Bikin Engagement Naik, Berikut Konten Instagram yang Wajib Dicoba

0
12

Dengan makin maraknya pengguna Instagram, makin ‘ketat’ pula persaingan untuk menarik perhatian audiens untuk terus mengikuti akun kita. Walau ada yang menggunakan Instagram untuk pribadi, tetap saja ada keinginan agar konten instagram yang kita unggah dihargai oleh audiens, dengan sekadar memberikan love atau memberikan komentar yang positif. Begitu juga dengan yang menggunakan Instagram sebagai media marketing-nya, tentu saja engagement tinggi menjadi sebuah keharusan untuk mencapai goals atau tujuan. Bicara soal membuat engagement meningkat, tentu tak lepas dari kejelian kita untuk membuat konten yang selalu menarik dan up to date agar audiens bisa attach dengan akun Instagram kita. Kali ini Allstars bakal berbagi tips dan insights tentang cara bikin engagement naik lewat konten di Instagram. Simak yuk!

Tema Konten Instagram

Tema konten media sosial adalah ‘gerbang’ untuk meningkatkan engagement pada akun Instagram-mu. Ada berbagai macam tema yang bisa kamu gunakan untuk membuat feed-mu memiliki konten yang dinamis alias tidak itu-itu saja. Namun, satu yang perlu diingat adalah jangan sampai tema yang kamu pilih jauh dari branding yang sudah kamu bangun. Berikut beberapa ide tema konten yang bisa kamu gunakan:

Konten Instagram yang Berinteraksi

Biasanya hal ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan di akhir caption untuk memancing audiens memberikan pendapat atau jawaban versi mereka. Kenapa hal ini bisa meningkatkan engagement? Yang pertama, orang biasanya suka jika dilibatkan, terlebih pada hal yang bisa memperlihatkan kelebihan mereka, dalam hal ini wawasan mereka. Sebagai contoh, saat kita membuat sebuah konten yang merupakan pemecahan sebuah masalah atau tips, akan lebih baik jika di akhir caption kita menanyakan tips atau hal yang dilakukan oleh audiens supaya mereka membagikannya di kolom komentar.

Konten yang Membandingkan

Jenis konten yang ini hampir sama dengan yang sebelumnya, hanya saja ada pilihan di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, selalu ada dua sisi pada sebuah hal. Makanya, lewat konten seperti ini, engagement bisa meningkat karena audiens seolah diberikan medium untuk memilih dan menyampaikan pendapat. Yang perlu diperhatikan, apa yang diperbandingkan bukan hal yang sifatnya sensitif, misalnya yang mengarah pada SARA. Usahakan tetap stay on track dengan niche atau produkmu. Perlu diperhatikan juga untuk tidak mengarah ke produk tertentu demi menjaga etika dalam berkonten, karena bisa saja komentar yang datang bisa cukup ‘panas’ yang nantinya malah bisa menimbulkan masalah buatmu. Kesimpulannya adalah pilih hal yang sifatnya general dan tidak mengarah ke produk tertentu. Misalnya, jika niche kamu adalah produk pakaian perempuan, kamu bisa menanyakan soal perbandingan menggunakan busana casual atau classy saat first date..

Konten Instagram yang Up to Date

Sering kali, sebuah konten akan menarik karena relate dengan kondisi terkini. Hal ini akan menimbulkan persepsi bahwa akunmu atau brand-mu selalu menyajikan hal yang up to date, yang mana hal itulah yang banyak dicari oleh para audiens. Namun, sama seperti konten perbandingan, ada hal yang harus sangat kamu jaga, yaitu relevansi antara hal yang terjadi dengan niche atau produkmu. Yang perlu diingat, up to date bukan berarti kamu harus selalu membuat konten yang relate pada hal yang sedang terjadi dan akhirnya konten yang dibuat menjadi tidak berkaitan dengan akunmu.

Konten Giveaway

Ini adalah jenis konten yang paling disukai audiens, karena siapa sih yang tidak suka mendapatkan hadiah? Kamu bisa memberikan challenge atau memberikan ‘tugas’ yang pada hasilnya bisa meningkatkan engagement atau awareness pada akunmu. Misalnya, dengan meminta audiens untuk mem-posting foto di feed mereka dan diharuskan untuk menyebutkan akun kita atau memegang produk. Tak hanya di situ, kamu juga bisa meminta mereka untuk mention beberapa temannya untuk mengikuti activity ini juga. Bisa juga dengan hal paling mudah untuk dilakukan, yaitu mem-follow akunmu. Untuk menambahkan hadiahnya, kamu juga bisa mengajak pihak lain untuk ikut serta dalam penyelenggaraannya, tentu dengan jaminan penambahan engagement untuk mereka pula.

Selain tema konten, ada hal lain yang perlu diperhatikan juga untuk meningkatkan engagement Instagram-mu, yaitu visual dan jenis konten. Pastikan visual yang kamu produksi memiliki kualitas yang baik dan bisa ‘menghias’ feed-mu sehingga bisa menarik perhatian audiens. 

Untuk jenis konten instagram kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di Instagram, misalnya IG Stories, Reels, Music dan lainnya. Pastikan kamu selalu menyimak artikel-artikel yang ada di Allstars soal tips lainnya untuk mengoptimalkan Instagram-mu!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini