Artikel Butuh Ide? Ini Jenis Konten Youtube Yang Banyak Disimak

Butuh Ide? Ini Jenis Konten Youtube Yang Banyak Disimak

2

Jika melihat jauh ke belakang, awalnya Youtube adalah sebuah platform yang ‘hanya’ memberikan akses untuk mengupload video. Video pertama yang diupload di Youtube bahkan sebuah video amatir seorang remaja yang mengunjungi kebun binatang (Me At Zoo). Kini, Youtube menjadi salah satu platform terbesar yang ada. Bisa dibilang, Youtube hampir tidak lepas dari keseharian kita. Dari mencari tutorial untuk membuat atau melakukan sesuatu, sampai dengan killing time dengan menonton video-video aneh, kegiatan Youtube-ing ini sudah menjadi pemandangan yang wajar di masa sekarang.

Jenis Konten Youtube Yang Banyak Disimak

Dengan semakin populernya Youtube, profesi Youtuber atau orang yang membuat konten dan kemudian diunggah ke Youtube semakin diminati. Selain mendapatkan ketenaran, dengan adanya iklan-iklan, pemasukan menjadi Youtuber, apa lagi dengan jumlah subscriber yang banyak, tidak main-main jumlahnya. Mulai dari ratusan ribu hingga milyaran rupiah bisa diraup oleh seorang Youtuber. Menarik banget yah? Nah, lalu jenis konten video youtube yang seperti apa sih yang banyak disimak?

Vlog

Vlog adalah kependekan dari video blog. Isi dari sebuah vlog sendiri bisa dibilang adalah kegiatan sehari-hari yang didokumentasikan, layaknya buku harian. Lalu apa yang membuat konten vlog bisa menarik? Hal ini tidak lepas dari siapa kreatornya. Seorang kreator yang handal, tanpa menulis atau menggunakan skrip selanjutnya, bisa menangkap momen yang terjadi dalam kesehariannya. Bisa jadi hal yang lucu, mengharukan, bahkan sedih. Konten vlog bisa secara tidak langsung menginspirasi penontonnya, tentang bagaimana menghadapi sebuah situasi, bagaimana mensyukuri hidup yang mungkin ‘begitu saja’ namun ada kehangatan yang mendalam di dalamnya, dan hal positif lainnya. Walau begitu, tak jarang saat channel yang bersangkutan semakin besar, akan ada tema yang terjadwal dan ini yang semakin membuat penontonnya penasaran akan konten baru seperti apa yang akan diunggah. Misalnya saja khusus di weekdays konten yang ada punya tema tentang pekerjaan dan di waktu weekend temanya akan tentang keluarga.

Tutorial

Konten yang paling dicari di Youtube selanjutnya adalah konten tutorial. Alasannya mudah saja, dengan kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, bertanya pada orang lain mungkin menjadi opsi terakhir ketika kita dihadapkan dengan sebuah situasi, terutama sesuatu yang berhubungan dengan hal teknis. Kita bisa langsung mencari keyword di Google atau Youtube dan voila ribuan jawabannya akan tersedia. Untuk konten tutorial ini, biasanya pendekatan yang digunakan ‘sang mentor’, yaitu mempresentasikan dengan visual yang memanjakan mata dan memberikan penjelasan yang dibuat semudah mungkin untuk dipahami. Siapa sih yang tidak akan menyimak saat melihat visual yang keren sekaligus penjelasan yang mudah diikuti? 

Gaming Video

Video game sendiri adalah salah satu hal yang memiliki banyak penggemar. Jadi ketika ada sebuah konten Youtube yang isinya membahas video game, bisa dipastikan jumlah penontonnya berpotensi tinggi. Lagi-lagi, sang kreator sendiri yang punya peran besar dalam perkembangan channel-nya sendiri. Seorang kreator konten yang ekspresif akan lebih mudah menarik minat para penonton, ketimbang yang pasif. Sebut saja Reza Arap yang awalnya dikenal sebagai gaming Youtuber dan punya ciri yang selalu heboh. Tema yang paling disukai pada konten gaming biasanya playthrough atau memainkan sebuah game, terutama yang sudah mengalami modifikasi, seperti skill karakter yang sudah tinggi atau stage yang dibuat sendiri. Ada pula gamer yang tema kontennya adalah challenge, seperti speed run atau menantang gamer lain secara online.

Komedi dan Prank

Siapa yang tidak suka untuk tertawa? Karena selain berdampak baik pada kesehatan, tertawa bisa memberikan dampak baik pula pada mental kita, menjauhkan kita dari perasaan yang negatif. Nah, makanya, konten komedi dan sejenisnya menjadi salah satu konten yang paling banyak diminati pula di Youtube. Konten komedi yang biasanya menjadi favorit di Youtube adalah video sketsa, parodi, atau yang sedang hits saat ini, konten prank. Prank video berisi seseorang yang mengerjai orang lain. Biasanya video jenis ini unscripted atau tidak direncanakan, supaya reaksi yang didaptkan dari sang ‘korban’ natural, yang mana menjadi letak kelucuan video tersebut. Yang perlu diingat, jangan sampai terlalu keterlaluan yah jika membuat video jenis prank ini.

Unboxing

Kegiatan yang mana membuka sebuah produk baru dari kemasannya ini menjadi salah satu konten terfavorit di Youtube. Ada yang menganggap video unboxing ini bisa memberikan ketenangan pada orang yang menyaksikannya. Hal ini lazim dikenal sebagai ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response). Yang pasti dengan menyaksikan seseorang membuka produk dari kemasannya, terutama produk yang memiliki harga fantastis, ada sensasi yang kita dapatkan. Ada yang suka konten jenis ini?

Kuliner

Yang terakhir adalah sesuatu yang pasti kita temui setiap hari dalam kehidupan kita, yaitu makanan. Jenis konten yang satu ini, jika diproduksi dengan baik dan diiringi dengan host yang memang menyukai makanan akan sukses membuat penontonnya menelan air liurnya. Awalnya, konten seperti ini hanya terbatas pada jelajah kuliner di tempat-tempat atau menu yang unik. Namun kini, konten kuliner sudah berkembang lebih jauh lagi. Misalnya saja konten mukbang yang artinya makan sebanyak-banyaknya. Ada juga konten ASMR yang mengedepankan suara saat orang tengah menikmati makanannya. 

Bicara soal konten favorit di Youtube seakan tidak akan pernah ada habisnya, karena begitu pula kreativitas seorang kreator konten. Selalu ada hal baru yang membuat kita berpikir, ‘Kok nggak kepikiran ya membuat video seperti ini?’.

Yang paling penting, terus berkarya dan selalu asah diri untuk membuat konten yang jauh lebih baik lagi. Semangat ya!

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version