Bikin Sendiri Yuk Filter Instagram Kreasimu Biar Makin Hits!

0
3
Bikin Sendiri Yuk Filter Instagram Kreasimu Biar Makin Hits!

Semua yang sedang membaca artikel ini pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya filter Instagram ‘kan? Fitur yang satu ini membuat banyak orang makin mencintai media sosial yang satu ini. Pasalnya banyak kreasi yang bisa dibuat dengan bantuan filter ini. Mulai dari konten yang mellow, lucu, sampai dengan game. Karena keragaman dan kekreatifan.

Cara Bikin Filter Instagram Sendiri Biar Makin Hits

Pernah nggak terpikir untuk membuat filter kreasimu sendiri? Nah, kali ini Allstars akan membahas cara mudah untuk membuat filter Instagram sendiri dengan menggunakan sebuah aplikasi. Penasaran aplikasi apa? Simak yuk!

Spark AR Studio

Walau banyak sekali aplikasi yang memungkinkanmu untuk membuat filter Instagram sendiri, namun Spark AR Studio adalah aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para kreator. Aplikasi ini dapat kamu unduh di komputer atau laptop dengan mengunjungi situs resminya. Untuk mengoperasikan Spark AR Studio, perangkat yang kamu perlukan adalah komputer atau laptop yang menggunakan minimal sistem operasi Windows 10 dan mac OS Mojave atau yang lebih tinggi dari sistem tersebut.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan setelah mengoperasikan Spark AR Studio adalah kamu bisa melihat beberapa contoh filter yang sudah dibuat oleh orang lain. Klik buttonsamples” dan kemudian dari contoh-contoh filter yang sudah dibuat bisa menjadi awal pembuatan filter milikmu. Kamu bisa menemukan banyak varian filter yang sudah dibuat sebelumnya mulai dari animasi wajah, gambar melayang di background, penambahan cahaya, sampai dengan mengubah bentuk wajah. Pilih contoh yang paling mendekati ide filter yang ingin kamu buat sendiri.

Setelah mendapatkan filter yang paling mendekati idemu, selanjutnya kamu bisa membuat beberapa perubahan sesuai dengan keinginanmu. Klik “scene” lalu tambahkan fitur apa yang ingin kamu tambahkan pada filter tersebut. Setelahnya kamu dapat melihat pratinjau dari filter dengan klik “preview”.

Semuanya sudah diatur sesuai dengan keinginanmu, setelahnya kamu bisa melakukan uji coba filter pada video milikmu sendiri. Pada bagian kiri layar terdapat ikon kamera, ikon tersebut akan membuka webcam atau perangkat kamera pada komputermu untuk mengecek hasil akhir dari filter pada wajahmu sendiri atau kamu juga bisa mencoba filter buatanmu melalui contoh wajah yang tersedia pada aplikasi Instagram. Simpan filter jika hasilnya sudah sesuai dengan keinginanmu.

Langkah selanjutnya adalan meng-export filter buatanmu, pilih “file” kemudian “export”, lalu pilih ekspor filter untuk Instagram. Pastikan filter buatanmu kompatibel pada semua jenis gadget agar semakin banyak orang yang menggunakan filtermu. Terakhir klik “export” dan pilih file extension “.arexport”.

Mengunggah Filter Buatanmu di Instagram

Setelah semuanya siap, hal selanjutnya yang harus dilakukan tentu saja menggunggah filter buatanmu ke Instagram. Kembali ke laman Spark AR Studio, lalu klik “upload effect”, pilih Instagram dan beri nama filter buatanmu. Pada bagian “effect icon” kamu bisa menggunakan gambar apa yang kamu inginkan sebagai ikon filter-mu. Pilih “upload” kemudian “continue”.

Sekali lagi, kamu bisa melakukan preview filter buatanmu namun kali ini langsung melalui Instagram. Pilih “preview in app” untuk mengeceknya. Kamu juga bisa membagikan filter buatanmu lewat tautan yang bisa kamu sebarkan dengan memilih “get a preview link”.Yang terakhir adalah mengatur kapan filter buatanmu akan keluar di Instagram secara ‘resmi’. Isi bagian “review information” karena filter buatanmu akan dicek terlebih dahulu sebelum bisa digunakan oleh publik. Hal ini perlu dilakukan agar filter yang tersebar, terutama tidak mengandung penghinaan pada SARA atau memiliki tujuan negatif lainnya. Jika sudah disetujui, filter buatanmu secara otomatis akan kamu temukan di laman Instagram-mu pada bagian filter dan sudah bisa digunakan oleh publik. Selamat mencoba dan berkreasi yah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini