini akan sangat penting dilakukan, terlebih persaingan bisnis yang ada di ranah media sosial semakin ketat, terutama Instagram.

Selain melakukan strategi branding seperti di atas kamu juga bisa menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram, terutama untuk kebutuhan bisnis. 

Pertama, setelah mengunggah konten Reels, kamu bisa me-repost-nya lewat feed atau Stories untuk meraih lebih banyak audiens. Sebenarnya saat ini Instagram Reels dipercaya memiliki algoritma yang paling tinggi dibandingkan fitur lainnya di Instagram, sehingga bisa menjangkau banyak viewers. Karena itu, langkah kedua adalah pemilihan tagar yang tepat juga akan sangat membantu jangkauannya lebih luas lagi. Pilih tagar yang memang berkaitan dengan hal yang kamu tawarkan. 

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan Instagram Reels untuk bisnismu adalah menggunakan fitur Instagram Shop untuk mempermudah audiens-mu untuk segera membeli produk yang mereka sukai setelah menyimak Reels. 

Simak terus artikel yang akan hadir di Allstars untuk mengetahui strategi-strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa media sosial pribadi atau bisnismu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini