Mau Jadi Blogger? Inilah Hal-hal yang Harus Anda Hindari

1
45

Majunya teknologi informasi membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah, salah satunya dalam mendapatkan penghasilan. Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar dengan menjadi seorang blogger. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak blogger sukses dengan penghasilan fantastis!

Blogger adalah orang yang membuat dan juga mengelola sebuah blog. Seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan melalui tulisan yang diunggah di blog-nya. Supaya tulisan yang dibuat bisa dibaca oleh banyak pengunjung, maka tulisan yang dibuat harus bagus, menarik, dan kreatif. 

Semakin menarik konten yang dibuat, jumlah pembacanya juga akan semakin banyak. Profesi ini sangat cocok bagi Anda yang punya hobi menulis. Nah, bagi yang ingin memulai karirnya menjadi seorang blogger, inilah beberapa hal yang harus dihindari.

5 Hal yang Harus Dihindari oleh Blogger 

Nggak jarang konten yang dibuat untuk blog kurang mendapatkan respon yang baik dari para pembaca. Hal ini akan membuat blogger kesulitan dalam menaikkan popularitas blog. Tentunya Anda nggak ingin hal ini terjadi kan? Inilah beberapa hal yang harus Anda hindari: 

1. Jangan Sampai Nggak Mengenal Target Audiences 

(Sumber: Thebossmagazine.com)

Nggak mengenal target audiens merupakan salah satu kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh seorang blogger. Biasanya seorang blogger membuat banyak tulisan atau konten dengan beragam topik dan pembahasan. Akan tetapi, blogger nggak memedulikan apakah pembaca akan tertarik dengan topik atau pembahasan yang ditulis. 

Supaya hal itu nggak terjadi, maka sebelum mengembangkan blog sebaiknya terlebih dahulu Anda membuat gambaran mengenai sosok pembaca ideal yang akan dituju. Anda bisa mencarinya dengan cara membuat kategori atau kriteria. Misalnya, dibuat berdasarkan perilaku, ketertarikan hingga demografi. Setelah itu, lakukan riset kecil-kecilan mengenai apa yang pembaca sukai atau butuhkan. Jika sudah selesai maka akan ditemukan jawabannya. 

2. Tidak SEO-Friendly

Dalam dunia blog ada dua kelompok blogger. Pertama kelompok yang menulis untuk kepentingan search engine. Kedua, kelompok blogger yang nggak memedulikan search engine. Kalau Anda memilih jadi blogger yang punya tujuan atau kepentingan dengan search engine, membuat artikel yang SEO Friendly wajib dilakukan! 

SEO atau search engine optimization, adalah suatu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi blog atau website yang dimiliki. Tujuannya, agar website tersebut bisa muncul di deretan teratas di mesin pencarian seperti Google. Dengan muncul di hasil pencerian teratas, maka traffic yang dibawa ke blog atau website juga akan menjadi semakin besar. Untuk itulah banyak orang yang menerapkan SEO agar blog atau website yang dimiliki semakin ramai. 

3. Niche Blog yang Kurang Kuat 

(Sumber: Toledolibrary.org)

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang Blogger adalah nggak memiliki niche yang kuat. Niche sendiri bisa diartikan sebagai sebuah topik. Jadi, ketika menulis blog, pastikan membuat satu topik yang spesifik, jelas, dan kuat. Banyak blogger yang membuat tulisan dari beberapa topik, seperti kesehatan, pendidikan, travelling, politik, gaming, resep makanan dan review film. Hal seperti inilah yang kemudian membuat blog jadi nggak memiliki arah yang jelas.

Maka dari itu, jika nggak menginginkan hal ini terjadi maka harus terlebih dahulu menentukan niche yang akan digunakan. Selain itu, perlu juga untuk membatasi topik pembahasan dalam blog. Namun, bukan berarti Anda hanya boleh menggunakan satu niche saja. Supaya banyak yang dibahas maka perlu membuat topik atau sub-kategori yang masih relevan dengan niche yang ditentukan. 

4. Nggak Punya Konsistensi 

Banyak orang yang gagal mengembangkan blog dikarenakan nggak konsisten nih. Di mana banyak yang semangat hanya di beberapa bulan-bulan awal saja, namun seiring berjalannya waktu menjadi malas bahkan berhenti untuk menulis. 

Jika Anda ingin menjadi blogger sukses tentu hal ini harus dihindari ya. Hal seperti ini juga nggak akan membuat blog yang dikembangkan bisa berhasil. Jika mau blog yang Anda miliki berkembang, maka usahakan rutin membuat postingan di dalam blog. Bisa 3 kali update dalam 1 minggu, 1 minggu sekali, atau bahkan setiap hari, asal konsisten. Konsistensi itulah yang nantinya akan sangat menentukan perkembangan dari blog yang dimiliki. 

5. Selalu Mau Instan dan Mengabaikan Proses

(Sumber: Consciousmktg.com)

Jangan pernah berpikir jika dalam satu hari blog yang dibuat sudah menghasilkan banyak uang. Hal ini dikarenakan butuh proses cukup lama untuk mengembangkan blog hingga memiliki banyak pengunjung dan mendapatkan banyak penghasilan. 

Perlu diketahui jika blogger yang sudah sukses pasti sebelumnya pernah merasakan kontennya sepi pengunjung. Meski begitu harus tetap yakin dan terus berjuang supaya blog mendapatkan banyak pengunjung serta memberikan penghasilan. Semangat inilah yang nantinya akan membawa hasil yang baik untuk blog Anda.

Nah itulah 5 hal yang harus Anda hindari jika ingin menjadi blogger sukses. Perlu ditanamkan dalam diri bahwasanya menjadi blogger sukses nggak bisa diperoleh dengan instan karena harus melewati banyak hal dan proses. Semoga bisa jadi inspirasi bagi Anda yang ingin jadi blogger ya!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini