Pahami Bedanya Youtube Shorts, Tiktok, dan Instagram Reels!

0
17

Beberapa waktu yang lalu, Allstars sempat membahas panduan untuk membuat dan mengunggah YouTube Shorts, fitur baru dari YouTube yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video berdurasi pendek. Nah, sempat disinggung pula bahwa YouTube Shorts punya kemiripan dengan TikTok dan Reels milik Instagram. Kenapa bisa begitu? Mudah saja, karena ketiganya memiliki tampilan dan kemampuan yang hampir mirip. 

Misalnya, durasi video yang bisa diunggah para pengguna Shorts adalah 15 hingga 60 detik, lalu video yang diunggah juga bisa dilengkapi dengan background music, filter, teks, dan caption. Tak hanya itu, untuk format video pun, Shorts juga menggunakan format video vertikal. Hal-hal inilah yang kemudian menimbulkan persepsi bahwa YouTube Shorts sama seperti TikTok dan Reels. 

Sedikit mengulang kembali, fitur YouTube Short telah tersedia di aplikasi YouTube versi 16.28.36 untuk para pengguna ponsel Android di Indonesia sejak bulan Agustus 2021. User bisa langsung menemukan menu “Shorts” di bagian tengah bawah dan ikon + untuk mengunggah video menggunakan format video vertikal. Para user bisa memberikan reaksi like, dislike, memberikan komentar, dan membagikannya ke platform lainnya. Ada pula subscribe button pada bagian bawah video.

Selama ini YouTube dikenal sebagai kanal video bagi para artis dan content creator. Media yang satu ini sukses memikat hati banyak pengguna internet karena bisa dibilang di zaman sekarang, selain Google, YouTube juga menjadi hal pertama yang diakses untuk mencari ‘jawaban’. Mulai dari video tutorial, hingga video rekaman live bootleg bisa ditemukan di sini. Karena itu, dengan adanya penambahan fitur Shorts ini, diharapkan user YouTube yang ‘setia’ menggunakan platform tersebut bisa semakin terbantu dengan gaya feed yang singkat dan informatif, serta membuka jalan juga bagi para content creator agar semakin dikenal luas

Perbedaan YouTube Shorts dan Platform Lainnya

Nah kembali pada topik utama, Allstars sudah merangkum beberapa hal yang menjadi kelebihan YouTube Shorts yang membedakannya dengan platform lain.

  1. Perbedaan yang pertama bisa ditemukan pada editing tools. Di bagian ini, yang membedakan Shorts dengan TikTok serta Reels adalah kecepatan perekaman video yang bisa diatur untuk menghasilkan kreativitas yang berbeda. Kamu bisa menggunakan speed mulai dari -3 hingga +3 untuk mendapatkan kreasi yang unik, tergantung dari konsep yang sudah kamu buat. 
  1. Perbedaan selanjutnya adalah karena YouTube sendiri sudah memiliki YouTube Music, yang mana adalah jalur distribusi resmi para musisi, maka kamu bisa langsung memilih musik yang akan digunakan sebagai background music melalui fitur ini. Tersedia berbagai macam musik dari beragam genre dan tentunya kamu bisa dengan mudah menemukan lagu atau artis favoritmu. Seterusnya akan makin banyak artis yang akan bekerja sama dengan YouTube dan pilihan musik yang bisa digunakan akan semakin banyak 
  1. Yang terakhir, walau terkesan sepele, namun ikon create  yang sangat mencolok di laman YouTube bisa menarik perhatian penggunanya dan membawa mereka untuk membuat video Shorts versi mereka. Hal ini yang menjadi keunggulan Shorts dibandingkan Instagram Reels, yang mana ikon Reels sendiri sejajar dengan ikon lainnya

Lepas dari semua perbedaannya, ketiga fitur dari masing-masing platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya saja, untuk Youtube Shorts masih dalam bentuk BETA yang mana belum bisa dinikmati oleh pengguna iOs (walau menurut berita dalam waktu dekat akan segera diluncurkan) dan belum bisa dimonetisasi. Yang paling utama adalah kreativitas kita sebagai pengguna untuk memaksimalkan fitur yang ada. Jangan pernah lelah berkarya ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini