Maksimalkan Channel Kamu dengan Melakukan Youtube Marketing!

0
9

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, banyak hal yang bisa dilakukan via platform digital untuk memaksimalkan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan produk atau layananmu. Mungkin beberapa hal yang sudah sangat dikenal adalah dengan menggunakan jasa influencers untuk mempromosikan produk kita lewat konten yang mereka buat, tentunya dengan ketentuan kerja sama yang telah sama-sama disepakati. Lalu ada pula pemasangan ads atau iklan lewat media sosial yang mana akan memperluas jangkauan audiens untuk melihat promosi yang sedang kita jalankan. 

Buat kamu para pengguna YouTube, ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan juga untuk memaksimalkan channel yang kamu kelola, yaitu lewat YouTube Marketing. Mungkin hal ini masih belum terlalu dikenal, berbeda dengan strategi yang sudah tersebut di atas. Nah, jangan khawatir! Kali ini, Allstars akan mengupas tuntas apa sih YouTube Marketing itu serta cara memaksimalkannya. Simak, yuk!

Mengenali YouTube Marketing Lebih Jauh

Mudahnya, YouTube Marketing adalah strategi marketing yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan penjualan melalui platform YouTube. Lalu, kenapa YouTube? Kita semua sama-sama tahu, sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, YouTube masih menjadi salah satu pemain utama dalam kategori media sosial, terutama untuk konten video. Ada jutaan pengunjung yang melihat video di kanal YouTube setiap harinya, mulai dari yang mencari tutorial untuk melakukan atau membuat sesuatu, melihat review produk tertentu, sampai dengan menonton konten dari artis atau content creator favorit. YouTube bisa dibilang menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Dengan hal ini, maka memahami YouTube Marketing akan sangat berguna untuk memaksimalkan channel-mu sendiri atau bisnismu.

Cara Mengoptimalkan YouTube Marketing

Selanjutnya, bagaimana sih cara mengoptimalkan YouTube Marketing? Yang pertama tentu kamu harus memiliki channel-mu sendiri, lalu pastikan mulai dari nama channel hingga konten yang akan kamu unggah akan merepresentasikan kamu atau usahamu, sehingga nantinya orang akan mudah mengenali channel-mu dengan keunikannya sendiri. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, karena YouTube sendiri bisa dibilang adalah salah satu mesin pencari terbesar, selain konten yang dibuat, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah hal-hal yang menjadi elemen dari video tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan pada YouTube Marketing:

Title Yang Relevan dan Menarik

Karena YouTube menjadi salah satu mesin pencari yang banyak digunakan pengguna internet, maka SEO (Search Engine Optimization) menjadi sesuatu yang perlu diutamakan. Beberapa hal terkait SEO yang perlu diperhatikan adalah title atau judul video. Judul adalah hal yang pertama kali akan dibaca dan bisa menarik perhatian audiens, yang akhirnya akan ‘mengantar’ mereka untuk mengklik video tersebut untuk ditonton atau tidak. Oleh karena itu, pastikan judul yang kamu pasang menarik, relevan dengan isi video, tidak terlalu panjang, dan pastinya membuat penasaran orang yang membacanya. Kamu bisa melakukan research menggunakan beberapa tools untuk mengetahui keyword apa yang banyak dicari oleh audiens, terkait dengan hal yang ingin kamu sampaikan. Kamu juga bisa melakukan research dengan menyimak video dengan topik serupa yang memiliki views tinggi untuk melihat apa saja yang menjadi perhatian audiens

Deskripsi Video

Setelah mendapatkan judul yang menarik, kamu juga harus membuat deskripsi yang tepat untuk video yang kamu unggah. Sebagai informasi, pada tampilan default-nya, YouTube akan menampilkan dua hingga tiga baris pertama (sekitar 100 karakter) dari deskripsi video yang kamu buat. Jadi, jika kamu menuliskan deskripsi untuk videomu dengan menggunakan lebih dari 100 karakter, maka audiens diharuskan untuk klik pilihan “show more” untuk melihat deskripsi secara utuh. Karena hal itu, sangat penting untuk lebih memperhatikan keyword utama dan CTA (Call to Action) di awal penulisan deskripsi. Jika kamu akan menyertakan link untuk membawa audiens ke sebuah website, pastikan link tersebut tertulis di awal deskripsi agar audiens bisa dengan mudah menemukannya

Video Tags 

Judul, check. Deskripsi, check. Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah tags dari video yang kamu buat. Usahakan untuk memilih tags yang memiliki relevansi dengan judul, deskripsi, dan keyword yang kamu gunakan. Tags pada video menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan karena lewat tag kamu akan menghubungkan videomu dari atau menuju video lain yang memiliki konten serupa. Lewat hal inilah, jangkauan audiensmu akan semakin luas dan mendatangkan viewers atau bahkan subscriber baru

Thumbnail

Selain hal yang berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization) di atas, dari segi visual yaitu thumbnail video adalah hal yang harus dioptimalkan agar bisa menarik audiens yang membawa mereka untuk mengklik videomu. Misalnya, banyak yang menggunakan scene yang lucu, menarik, atau bahkan mencolok sebagai thumbnail. Kamu bisa menyertakan juga teks yang provokatif atau mengundang rasa penasaran para audiens yang melihatnya. Dari segi ‘keindahan’ feed, kamu juga harus bisa menentukan pola thumbnail yang sama agar audiens bisa dengan mudah menemukan videomu saat muncul pada recommendation di tengah penjelajahannya di YouTube.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan YouTube Marketing agar channel-mu mendapatkan perhatian dan tentunya meningkatkan traffic pengunjung. Masih ada beberapa hal teknis lainnya yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkannya. Pastikan kamu stay tune terus di Allstars untuk menyimaknya yah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini