Intip Berbagai Fitur Instagram Reels dan Kegunaannya Di Sini!

0
6

Buat kamu para pengguna Instagram, Reels sudah pasti bukan hal yang asing lagi bagimu. Sejak diluncurkan beberapa waktu yang lalu, makin banyak pengguna Instagram yang berkreasi lewat fitur video pendek yang satu ini. Walau banyak yang kerap membandingkannya dengan TikTok, namun Instagram Reels memiliki ‘pangsa pasar’ tersendiri. Pada awalnya, fitur Reels hanya bisa digunakan di 50 negara. Baru pada bulan Juni lalu, pengguna Instagram di Indonesia bisa menggunakannya.

Kalau kamu masih ingin mengetahui lebih jauh fitur apa saja yang bisa digunakan lewat Instagram Reels, kamu bisa menyimak artikel kali ini yah. Yup, karena kali ini Allstars akan membahas fitur yang ada pada Instagram Reels dan kegunaannya.

Kenal lebih dekat dengan Instagram Reels

Dilansir dari laman resminya, fitur Instagram Reels memungkinkan kamu untuk membuat video singkat dengan durasi hingga 1 menit atau 60 detik. Dengan fitur yang ada, kamu bisa menggabungkan video dengan pilihan audio, efek, dan tools lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menggabungkan atau merekam beberapa klip dan menjadi satu video. Kamu juga dapat menggunakan video yang sudah ada di galeri smart phone-mu.

Hampir sama seperti TikTok yang memiliki FYP atau for your page, Reels juga memiliki alogaritma yang memungkinan video yang sedang tren muncul di laman eksplormu. Selain itu, probabilitas sebuah video Reels dilihat banyak orang lebih tinggi dibandingkan dengan konten di feed atau stories.

Untuk mulai menggunakan Reels, cukup masuk ke icon kamera di pojok kiri atas, atau swipe ke kiri, kemudian pilih pilihan Reels untuk mulai membuatnya.

Fitur-fitur pada Instagram Reels

Ada beberapa fitur penting pada Instagram Reels yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan editing video yang maksimal. Bagaimana hasilnya nanti, tentu tergantung dari konsep yang akan kamu buat.

  1. Audio

Yang pertama adalah audio. Faktor ini penting karena sebuah lagu atau sound bisa membawamu ke audiens yang luas, terutama audio yang tengah hits. Lewat fitur ini kamu dapat mencari dan menggunakan lagu dari koleksi musik Instagram, serta menggunakan audio asli yang sudah kamu rekam sebelumnya atau saat merekam video. Informasi tentang audio yang kamu gunakan akan tertulis di bagian bawah video Reels. Jika audio yang kamu gunakan adalah milik seseorang maka akan tertulis nama akun pemilik audio tersebut dan jika kamu menggunakan audio orisinal maka akan tertulis original audio. Sebagai tambahan, selama akun Instagram-mu bisa dilihat oleh publik, maka pengguna lain bisa membuat Reels dengan audiomu dengan memilih “Use Audio” dari Reels yang kamu buat.

  1. Video Length

Kamu bisa mengatur durasi video Reels yang akan kamu buat, mulai dari 15 detik, 30 detik, dan 1 menit. Dengan adanya fitur ini kamu tak perlu lagi mengira-ngira waktu yang tepat untuk menyelesaikan video yang kamu buat. Buatlah sebuah video dummy dulu atau kamu bisa dengan mudah merekam video ke dalam galerimu dan upload di Reels dengan durasi yang sesuai.

  1. Speed

Lewat fitur yang satu ini, kamu bisa menyetel kecepatan pada video yang kamu rekam. Kamu bisa seolah membuat video slow motion dengan menurunkan kecepatan atau video time lapse dengan menaikkan kecepatan. Kamu juga bisa mengedit kecepatan dari video yang berasal dari galerimu. Untuk hasil yang lebih maksimal, samakan beat videomu dengan audio yang digunakan.

  1. Effects

Untuk membuat videomu makin ‘berwarna’, kamu bisa menggunakan pilihan efek augmented reality (AR) yang sudah banyak dibuat oleh para kreator. Sesuaikan dengan tema video yang kamu buat. Efek yang sudah tersedia memiliki banyak tema, mulai dari fantasi, enhanced video, hingga komedi. Kamu juga bisa menggunakan efek yang tengah trending untuk menjangkau audiens yang luas.

  1. Touch Up

Kamu merasa kamera depan smartphone-mu kurang bisa menangkap cahaya dengan baik? Dengan fitur yang satu ini, kamu bisa menyetelnya sehingga video yang kamu rekam bisa mendapatkan pencahayaan dan warna yang baik. Pastikan juga penyetelan cahaya smartphone-mu tidak terlalu gelap atau terlalu terang untuk bisa melihat hasilnya dengan tepat.

  1. Video Layout

Buat kamu yang ingin mengunggah video lebih dari satu namun pada satu frame, fitur ini cocok untuk digunakan. Kamu bisa mengombinasikan hingga 3 panel untuk membuat konsep yang kreatif. Tiap panel akan menyesuaikan durasi yang kamu pilih. Jika kamu memilih durasi video 15 detik, maka per panel akan berdurasi 5 detik. 

  1. Timer

Yang terakhir adalah timer yang biasanya ditemukan di fitur kamera pada smartphone. Fitur ini akan sangat berguna jika kita menggunakan handheld atau perangkat lainnya saat kita akan merekam video sendirian. Timer bisa kita set sampai dengan 15 detik sebelum proses perekaman dimulai.
Fitur-fitur yang ada tentunya akan terus dikembangkan menyesuaikan kebutuhan para kreator untuk menciptakan video-video Reels yang makin kreatif nantinya. Kita tunggu saja update-nya yah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini