Kreator YouTube Shorts Dapat Rp143 Juta? Simak Syaratnya!

0
16

Demi menghadapi persaingannya dengan media serupa yaitu TikTok dan Instagram Reels, baru-baru ini YouTube menyatakan akan memberikan bayaran senilai USD 10.000 atau setara 143 juta rupiah per bulan untuk para kreator YouTube Shorts. Tentu saja dengan ada syarat yang harus dipenuhi, YouTube mengharuskan konten yang dibuat sang kreator bisa viral untuk mendapatkan insentif ini. Bagi sebagian besar kreator, angka ini terbilang tinggi dan bisa bermanfaat untuk pembuatan konten-konten mereka selanjutnya.

Syarat utama lainnya agar kreator bisa mendapatkan insentif ini adalah para kreator konten harus membuat video original. Artinya video yang diunggah ulang atau video yang ditandai watermark dari media sosial lainnya seperti dari TikTok, Snapchat, atau Instagram Reels tidak akan bisa dimonetisasi.

Untuk saat ini pemberian insentif ini baru tersedia di beberapa negara, di antaranya adalah Brasil, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Nigeria, Rusia, Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat. Kedepannya YouTube tentu akan memperbanyak daftar negara yang kreatornya bisa mendapatkan insentif tersebut.

Syarat-syarat untuk Mendapatkan Insentif YouTube Shorts 

Jika sebelumnya disebutkan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar mendapatkan insentif dari YouTube Shorts, berikut akan Allstars berikan lebih detail syarat-syaratnya.

  1. Channel YouTube sang kreator harus memenuhi persyaratan kelayakan minimum. Kelayakan minimum tersebut antara lain adalah kreator harus mengunggah video Shorts dalam waktu 180 hari, video adalah karya orisinal serta bukan unggahan ulang dari media lain, dan beberapa ketentuan lainnya yang bisa kamu simak selengkapnya di sini
  1. Performa konten Shorts akan dinilai langsung oleh pihak YouTube di setiap bulannya setelah diunggah. Jadi penilaian ini sifatnya berkelanjutan. Jika konten Shorts memenuhi syarat yang ada, maka sang kreator akan menerima bonus 100 dolar AS hingga 10.000 dolar AS setiap bulan, dengan jumlah pembayaran bonus yang disesuaikan.
  1. Akan ada perbedaan jumlah pembayaran setelah kreator meraih pencapaian yang diperlukan untuk memenuhi syarat mendapatkan insentif. Hal ini akan dipengaruhi oleh lokasi penonton dan angka yang diperoleh dapat berubah dari waktu ke waktu karena fluktuasi lokasi serta banyaknya jumlah kreator Shorts. 
  1. Terakhir adalah akan ada perubahan persyaratan yang dilakukan secara berkala. Artinya syarat yang ada pada bulan berikutnya bisa saja bertambah atau berkurang, tentunya dengan adanya pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak YouTube kepada kreator.

Nah, setelah memenuhi segala persyaratan yang ada dan tiba saatnya menerima pembayaran insentif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk klaim pembayaran tersebut.

Cara Klaim Pembayaran Insentif YouTube Shorts

Pertama, pihak YouTube lewat Shorts Fund akan menghubungi kreator yang telah memenuhi persyaratan yang ada pada minggu kedua di setiap bulannya. Pihak YouTube akan mengirimkan notifikasi melalui aplikasi YouTube untuk mengabarkan jumlah insentif dan bagaimana cara klaim pembayaran tersebut. Para kreator akan diberikan waktu hingga tanggal 25 di setiap bulannya untuk mengklaim pembayaran. Jika melewati tanggal tersebut, maka pembayaran insentif tersebut akan kedaluwarsa. 

Di tahap selanjutnya, kreator YouTube Shorts tersebut harus menyelesaikan dua hal untuk mengklaim pembayaran insentif, yaitu bersedia menerima persyaratan yang ada dan menyertakan akun AdSense yang aktif. Sebagai informasi tambahan, akun AdSense adalah media penghubung kreator untuk menerima pembayaran dari pihak YouTube. Akun AdSense ini penting untuk dimiliki, karena setelah kreator berhasil mengklaim pembayarannya, insentif akan dibayarkan melalui AdSense di setiap bulannya.

Sebenarnya untuk mendapatkan pembayaran insentif dengan membuat konten Shorts cukup mudah. Tentu hal yang diperlukan adalah konsep dan eksekusi yang kreatif untuk menarik perhatian banyak orang. 
Kamu juga perlu strategi khusus untuk menjangkau banyak audiens dan menjadikan Shorts yang kamu buat menjadi viral, misalnya dengan membagikannya di media sosialmu atau lewat kenalan yang memiliki banyak followers. Pokoknya, jangan lelah untuk terus berkarya, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini