Intip Ragam Jenis Vlog yang Hits dan Kekinian di 2022!

0
1471
Intip Ragam Jenis Vlog yang Hits dan Kekinian!

Walau konten yang dibuat oleh para content creator di YouTube makin beragam, yang bahkan mungkin di tahun sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk dibuat ide semacam itu, masih ada satu hal yang bertahan disukai hingga saat ini, yaitu jenis vlog atau video blogging.

Vlog, sesuai dengan namanya adalah blog berbentuk video yang untuk lebih detailnya, vlog adalah video yang berisi tentang opini, cerita atau kegiatan harian. Namun, seperti disebutkan sebelumnya, karena konsep dari para kreator makin beragam, konsep vlog pun tak berhenti sampai di situ. Yang masih ‘bertahan’ dari konsep vlog adalah kerutinan dan konsistensi dalam memproduksi video tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Vlog Menarik

Untuk membuat konten vlog yang menarik, ada beberapa hal yang harus kamu tentukan. Apa sajakah itu? Ini dia cara agar konten vlog-mu terlihat menarik!

Menentukan ide dan topik

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar vlog-mu terlihat menarik adalah menentukan ide topik. Di sini, kamu bisa menyelami dirimu untuk mengenali apa yang menjadi ketertarikanmu. Dengan mengenali apa yang bisa kamu kuasai, kamu bisa memilih niche atau sudut pandang apa yang akan kamu ambil.

Buat perencanaan konten

Agar tidak stuck sewaktu ingin merencanakan konten. Alangkah baiknya kamu membuat content plan atau perencanaan konten apa yang akan kamu bahas di video kamu. Selain itu, dengan adanya content plan, kamu bisa lebih fokus dalam membahas sesuatu.

Buat thumbnail dan judul yang menarik

Tidak bisa dipungkiri bahwa penonton akan masuk ke dalam video. Apabila thumbnail dan judul yang disajikan pada suatu video terlihat menggugah.

Meski stigmanya negatif, nyatanya membuat video dengan thumbnail yang eye catching. Dengan judul yang clickbaity akan lebih mudah menarik penonton untuk masuk ke dalam videomu.

Namun, kamu juga harus menggunakan metode clickbait dengan tepat.Karena apabila konten videomu jauh dari apa yang ada di judul, penonton akan dengan mudah klik kursor close di tab browser mereka. 

Jenis Vlog yang Hits dan Kekinian

Kali ini, Allstars akan membahas apa saja jenis vlog yang hits dan kekinian. Seperti apa yah? Simak yuk!

Daily Vlog Selebritas

Naiknya YouTube sebagai platform video, membuka celah bagi banyak kalangan untuk masuk ke dalamnya. Karena hal ini, seleb-seleb di televisi juga ikut turut meramaikan platform ini. Sebut saja nama-nama besar seperti Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier, Baim Wong, dan yang lainnya. Kini melebarkan sayapnya di dunia digital melalui YouTube. 

Bahkan, berkat nama besarnya ini, pesohor-pesohor tersebut mampu menarik massa yang begitu besar jumlahnya ke kanal YouTube mereka. Alhasil, tak butuh waktu yang lama untuk meningkatkan subscribers di YouTube mereka.

Podcast atau Interview

Entah mengapa beberapa waktu belakangan ini interview atau podcast menjadi sangat populer di YouTube. Bahkan, genre ini meruntuhkan ekspektasi banyak orang. Mereka menganggap bahwa video dengan durasi yang lama (kurang lebih 1 jam) sangat tidak menarik dan membosankan. 

Nama-nama besar yang mengambil genre ini seperti Deddy Corbuzier, Helmy Yahya, dan Abdel Achrian mengambil genre ini sebagai sajian utama kanal mereka.

Tak hanya nama-nama besar yang menawarkan konten interview dan podcast sebagai konten utama mereka. Banyak nama-nama baru yang ikut serta mengambil langkah serupa untuk kanal mereka. 

Menariknya lagi, topiknya sangat beragam, mulai dari musik, dunia game hingga politik. Dengan demikian, naiknya popularitas konten podcast atau interview mampu meningkatkan kepercayaan diri. Banyak kalangan untuk mengangkat topik sesuai dengan interest mereka.

Gaming atau Streaming

Genre ini bisa dibilang genre yang masih bertahan hingga sekarang. Mulai dari era Reza Arap masih merintis karirnya di YouTube hingga kini ada nama-nama baru seperti Windah Basudara, Maxhill Antimage, dan masih banyak lagi, genre gaming masih menjadi primadona. Apalagi, semakin pesatnya industri esports di Indonesia, penonton video-video gaming tak berkurang jumlahnya. 

Namun, beda dulu, beda juga sekarang. Kreator YouTube dengan konten-konten gaming kini mulai banyak yang beralih ke metode streaming yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi secara langsung dengan penontonnya. 

Tutorial

Kalau kamu punya keahlian tertentu, seperti make up, memasak, bermain musik dan sebagainya, lalu ingin belajar hal baru, YouTube sudah pasti menjadi ‘gudangnya’ ilmu atau informasi yang ingin kamu cari. Begitu banyak video tutorial yang sudah dan baru diproduksi sampai saat ini. Jenis video tutorial menjadi populer di YouTube karena memudahkan audiens untuk lebih memahami tutorial yang diperagakan secara langsung daripada hanya berupa tulisan.

Travel Vlog

Walau pandemi tengah berlangsung, jenis vlog yang satu ini masih sangat dicari, terutama karena banyak yang rindu untuk melakukan perjalanan atau sekadar memuaskan rasa penasarannya pada destinasi yang belum pernah dikunjunginya. Dengan adanya keterbatasan seperti saat ini. Malah banyak spot baru yang ditemui karena mungkin saja lokasi spot tersebut sangat dekat dengan sang kreator dan baru kali ini disambanginya. Selalu ada ide tempat atau destinasi baru setiap harinya yang diberikan para kreator vlog travel yang membuat vlog jenis ini masih sangat hits dan digemari sampai sekarang.

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis vlog yang hits dan kekinian. Pastinya semua itu tak lepas dari ‘kepekaan’ sang kreator untuk mengetahui hal-hal yang selalu dicari orang-orang dan bagaimana cara dia menyajikannya dalam sebuah video. Yang paling penting, vlog yang dibuat nantinya bisa bermanfaat untuk banyak orang. 

Baca juga : Vlogger favorite Nitizen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini