5 Cara Meningkatkan Engagement Instagram dengan Mudah

0
149
tutorial cara meningkatkan engagement instagram

Jika kamu aktif menggunakan media sosial dan mengikuti perkembangannya, tentu familiar dengan kata engagement. Selain penting untuk memahami cara meningkatkan engagement khususnya pada media sosial Instagram, dengan memiliki engagement yang baik, akan semakin besar potensimu untuk dikenal lewat konten yang dibuat di akun Instagram-mu yang kali ini akan Allstars bahas.

Pahami Lebih Dalam Mengenai Engagement

Jika diartikan, mudahnya engagement berarti komunikasi dua arah atau dikenal dengan istilah komunikasi interaksional. Kunci dari jenis komunikasi ini adalah respon atau tanggapan terhadap pesan atau konten yang sudah kamu buat. Nilai utama pada komunikasi interaksional di media sosial adalah respon berupa komentar.

Engagement erat kaitannya dengan performa. Hal yang mudah dijadikan tolok ukur keberhasilan performa Instagram biasanya adalah jumlah followers. Jika dalam waktu yang singkat ada peningkatan jumlah followers yang signifikan, tentu kita akan berpikir bahwa performa konten yang kita buat sangat baik. 

Namun, hal ini ternyata tidak bisa dijadikan jaminan bahwa konten yang sudah kita buat efektif dan relevan dengan para followers aktif yang kita miliki. Bisa jadi banyak fake account atau akun bot yang secara otomatis mengikutimu setelah penggunaan hashtag tertentu pada konten yang kamu buat. 

Oleh karena itu, memahami engagement sangat penting untuk dikuasai, terlebih jika kamu adalah seorang content creator. Kamu juga bisa cek engagement rate akun Instagram-mu dengan kalkulator engagement rate milik Allstars berikut ini.

Avinash Kaushik, seorang ahli statistik dan komunikasi digital menjelaskan bahwa secara teknis ada 3 fitur interaksi di media sosial:

  1. Conversation, yang berarti aktivitas percakapan di antara sesama pengguna lewat sebuah konten
  2. Amplification, yang berarti aktivitas penyebaran atau perluasan konten
  3. Applause, yang berarti aktivitas respon simpel lewat fitur seperti like, love, emoji, sampai dengan klik

Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Nah, setelah memahami dan tahu kelebihan dari engagement, selanjutnya Allstars akan memberikan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan engagement Instagram.

  • Catat data engagement akunmu secara berkala. Lakukan evaluasi untuk setiap kelebihan dan kekurangan dari konten yang sudah kamu buat. Dengan membiasakan diri mencatat data engagement, kamu akan mendapatkan insights yang nantinya bisa digunakan untuk perbandingan konten yang satu dengan yang lainnya dan menghasilkan strategi maksimal untuk membuat konten yang lebih baik lagi
  • Memiliki karakter tersendiri sebagai identitasmu adalah hal lain yang perlu dilakukan untuk meningkatkan engagement. Kamu bisa membentuk personal branding yang unik, misalnya punya pola konten yang berbeda dengan akun lainnya (baik dari segi visual dan copy), memiliki topik khas yang menarik, dan bisa juga dengan memiliki jargon atau slogan tertentu yang membuat orang lain mudah untuk mengingatmu
  • Kamu bisa mencoba untuk membuat jenis konten yang beragam. Mulai dari foto, video, Reels, dan lainnya, dengan menggunakan konsep dan desain yang menarik serta interaktif. Hal ini nantinya akan mendongkrak engagement-mu dengan para followers karena jenis konten yang kamu buat tidak akan ‘begitu-begitu saja’
  • Nah, jika kamu sudah terbiasa untuk mencatat data engagement-mu secara berkala seperti yang tersebut di atas, kamu akan mendapatkan insight kapan waktu yang paling baik digunakan untuk mengunggah kontenmu. Dengan mengunggah kontenmu saat prime time, tentu akan berpotensi untuk meningkatkan respon dari para followers aktif
  • Karena Instagram sering kali melakukan pembaharuan fitur, hal ini akan mendukungmu untuk selalu membuat konten yang beragam dan interaktif. Maksimalkan fitur yang ada untuk memaksimalkan Story dan Reels, mulai dari filter, stickers, GIF, sound dan lain sebagainya

Selain cara meningkatkan engagement Instagram di atas, kamu juga bisa mempelajari akun-akun yang sukses dengan engagement rate tinggi. Cari tahu dan pelajari apa hal-hal yang bisa membuat mereka memiliki interaksi tinggi dengan para followers-nya. 
Oh iya, tetap update dengan segala hal seputar Instagram untuk membuat strategi yang paling tepat sebagai cara meningkatkan engagement Instagram milikmu. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar Instagram dan lainnya, tentu saja di Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini